A. LAPORAN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN
PROGRAM PEMBINAAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH
ASPEK
|
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TARGET
|
METODE
|
HAMBATAN
|
KETERCAPAIAN
|
KESIMPULAN
|
TINDAK LANJUT
|
Guru
|
Pembinaan Guru dalam peningkatan kompetensi penyusunan perencanaan
pembelajaran
|
Guru Kelas dan Guru Mapel
|
63 Guru SD
36Guru TK
|
Focus Group
Discussion dan Pendampingan
|
Perbedaan kurikulum
yang berlaku di sekolah sasaran kurikulum 2013 dan sekolah lain yang belum
menjadi sekolah sasaran kurikulum 2013
|
SD: 70%
TK: 70%
|
30% guru TK/SD masih perlu
bimbingan dan motivasi dalam menyusun perencanaan pembelajaran secara
lengkap dan baik
|
Pembimbingan dan pendampingan guru dalam penyusunan perencanaan
pembelajaran
|
Kepala Sekolah
|
Pembinaan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi supervisi akademik
|
Kepala SD dan Kepala TK
|
6 Kepala SD
6 Kepala TK
|
Focus Group
Discussion dan Pendampingan
|
Belum semua Kepala TK
berstatus Kep TK definitif
|
SD: 50%
TK:50%
|
Kompetensi KS dalam supervisi akademik masih perlu ditingkatkan,
dimotivasi, dan dibina
|
Workshop, pembimbingan dan pendampingan
|
B. LAPORAN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN
PROGRAM PEMANTAUAN 8 SNP
ASPEK
|
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TARGET
|
METODE
|
HAMBATAN
|
KETERCAPAIAN
|
KESIMPULAN
|
TINDAK LANJUT
|
SKL
|
Penetapan target Standar Kompetensi
Lulusan
|
6 SD
6 TK
|
100% Sekolah dapat merumuskan dan
memiliki standar kompetensi
lulusan yang memenuhi kriteria ideal
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
TK masih menggunakan kurikulum 2010 (Permendiknas 58/2010), tidak
menetapkan SKL
|
100& telah menetapkan SKL
|
TK menunggu diberlakukannya kurikulum baru
|
Menunggu kebijakan baru TK
|
Standar Isi
|
Penyusunan dokumen 1 KTSP
Kepemilikan Silabus /RKM
(Dokumen 2)
Penyusunan RPP/ RKH (Dokumen 3)
|
6 SD
6 TK
|
100% sekolah
menyusun dan mempunyai KTSP, Silabus, dan RPP
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
-
|
100% sekolah
menyusun dan mempunyai KTSP, Silabus, dan RPP
|
Standar isi telah memenuhi
|
Dikembangkan dari segi kualitas
|
Standar Proses
|
Penyusunan perncanaan pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran
Pelaksanaan penilaian
Pelaksanaan analisis dan tindak lanjut
|
63 Guru SD (6 SD)
36 Guru TK (6 TK)
|
85% guru dapat menyusun perencanaan pembelajaran , melaksnakan pembelajaran, melaksnakan penilaian,
menganalisis hasil evaluasi dan menindaklanjuti nyag sesuai standar proses dengan baik
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
Perubahan permendibud tentang standar proses (Permendiknas No.41/2007
menjadi Permendikbud No65/2013)
|
60% guru telah mampu menerapkan sesuai stadar proses
|
Perlu langkah pendampingan dan pembinaan kepada guru
|
Coaching dan mentoring
|
Standar Penilaian
|
Perencanaan penilaian kelas
Pelaksanaan penilaian otentik
Pendokumentasian hasil penilaian kelas
|
63 Guru SD (6SD)
36 Guru TK (6 TK)
|
85% guru kelas dan mata pelajaran membuat KKM/TPK, menyusun
perangkat penilaian kelas, melaksanakan penilaian otentik dengan benar, dan
mendokumentasikan dengan baik.
