Peran Pendidik dalam Mengajarkan Kesiapan Calistung pada Anak

1) Peran pendidik dalam memfasilitasi anak agar senang membaca:

     Menjadikan kegiatan membaca sebagai hobi yang menyenangkan bagi anak, misalnya dengan mencari buku bacaan/majalah yang menarik dan membacanya bersama, membacakan anak tulisan di kotak makanan atau minuman anak, label atau petunjuk di jalan dan sebagainya
     Membaca puisi atau sajak bersama dengan anak. Saat membaca, orang tua dapat membantu anak dengan menunjuk bacaan, dengan menggerakkan jari dari arah yang tepat
     Menyimak saat anak belajar membaca
     Mengajak anak secara rutin mengunjungi toko buku atau perpustakaan
     Menjadikan buku sebagai alternatif hadiah yang istimewa di saat –saat tertentu
     Menyediakan buku, majalah, dan kertas di rumah agar bisa diakses dengan mudah oleh anak
     Memotivasi anak yang lebih tua untuk membacakan cerita untuk adiknya
     Mendampingi anak belajar membaca dan menuliskan apa yang telah dibaca

2) Peran pendidik dalam memfasilitasi anak agar senang menulis:

     Memberi contoh pada anak bahwa kita senang menulis surat, menuliskan pesan singkat untuk anggota keluarga, menulis daftar belanjaan dan sebagainya
     Mengirim surat atau kartu ucapan untuk anak
     Memotivasi anak untuk senang membuat gambar dan merancang huruf huruf
     Bermain ejaan misalnya crossword puzzles, scrabble, atau bermain peran sebagai pelayan restoran yang mencatat menu yang dipesan pelanggan
     Berbincang dengan anak tentang motivasi orang menulis

3) Peran pendidik dalam memfasilitasi anak agar senang berhitung:

     Motivasi anak bahwa matematika adalah kegiatan yang mudah dan menyenangkan
     Memberitahu anak bahwa matematika ada di mana-mana, misalnya berat dantinggi badan anak memerlukan hitungan matematika; membeli kue memerlukan kemampuan berhitung, dan juga menentukan waktu sekolah
     Membantu anak berhitung dengan menghapal, atau memikirkannya di luar kepala
     Melatih anak tentang angka, jumlah, perbandingan dan sebagainya
     Bermain tebakan dengan menggunakan berbagai angka
     Mengelompokkan benda-benda misalnya berdasarkan ukuran, warna atau bentuk

4) Peran pendidik terkait dengan strategi mengajar calistung:
     Membuat perencanaan mengajar yang sesuai dengan tahapan perkembangan, kebutuhan dan minat anak
     Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi anak dan memberikan kesempatan pada anak untuk melatih kemampuannya dalam calistung
     Menggunakan berbagai metode dan pendekatan dalam mengajarkan anak calistung dengan melibatkan seluruh potensi inteligensi anak/multiple inteligensi
     Mengajarkan anak variasi teknik yang tepat dalam calistung
     Menyediakan media/peralatan yang dapat mendukung anak untuk meningkatkan pemahamannya (bisa menggunakan bahan yang ada di lingkungan sekitar atau membuat media sederhana)

a.   Kegiatan yang Dapat Diberikan Guru untuk Menstimulasi Kemampuan Kognitif / Intelektual Anak

Matematika/berhitung

•.. Membuat kantung (dari kain) dan batang es krim
•.. Mengumpulkan tutup botol
•.. Membuat kartu berisi bulatan
•.. Membuat kartu bentuk berpasangan
•.. Membuat pola ikan berwarna dan alat pancing
•.. Menyusun kepingan logam
•.. Membuat grafik buah-buahan dan binatang
•.. Membuat kartu jahit

IPA

•.. Bermain dengan magnit (logam, gabus, kayu, tali, kancing, tutup botol, kertas, dll)
•.. Eksplorasi benda terapung, tenggelam atau melayang
•.. Mengukur volume air, minyak dsb (kertas corong, botol, gelas yang transparan dll)
•.. Mengenal larutan (gula, pasir, garam, pasir, tepung, potongan kertas, plastik dsb)
•.. Mengenal berat/timbangan
•.. Mencampur warna
•.. Bermain balon, kelereng dsb
•.. Pasir dan air
•.. Bermain busa sabun (ember lebar, sabun, pengocok telur dll)
•.. Meniup gelembung
•.. Menyaring air dan pasir
•.. Bermain kapal layar
•.. Menyusun gelas yang berisi air dengan volume berbeda

Drama peran

     .. Membuat telepon dari kaleng, misal dalam tema keluargaku (kaleng, benang/talipancing, isolasi, paku)
     .. Membuat teropong, misal: dalam tema alat transportasi di laut (gulungan tisue toilet, kabel, kertas tisue warna, pelubang kertas)
     .. Bermain bayangan (anak berdiri, jongkok, melompat dll)
     .. Membuat celengan
     .. dll

Membaca dan menulis

•.. Membuat kotak misteri (berisi batuan, buah, ranting, daun, kerang, tali, bulu dsb)
•.. Membuat buku tentang ‘aku’; tentang binatang, tumbuhan, benda langit dengan berbagai bentuk
•.. Membuat kartu huruf, kartu kata dsb Seni
•.. Menempel biji bijian
•.. Mencetak motif
•.. Melukis dengan jari
•.. Membuat gambar berlapis lilin (krayon dilapisi cat air)
•.. dll

Related Posts :

0 Response to "Peran Pendidik dalam Mengajarkan Kesiapan Calistung pada Anak "

Post a Comment