Masa
lima tahun pertama (lahir- 5 tahun) adalah masa
emas bagi perkembangan motorik anak. Perkembangan motorik diartikan sebagai
perkembangan dari unsure kematangan dan pengendalian gerak tubuh.
Ada
tiga unsur yang menentukan dalam perkembangan motorik yaitu otak, syaraf dan
otot. Ketika motorik bekerja, ketiga unsur tersebut melaksanakan masing-masing
peranannya secara interasi positif, artinya unsur-unsur yang satu saling
berkaitan, saling menunjang, saling melengkapi dengan unsur yang lainnya untuk
mencapai kondisi motoris yang lebih sempurna keadaannya.
Jadi
ketiga unsur tersebut saling bekerja sama sehingga terbentuk suatu gerakan yang
bertujuan, misalnya berbicara, berjalan, berlalri, menulis menggambar dan
sebagainya.
Proses
perkembangan motorik sangat erat kaitannya dengan perkembangan pusat motorik di
otak. Ketrampilan motorik berkembang sejalan dengan kematangan syaraf dan otot.
Oleh karena itu, setiap gerakan yang dilakukan anak, sesederhana apapun
sebenarnya merupakan hasil pola interaksi kompleks dari berbagai bagian dan
system dalam tubuh yang dikontrol otak.
Jadi
otaklah, sebagai bagian dari susunan syaraf pusat yang mengatur dan mengontrol
semua aktivitas fisik dan mental. Dengan kata lain aktivitas anak terjadi di
bawah control otak, secara simultan (berkesinambungan) otak terus mengolah
informasi yang diterimanya. Bersamaan dengan itu, otak bersama jaringan syaraf
yang membentuk sistem syaraf pusat yang mencakup lima pusat kontrol akan
mendiktekan setiap gerakan anak.
Related Posts :
Daftar Perkembangan “Red Flags” untuk preschool/SD awal 1) Anak merasa lebih tidak nyaman ketika berada di lingkunganyang bising atau dudukmenajuh dari pembicara 2) Ana… Read More...
Peran Pendidik dalam Mengajarkan Kesiapan Calistung pada Anak 1) Peran pendidik dalam memfasilitasi anak agar senang membaca: • Menjadikan kegiatan membaca sebagai hobi yang… Read More...
Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini Masa usia dini adalah periode penting yang memberikan pengalaman awal dalam rentang kehidupan manusia. Pengalaman awal yang diperoleh anak … Read More...
Tahap-tahap Perkembangan Perilaku Kognitif Anak Usia Dini a) 0 - 6 bulan • Apakah anak meniru ekspresi wajah orang dewasa? • Apakah anak mengul… Read More...
Pengertian dan Pola Dasar Emosi Pada Anak Usia Dini Emosi berperan penting bagi anak. Pada usia dini, anak telah belajar tentang emosi, walaupun di usia tersebut anak belum dapat menginterpre… Read More...
Tugas Deskripsi dan Performansi Anak pada tahap Praoperasional Konservasi angka Seorang anak diperlihatkan dua set benda yang sama jumlahnya, tetapi disusun dengan pola yang berbeda. Anak akan mengataka… Read More...
Bagaimana Agar Belajar Anak Usia Dini Efektif Belajar dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat adanya pengalaman dan sifatnya relatif tetap. Teori Piaget m… Read More...
Hakikat dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini Motorik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara umum, kemampuan motorik terbagi menjadi dua macam, yait… Read More...
Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Banyak hal yang mempengaruhi kebiasaan mendengarkan. Hal yang paling berpengaruh adalah kapasitas meliputi pengaruh kemampuan psikologis ke… Read More...
Kemampuan Perkembangan Kognitif dan Belajar Anak usia 6 tahun Adapun kemampuan (outcome) perkembangan kognitif dan belajar anak usia 6 tahun antara lain: • Mengenali warna-w… Read More...
Berbagai Macam Pandangan Mengenai Perkembangan Motorik Anak Fisik atau tubuh manusia merupakan system organ yang komples dan sangat mengagumkan.Semua organ ini terbentuk pada periode prenatal (dalam … Read More...
Fungsi Lima Pusat Kontrol Otak Anak Usia Dini Masa lima tahun pertama (lahir- 5 tahun) adalah masa emas bagi perkembangan motorik anak. Perkembangan motorik diartikan sebagai perkembang… Read More...