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
Komitmen guru dalam pelaksanaan penilaian masih lemah, karena terbiasa dengan penilaian hasil tes
|
60 guru telah mampu melaksanakan penilaian otentik dengan baik
|
Perlu dilakukan pendampingan dan pembimbingan
|
Coaching dan mentoring
|
Standar PTK
|
Jumlah guru dengan standar kualifikasi memadai
Perbandingan jumlah guru tetap dengan jumlah rombel
|
6 SD
6 TK
|
100% sekolah memiliki guru dengan kualifikasi pendidikan memenuhi
standar dan memiliki guru tetap sesuai rombel
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
Guru yang telah purna tugas belu ada angkatan CPNS
|
90% guru telah lulus S1
60% sekolah kekurangan guru, karena guru purna tugas belum mendapat
ganti guru angkatan CPNS
|
Perlu ada tambahan angkatn guru tetap
|
Untuk sementara menunggu guru definitif sekolah disarankan mengangkat
guru kontrak
|
Standar Sarpras
|
Pemilikan sarpras minimal yang harus dimiliki sekolah
|
6 SD
6 TK
|
100% sekolah memiliki sarpras yang memadai
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
Lahan terbatas dan dukungan masyarakat terbatas pula di TK dan SD
serta adanya kebijakan sekolah gratis
|
60% sekolah memiliki sarpras memadai
|
Perlu adanya program hibah dan blockgrant
|
Kebijakan sekolah gratis perlu ada peninjauan ulang, dengan memberi
peluang sekolah untuk menerapkan MBS
|
Standar Pengelolaan
|
Kepemilikan program sekolah berbagai tingkatan
Kepemilikan program kepemimpinan pembelajaran, pengelolaan SDM, budaya
dan iklim sekolah, PTK, Sarpras, dan keuangan
|
6 SD
6 TK
|
100% sekolah memiliki program sekolah lengka dan program-program lain
untuk pengelolaan sekolah
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
Wawasan kepala sekolah tentang tupoksi KS berdasar Permendiknas 13/2007
serta Permendiknas N0 28/2010 masih sangat terbatas
|
60% KS memiliki program sekolah yang memadai
|
Perlu pendampingan dan pembimbingan
|
Coaching dan mentoring
|
Standar Pembiayaan
|
Pengelolaan keuangan sekolah
Pelaporan dan pertanggung jawaban keuangan sekolah
|
6 SD
6 TK
|
100% mengelola keuangan dan melaporkan pertanggung jawaban penggunaannya
dengan benar
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
TK biaya operasional sekolah masih bersifat swadaya dari orang tua siswa
|
80% sekolah telamh mengelola keuangan dan melaporkan pertanggung jawaban
penggunaannnya dengan baik
|
Perlu adanya BOS untuk TK
|
Menunggu kebijakan baru di TK
|
C. LAPORAN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN
PROGRAM PENILAIAN KINERJA GURU DAN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
ASPEK
|
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TARGET
|
METODE
|
HAMBATAN
|
KETERCAPAIAN
|
KESIMPULAN
|
TINDAK LANJUT
|
Penilain Kinerja Guru
(PKG)
Penilaian Kinerja
Kepala Sekolah (PKKS)
|
Pelakasnaan PKG
Pelaksanaan PKKS
|
42 Guru tetap TK/SD
6 KS SD
|
100% Guru hasil PKG nya baik
100% KS hasil PKKS nya baik
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
Pemahaman guru dan KS tentang penilaian kinerja dan fungsinya masih
sangat terbatas
|
90% guru hasil PKG nya baik
90% KS hasil PKKS nya baik
|
Masih perlu soalisasai tentang fungsi dan manfaat PKG dan PKKS
|
Program Sosialisasai fungsi dan manfaat PKG dan PKKS
|
LAPORAN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN
PROGRAM PENGAWASAN SEKOLAH
DABIN I TAHUN PELAJARAN 2013/2014
No.
|
PROGRAM KEGIATAN
|
MATERI KEGIATAN
|
TARGET PENCAPAIAN
|
HASIL YANG DICAPAI
|
KESENJANGAN
|
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH
|
KESIMPULAN
|
TINDAK LANJUT
|
1
|
Evaluasi pembinaan guru dan kepala sekolah
|
Pembinaan guru dalam penyususnan perencanaan
pembelajaran
|
85% jumlah guru dapat menyususn perencanaan
pembelajaran sesuai standar prose
|
70%
|
15%
|
Pelu pembimbingan dan
pendampingan
|
Gururu TK/SD masih perlu
bimbingan dan motivasi dalam menyusun perencanaan pembelajaran secara
lengkap dan baik
|
Pembimbingan dan pendampingan guru dalam penyusunan perencanaan
pembelajaran
lewat pembinaan
|
Pembinaan guru dalam pelaksnaan pembelajaran
|
85% jumlah guru dapat melaksanakan pembelajaran
tematik integratif berbasis saintifik
|
70%
|
15%
|
Pelu pembimbingan dan
pendampingan
Gururu TK/SD masih perlu bimbingan
dan motivasi dalam melaksanakan pembelajaran sesuai standar proses dan
tuntutan kurikulum
Pembimbingan dan pendampingan guru dalam melaksanakan pembelajaran
lewat pembinaan dengan peer teaching dan pemberian contoh
Pembinaan guru dalam pelaksaan penilaian
85% jumlah guru dapat melaksanakan penilaian otentik
dalam pembelajaran
Dengan baik
50%
35%
Pelu pembimbingan dan
pendampingan
Guru TK/SD masih perlu bimbingan
