Permendikbud Nomor 23
Tahun 2015 menyatakan perlunya sekolah menyisihkan waktu secara berkala untuk
pembiasaan membaca sebagai bagian dari penumbuhan budi pekerti. Meskipun
begitu, banyak referensi menegaskan bahwa program membaca bebas tidak cukup
hanya sekadar menyediakan waktu tertentu (misalnya lima belas menit setiap
hari) bagi peserta didik untuk membaca.
Agar program membaca
bebas dapat berjalan dengan baik, sekolah perlu memastikan bahwa warga sekolah
memiliki persepsi dan pemahaman yang sama tentang prinsip-prinsip kegiatan
membaca bebas dan bagaimana cara pelaksanaan dan pengelolaan program (Pilgreen,
2000). Di sinilah pentingnya dilakukan pelatihan staf (guru dan tenaga
kependidikan) yang akan menjadi Tim Literasi Sekolah (TLS).
Tujuan dari pelatihan
staf untuk pembentukan TLS adalah untuk membantu para guru; membuat dan
menyepakati petunjuk praktis pelaksanaan program membaca di tingkat sekolah; menjalankan
peran mereka sebagai fasilitator yang membantu peserta didik agar terhubung
secara emosi dan pikiran dengan buku.
Dalam konteks
sekolah, subjek dalam kegiatan literasi adalah semua warga sekolah, yakni
peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan (pustakawan), dan kepala sekolah
(cf. Wedarti dan Kisyani (Ed.), 2016). Secara lebih khusus, supaya tugas pokok
dan fungsi lebih fokus dan terjaga, kepala sekolah perlu membentuk TLS yang
dikuatkan dengan Surat Keputusan (SK) atau Surat Tugas (ST).
Semua komponen warga
sekolah hendaknya berkolaborasi dengan TLS di bawah koordinasi kepala sekolah.
Dalam ekosistem sekolah, TLS diharapkan mampu memastikan dan mengembangkan
terciptanya suasana akademik yang kondusif dan literat yang mampu membuat
seluruh anggota komunitas sekolah antusias untuk belajar.
Related Posts :
Contoh Kegiatan Kurikulum Wajib Baca di Sekolah
Contoh kegiatan
disusun berdasarkan tahap-tahap literasi, yakni: (1) Tahap Pembiasaan, (2)
Tahap Pengembangan, (3) Tahap Pembelajaran. Beri… Read More...
Sasaran Program Pembelajaran Literasi melalui Pembiasaan Membaca di Rumah
Sasaran dari program
Pembelajaran Literasi melalui Pembiasaan Membaca di Rumah ini adalah para
peserta didik Sekolah Menengah Pertama. Pada… Read More...
Cara Menggunakan Jurnal Membaca Harian
Jurnal ini bisa
digunakan untuk semua jenjang pendidikan. Praktisnya, peserta didik mengisi
sendiri jurnal hariannya, dengan mengisi format… Read More...
Cara Menggunakan Jurnal Membaca Harian
Jurnal ini bisa
digunakan untuk semua jenjang pendidikan. Praktisnya, peserta didik mengisi
sendiri jurnal hariannya, dengan mengisi format… Read More...
Contoh Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Literasi di Sekolah
Mapel
Bahasa Indonesia (Skenario Pembelajaran)
Tahap Perencanaan
Yang dilakukan guru
bahasa Indonesia pada tahap ini adalah:
1)… Read More...
Proses Penguasaan Informasi Pada Peserta Didik di Sekolah
Penekanan
pembelajaran literasi pada membaca dan menulis lebih banyak diterapkan di
Sekolah Dasar (SD/MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP… Read More...
6 Tahap Pembelajaran Kurikulum Wajib Baca di Sekolah
1. Membaca
Buku Cerita (satu jam, seminggu sekali)
Kegiatan ini
membiasakan peserta didik untuk membaca sastra. Kegiatan membaca buku c… Read More...
Contoh Format Laporan Evaluasi Hasil Pelaksanaan Program Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah
A. LAPORAN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN
PROGRAM PEMBINAAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH
ASPEK
KEGIATAN
SASARA… Read More...
Tujuan dan Sasaran Kurikulum Wajib Baca
Tujuan kurikulum
wajib baca adalah sebagai berikut:
a)
membentuk
budi pekerti luhur;
b)
mengembangkan
rasa c… Read More...
Contoh Pertanyaan Yang Bisa Diberikan Setelah Siswa Membaca Buku Fiksi dan Non Fiksi
Apa yang dapat
dilakukan guru di kelas setelah kegiatan membaca Lima belas menit berakhir?
Guru dapat memberikan
pertanyaan-pertanyaan … Read More...
3 Langkah Cara Membaca Buku Fiksi Yang Baik dan Benar
SEBELUM MEMBACA
•
Berdasarkan
judul dan gambar-gambar di buku, kira-kira cerita tersebut tentang apa?
• … Read More...
