1)
Peran pendidik dalam memfasilitasi anak agar senang membaca:
•
Menjadikan
kegiatan membaca sebagai hobi yang menyenangkan bagi anak, misalnya dengan mencari
buku bacaan/majalah yang menarik dan membacanya bersama, membacakan anak
tulisan di kotak makanan atau minuman anak, label atau petunjuk di jalan dan
sebagainya
•
Membaca
puisi atau sajak bersama dengan anak. Saat membaca, orang tua dapat membantu anak
dengan menunjuk bacaan, dengan menggerakkan jari dari arah yang tepat
•
Menyimak
saat anak belajar membaca
•
Mengajak
anak secara rutin mengunjungi toko buku atau perpustakaan
•
Menjadikan
buku sebagai alternatif hadiah yang istimewa di saat –saat tertentu
•
Menyediakan
buku, majalah, dan kertas di rumah agar bisa diakses dengan mudah oleh anak
•
Memotivasi
anak yang lebih tua untuk membacakan cerita untuk adiknya
•
Mendampingi
anak belajar membaca dan menuliskan apa yang telah dibaca
2)
Peran pendidik dalam memfasilitasi anak agar senang menulis:
•
Memberi
contoh pada anak bahwa kita senang menulis surat, menuliskan pesan singkat
untuk anggota keluarga, menulis daftar belanjaan dan sebagainya
•
Mengirim
surat atau kartu ucapan untuk anak
•
Memotivasi
anak untuk senang membuat gambar dan merancang huruf huruf
•
Bermain
ejaan misalnya crossword puzzles, scrabble, atau bermain peran sebagai
pelayan restoran yang mencatat menu yang dipesan pelanggan
•
Berbincang
dengan anak tentang motivasi orang menulis
3)
Peran pendidik dalam memfasilitasi anak agar senang berhitung:
•
Motivasi
anak bahwa matematika adalah kegiatan yang mudah dan menyenangkan
•
Memberitahu
anak bahwa matematika ada di mana-mana, misalnya berat dantinggi badan anak
memerlukan hitungan matematika; membeli kue memerlukan kemampuan berhitung, dan
juga menentukan waktu sekolah
•
Membantu
anak berhitung dengan menghapal, atau memikirkannya di luar kepala
•
Melatih
anak tentang angka, jumlah, perbandingan dan sebagainya
•
Bermain
tebakan dengan menggunakan berbagai angka
•
Mengelompokkan
benda-benda misalnya berdasarkan ukuran, warna atau bentuk
4)
Peran pendidik terkait dengan strategi mengajar calistung:
•
Membuat
perencanaan mengajar yang sesuai dengan tahapan perkembangan, kebutuhan dan
minat anak
•
Menciptakan
lingkungan belajar yang nyaman bagi anak dan memberikan kesempatan pada anak
untuk melatih kemampuannya dalam calistung
•
Menggunakan
berbagai metode dan pendekatan dalam mengajarkan anak calistung dengan
melibatkan seluruh potensi inteligensi anak/multiple inteligensi
•
Mengajarkan
anak variasi teknik yang tepat dalam calistung
•
Menyediakan
media/peralatan yang dapat mendukung anak untuk meningkatkan pemahamannya (bisa
menggunakan bahan yang ada di lingkungan sekitar atau membuat media sederhana)
a.
Kegiatan yang Dapat Diberikan Guru untuk Menstimulasi
Kemampuan Kognitif / Intelektual Anak
Matematika/berhitung
•..
Membuat kantung (dari kain) dan batang es krim
•..
Mengumpulkan tutup botol
•..
Membuat kartu berisi bulatan
•..
Membuat kartu bentuk berpasangan
•..
Membuat pola ikan berwarna dan alat pancing
•..
Menyusun kepingan logam
•..
Membuat grafik buah-buahan dan binatang
•..
Membuat kartu jahit
IPA
•..
Bermain dengan magnit (logam, gabus, kayu, tali, kancing, tutup botol, kertas,
dll)
•..
Eksplorasi benda terapung, tenggelam atau melayang
•..
Mengukur volume air, minyak dsb (kertas corong, botol, gelas yang transparan
dll)
•..
Mengenal larutan (gula, pasir, garam, pasir, tepung, potongan kertas, plastik
dsb)
•..
Mengenal berat/timbangan
•..
Mencampur warna
•..
Bermain balon, kelereng dsb
•..
Pasir dan air
•..
Bermain busa sabun (ember lebar, sabun, pengocok telur dll)
•..
Meniup gelembung
•..
Menyaring air dan pasir
•..
Bermain kapal layar
•..
Menyusun gelas yang berisi air dengan volume berbeda
Drama
peran
•
..
Membuat telepon dari kaleng, misal dalam tema keluargaku (kaleng,
benang/talipancing, isolasi, paku)
•
..
Membuat teropong, misal: dalam tema alat transportasi di laut (gulungan tisue
toilet, kabel, kertas tisue warna, pelubang kertas)
•
..
Bermain bayangan (anak berdiri, jongkok, melompat dll)
•
..
Membuat celengan
•
..
dll
Membaca
dan menulis
•..
Membuat kotak misteri (berisi batuan, buah, ranting, daun, kerang, tali, bulu
dsb)
•..
Membuat buku tentang ‘aku’; tentang binatang, tumbuhan, benda langit dengan
berbagai bentuk
•..
Membuat kartu huruf, kartu kata dsb Seni
•..
Menempel biji bijian
•..
Mencetak motif
•..
Melukis dengan jari
•..
Membuat gambar berlapis lilin (krayon dilapisi cat air)
•..
dll
0 Response to "Peran Pendidik dalam Mengajarkan Kesiapan Calistung pada Anak "
Post a Comment