dan motivasi dalam melaksanakan penilaian otentik dalam pembelajaran secara
lengkap dan baik
Pembimbingan dan pendampingan guru dalam penilaian otentik dalam pembelajaran
lewat pembinaan
Pembinaan gruru
dalam menganalisis hasil evaluasi
85% jumlah guru dapat melaksanakan p anlisis hasil
evaluasi dengan baik
50%
35%
Pelu pembimbingan dan
pendampingan
Guru TK/SD masih perlu bimbingan
dan motivasi dalam melaksanakan analisis hasil penilaian secara baik
Pembimbingan dan pendampingan guru dalam analisis hasil evaluasi melalui
pembinaan
Pembinaan guru dalam melaksnakan program tindak lanjut
analisis hasil evaluasi
85% jumlah guru dapat melaksanakan tindak lanjut
analisis hasil penilaian dengan baik
50%
35%
Pelu pembimbingan dan
pendampingan
Guru TK/SD masih perlu bimbingan
dan motivasi dalam melaksanakan tindak lanjut analisis hasil penilaian
secara baik
Pembimbingan dan pendampingan guru dalam tindak lanjut hasil analisis
penilaian melalui pembinaan
2
Evaluasi pemantauan 8 SNP
Pemantauan standar kelulusan
100% Sekolah Dasar dapat merumuskan dan memiliki standar kompetensi lulusan
yang memenuhi kriteria ideal
100% sekolah dasar telah menetapkan SKL
TK 0%
SD 0%
TK 100%
TK menunggu diberlakukannya kurikulum baru
TK masih menggunakan kurikulum
2010 (Permendiknas 58/2010), tidak menetapkan SKL
Menunggu kebijakan baru TK
Pemanatauan standar isi
100% sekolah
menyusun dan mempunyai KTSP, Silabus, dan RPP
100% sekolah
menyusun dan mempunyai KTSP, Silabus, dan RPP
0%
Standar isi telah memenuhi
Pemenuhan standar isi baik
Dikembangkan dari segi kualitas
Pemantauan standar proses
85% guru dapat menyusun perencanaan pembelajaran , melaksnakan pembelajaran, melaksnakan penilaian,
menganalisis hasil evaluasi dan menindaklanjuti nyag sesuai standar proses dengan baik
60% guru telah mampu menerapkan sesuai stadar proses
25%
Perlu langkah pendampingan dan pembinaan kepada guru
Perubahan permendibud tentang standar proses (Permendiknas No.41/2007
menjadi Permendikbud No65/2013) memerlukan penyesuaia
Coaching dan mentoring
Pemanatauan standar penilaian
85% guru kelas dan mata pelajaran membuat KKM/TPK, menyusun
perangkat penilaian kelas, melaksanakan penilaian otentik dengan benar, dan
mendokumentasikan dengan baik.
60 guru telah mampu melaksanakan penilaian otentik dengan baik
25%
Perlu dilakukan pendampingan dan pembimbingan
Komitmen guru dalam pelaksanaan penilaian masih lemah, karena terbiasa dengan penilaian hasil tes
Coaching dan mentoring
Pemantauan standar
PTK
100% sekolah memiliki guru dengan kualifikasi pendidikan memenuhi
standar dan memiliki guru tetap sesuai rombel
90% guru telah lulus S1
60% sekolah kekurangan guru, karena guru purna tugas belum mendapat
ganti guru angkatan CPNS
Kualifikasi 10% dan jumlah guru 40%
Perlu ada tambahan angkatn guru tetap
Guru yang telah purna tugas belu ada angkatan CPNS
Untuk sementara menunggu guru definitif sekolah disarankan mengangkat
guru kontrak
Pemantauan standar Sarpras
100% sekolah memiliki sarpras yang memadai
60% sekolah memiliki sarpras memadai
40%
Perlu adanya program hibah dan blockgrant
Lahan terbatas dan dukungan masyarakat terbatas pula di TK dan SD
serta adanya kebijakan sekolah gratis
Kebijakan sekolah gratis perlu ada peninjauan ulang, dengan memberi
peluang sekolah untuk menerapkan MBS
Pemantauan standar Pengelolaan
100% sekolah memiliki program sekolah lengkap dan program-program lain
untuk pengelolaan sekolah
60% KS memiliki program sekolah yang memadai
40%
Perlu pendampingan dan pembimbingan
Wawasan kepala sekolah tentang tupoksi KS berdasar Permendiknas 13/2007
serta Permendiknas N0 28/2010 masih
terbatas
Coaching dan mentoring
Pemantauan standar pembiayaan
100% mengelola keuangan dan melaporkan pertanggung jawaban penggunaannya
dengan benar
100%
0%
Dipertahankan dan ditingkatkan
Pengelolaan kuangan sekolah sudah baik
Kondisi dijaga dan dipertahankan
3
Evaluasi penilaian kinerja guru dan kepala sekolah
Penilain
kinerja guru
100% Guru hasil PKG nya bai
90% guru hasil PKG nya baik
10%
Perlu sosialisasi perlunya PKG untuk pengembangan karier guru
Pemahaman guru tentang penilaian kinerja dan fungsinya masih sangat
terbatas
Program Sosialisasai fungsi dan manfaat PKG
Penilaian kinerja
kepala sekolah
100% KS hasil PKKS nya baik
90% KS hasil PKKS nya baik
10%
Masih perlu soalisasai tentang fungsi dan manfaat PKKS
Pemahaman guru dan KS tentang penilaian kinerja dan fungsinya masih
sangat terbatas
Program Sosialisasai fungsi dan manfaat PKKS
mohon ma'af dan izin , materi ini sy download utk referensi.trmksh.
ReplyDeletemohon ijin materi laporan evaluasi hasil pelaksanaan program bimlat professional guru dan kepala sekolah. makasih.
ReplyDelete