Contoh Pelaksanaan Pembiasaan Budaya Membaca di Rumah / Literasi Dalam Keluarga
Proses pembiasaan
budaya membaca di rumah atau literasi dalam keluarga dapat dilakukan dengan
beberapa tahapan, antara lain tahap pembiasaa… Read More...
Hal Yang Paling Mendasar Dalam Praktik Literasi Adalah Kegiatan Membaca
Literasi merupakan
keterampilan penting dalam hidup. Sebagian besar proses pendidikan bergantung
pada kemampuan dan kesadaran literasi. Bud… Read More...
Petunjuk Pelaksanaan Pembentukan Tim Literasi Sekolah
Dalam konteks Gerakan
Literasi Sekolah (GLS), TLS merupakan tulang punggung yang perlu terus
diperkuat dan dikembangkan. Berikut ini adalah… Read More...
3 Langkah Cara Membaca Buku NonFiksi Yang Baik dan Benar
SEBELUM MEMBACA
•
Berdasarkan
judul dan gambar-gambar di buku, kira-kira isi buku ini tentang apa?
• &nb… Read More...
Tujuan dan Pentingnya Pelatihan Bagi Tim Literasi Sekolah (TLS)
Permendikbud Nomor 23
Tahun 2015 menyatakan perlunya sekolah menyisihkan waktu secara berkala untuk
pembiasaan membaca sebagai bagian dari … Read More...
Pengertian Jurnal Membaca Harian
Jurnal membaca harian
adalah instrumen berupa tabel rekaman capaian membaca peserta didik yang
dilakukan lima belas menit setiap hari. Jurn… Read More...
Cara Mempraktekkan Membaca Dalam Hati di Sekolah dan di Rumah
Peserta didik di
kelas pak Roni tahu bahwa jam terakhir di kelas adalah waktu membaca bebas.
Saat pagi hari, sebagian peserta didik sudah m… Read More...
Tujuan Pembelajaran Literasi Melalui Pembiasaan Membaca di Rumah
Beberapa tujuan
pembelajaran literasi melalui pembiasaan membaca di rumah antara lain:
a.
meningkatkan
rasa cinta membaca d… Read More...
Ciri-Ciri Ekosistem Sekolah Yang Literat
Lingkungan
Fisik
1)
Karya
peserta didik dipajang di sepanjang lingkungan sekolah, termasuk koridor dan
kantor (kepala sekol… Read More...
Pengertian dan Manfaat Membaca Dalam Hati
Membaca bebas dalam
hati adalah sebuah strategi yang melibatkan semua peserta didik dan staf
sekolah untuk membaca buku atau bahan bacaan s… Read More...
Tahap Pembiasaan, Pengembangan, dan Pembelajaran Membaca 15 Menit Setiap Hari
Kegiatan membaca lima
belas menit dilakukan setiap hari, namun guru tidak perlu memberikan pertanyaan
tentang isi buku setiap hari. Pada ta… Read More...
Contoh Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Literasi Pada Mapel Prakarya (Skenario Pembelajaran)
Skenario mapel
Prakarya ini disajikan dengan model pembelajaran discovery learning.
Berikut ini adalah
contohnya.
Kompetensi Dasar … Read More...
10 Macam Pengembangan Kurikulum Wajib Baca di Sekolah
Mengelola sudut baca
Mengelola sudut baca
dapat dilakukan lagi di tahap pengembangan dengan menambahkan beberapa langkah.
Berikut ini s… Read More...
Struktur Organisasi Tim Literasi Sekolah
Struktur
Organisasi TLS
Struktur Organisasi
TLS di Sekolah terdiri atas Ketua TLS (guru) dan anggota (minimal ada pengurus
perpustakaan… Read More...
Pentingnya Gerakan Literasi Sekolah / GLS
Ketika banyak pihak
meyakini Asia akan menjadi pusat perekonomian dunia, Jorgan Moller (2011) dalam
bukunya yang berjudul Asia Can Shape th… Read More...
Pelaksanaan Asesmen dan Evaluasi Gerakan Literasi Sekolah Oleh TLS
Asesmen dilakukan tiap
minggu untuk kegiatan yang sudah dilaksanakan. Adapun evaluasi GLS dilaksanakan
setiap semester. Hasil evaluasi akan… Read More...
Contoh Format Jurnal Membaca Harian
Jurnal membaca harian
bisa dibuat secara sederhana atau rinci. Masing-masing memiliki kekuatan dan
kelemahan. Jurnal yang sederhana memang … Read More...
4 Faktor Yang Harus Diperhatikan Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Literasi di Sekolah dan Penjelasannya
Setiap pembelajaran
harus memperhatikan beberapa aspek yang mendukung ketercapaian tujuannya.
Secara garis besar terdapat empat faktor yang… Read More...
Petunjuk Pelaksanaan Kurikulum Wajib Baca
Pelaksanaan kurikulum
wajib baca perlu melibatkan semua pihak, bukan hanya sekolah dan orang tua,
tetapi pelibatan publik mutlak diperlukan… Read More...
0 Response to "Tujuan dan Pentingnya Pelatihan Bagi Tim Literasi Sekolah (TLS)"
Post a Comment