Implikasi Pandangan Piaget dalam Pendidikan Jika ada kurikulum yang menekankan pada filosofi pendidikan yang berorientasi pada pembelajar (murid) sebagai pusat, learner-centered, maka… Read More...
Arah Perkembangan Imitasi Anak Tidak ada keraguan lagi bahwa peniruan yang bersifat selektif terjadi pada usia 7 atau 8 bulan yang kemudian akan menjadi lebih sering dan … Read More...
Macam-macam Faktor yang mempengaruhi Perkembangan Emosi Anak 1. Kematangan secara mental akan mempengaruhi bagaimana seseorang berkembang emosinya. Kematangan biasanya dipengaruhi oleh usi… Read More...
Kode Etik Guru PAUD Indonesia Pengertian kode etik: Norma-norma yang harus diindahkan oleh setiap anggota profesi di dala melaksanakan tugas profesinya dan dalam hidupny… Read More...
Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Sosial Anak Usia Dini Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan anak dalam bersosialisasi yaitu: (1) lingkungan keluarga; (2) lingkungan … Read More...
Tahap Operasional konkret (8-12 tahun) PAUD Anak sekolah dasar lebih abstrak dalam berpikir. Mereka sudah dapat berpikirlogis tahap awal dalam memecahkan masalah. Mereka masih butuh o… Read More...
Klasifikasi/Tingkatan Kemampuan Motorik Benyamin Bloom menyatakan bahwa rentangan penguasaan psikomotorik ditunjukkan olehgerakan yang kaku sampai kepada gerakan yang lancer dan l… Read More...
Peran Guru dalam Pengembangan Program untuk Meningkatkan Sosilisasi dan Emosi Anak Dalam mengembangkan program untuk optimalisasi ketrampilan sosialisasi dan emosi anak, guru perlu melakukan hal sebagai berikut: a.&nbs… Read More...
Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini (PAUD) Lengkap a. Model Pembelajaran High/scope Pendekatan high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar biasa dari lingkungan… Read More...
Kompetensi Guru PAUD di Indonesia Guru PAUD harus memilki kompetensi pribadi, sosial, dan profesional. Kompetensi guru PAUD di Indonesia sudah dibuatkan standar yang sudah … Read More...
Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Masa usia dini adalah periode penting yang memberikan pengalaman awal dalam rentang kehidupan manusia. Pengalaman awal yang diperoleh anak … Read More...
Penampilan Guru PAUD Yang Profesional Perfomance yang dimaksud disini adalah : bagaimana kita berpenampilan yang sebagai guru AUD dalam hal: a) Perawatan tubuh G… Read More...
Macam-macam Tipe Emosi Anak Ada berbagai macam emosi yang biasa ditunjukkan pada anak pra sekolah sebagai berikut: Takut adalah perasaan terancam oleh suatu objek yang… Read More...
Macam-macam Refleksi Yang Harus Diperhatikan Oleh Guru PAUD Berikut ini beberapa refleksi yang harus dipikirkan oleh para pendidik anak usia dini, antara lain: 1. Seberapa pentingkah … Read More...
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Anak Usia Dini Perkembangan motorik seorang anak tidak selalu berjalan dengan sempurna. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik anak, b… Read More...
Karakteristik Guru PAUD Karakteristik Guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di antaranya adalah: Menunjukan rasa cinta dan menghargai pada semua anak. Dapat m… Read More...
Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung Anak Usia Dini NAEYC (National Association for the Education of Young Children) memberikan pernyataannya yang senada tentang kesiapan sekolah : “School mu… Read More...
Manfaat dan Fungsi Emosi Bagi Anak Emosi diperlukan anak dalam kehidupan sehari-hari, bahkan emosi semacam marah dan takut sekalipun. Saat anak mendapatkan kesempatan untuk m… Read More...
Strategi Pengembangan Aspek Perkembangan Motorik Anak Usia Dini 1) Prinsip-Prinsip Pengembangan Untuk mengembangkan motorik anak usia dini secara optimal, perlu diperhatikan prinsip-prinsip berikut :… Read More...
Karakteristik Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Menurut Erikson, masa kanak-kanak merupakan gambaran awal individu sebagai seorang manusia, dimana pola sikap dan perilaku yang diperoleh a… Read More...
Pengertian / Definisi Profesi, Profesional, Profesionalisasi, dan Profesionalisme PROFESI adalah bidang pekerjaan dan pengabdian tertentu yang karena sifatnya membutuhkan persyaratan dasar, ketrampilan teknis dan sikap ke… Read More...
Proses Sosialisasi Anak Usia Dini Dalam bersosialisasi, anak membutuhkan keterampilan agar dapat melakukan proses sosialisasi yaitu: 1) proses imitasi; 2)&n… Read More...
Faktor-Faktor Yang Menentukan Dalam Imitasi Anak Anak-anak melihat model ditelevisi/ film dan contoh yang hidup. Sebelum ulang tahun yang kdeua, anak-anak meniru contoh di televisitidak se… Read More...
Ciri-Ciri Guru PAUD Yang Profesional Guru PAUD sebagai suatu profesi dapat dikenali ciri-ciri sebagai berikut: a. Lebih mementingkan layanan kemanusian daripada… Read More...
Tahapan Perkembangan Menulis dan Membaca Anak Usia Dini (1). Tahapan Perkembangan Menulis Anak Usia Dini a. Scribble stage (tahap mencoret atau membuat goresan) Pada tahap ini a… Read More...
Kompetensi Pengetahuan dan Peran Guru PAUD Seorang guru PAUD hendaknya memahami dua bidang Persiapan Pembelajaran keilmuan sebagai dasar ilmu-ilmu yang lainnya yakni : a) &n… Read More...
Fungsi Perkembangan Motorik Adapun Hurlock menjelaskan bahwa keterampilan motorik dapat dikategorikan ke dalam empat bidang, yaitu: (1) keterampilan bantu di… Read More...
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD menurut BSNP Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD menurut Badan Standar Nasional Pendidikan 2009 : 1) Kualifikasi Akademik dan Kompetensi … Read More...
Tahapan Bermain Sosial Anak Usia Dini · Solitary Play (0-2 years): Anak cenderung bermain sendiri. Anak senang bermain dengan orang yang lebi… Read More...
Peran dan Tanggung Jawab Guru PAUD Peran dan tanggung jawab seorang guru PAUD adalah sebagai berikut : Menunjukkan perhatian kepada anak. Memilki kepekaan terhdap indiv… Read More...
Pengertian Tenper Tantrum / Ungkapan Kemarahan Anak Usia Dini Tenper tantrum adalah ungkapan kemarahan anak yang disertai dengan tindakan negative atau destruktif. Temper tantrum terjadi karena anak be… Read More...
Arah Perkembangan Identifikasi Anak Sejalan dengan perkembangannya, anak mendapatkan banyak sifap dan pola perilaku yang sama dengan sikap perilaku orang tua mereka. Kadang-ka… Read More...
Prinsip Pembelajaran Bahasa Untuk Anak Usia Dini Prinsip pembelajaran bahasa untuk anak usia dini adalah interaksi aktif. Ada tiga hal penting yang menjadi sumber pembelajaran bahasa bagi … Read More...
Tips Memilih Buku Yang Tepat Untuk Anak Usia Dini · 0-2 tahun Pengembangan karakteristik: menjelajahi dunia lewat sensorik input dan aktivitas motori… Read More...
Batasan Keterampilan Motorik Halus Keterampilan motorik halus (fine motor skills) merupakan gerakan yang dilakukan hanya melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dila… Read More...
Pembelajaran Inovatif Pendidikan Anak Usia Dini Secara khusus sesuai dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik anak usia dini menunjukkan hasil belajar dengan indikator … Read More...
Peran Guru dalam Pengembangan Kemampuan Sosial dan Emosi Anak Peran pendidik dalam mengembangkan kemampuan sosialisasi dan emosi pada anak usia dini adalah sebagai berikut: 1. Memberika… Read More...
Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini a. Landasan Teori Pemerolehan Bahasa Teori-teori yang digunakan untuk pengembangan bahasa bagi anak usia dini adalah 1) Teori Behav… Read More...
0 Response to "Fungsi Lima Pusat Kontrol Otak Anak Usia Dini"
Post a Comment