Seorang
guru PAUD hendaknya memahami dua bidang Persiapan Pembelajaran keilmuan sebagai
dasar ilmu-ilmu yang lainnya yakni :
a) Ilmu jiwa
perkembangan (Psikologi Anak)
b)
Ilmu
Pendidikan
Seorang
guru PAUD pada kegiatan kesehariannya dalam bekerja secara professional dapat
melakukan beragam fungsi sekaligus (multi peran). Adapun perandari guru tersebut
adalah :
a) Guru anak usia dini
sebagai pendidik : Guru adalah pendidik yang menjadi tokoh sentral serta
panutan (model) bagi murid dan lingkungannya. Oleh karena itu seorang guru
harus memiliki standar kualitas pribadi tertentu yang mencakup wibawa, tanggung
jawab, mandiri, dan disiplin.
b) Guru anak usia dini
sebagai pengganti sementara ayah atau ibu : Anak usia dini dalam kesehariannya
dikelas membutuhkan sosok pengganti sementara ayah atau ibu, untuk itu guru
harus bisa berperan menjadi pengganti sementara ayah atau ibu (selama berada di
sekolah), namun harus tetap dapat menjaga batasan-batasannya demi untuk menjaga
keprofesionalan seorang guru.
c) Guru anak usia dini
sebagai teman Bersikap sebagai teman bagi anak usia dini sangat dibutuhkan,
karena akan mempelancar komunikasi antara guru dan murid. Sehingga anak usia
dini tidak merasa berjarak dengan guru yang dapat memotivasi anak usia dini
untuk bersemangat berangkat ke sekolah (karena akan bertemu dengan
teman-temannya).
d) Guru anak usia dini
sebagai pengajar Guru AUD membantu murid yang tumbuh dan berkembang untuk
mempelajari sesuatu yang belum diketahui dengan cara senantiasa memotivasi
murid agar dapat mengembangkan potensinya.
e) Guru anak usia dini
sebagai pengasuh AUD adalah anak belum terbentuk kepribadiannya sehingga
dibutuhkan guru yang mengerti menggunakan pola asuh yang tepat disaat
dibutuhkan oleh anak didik.
f) Guru anak usia dini
sebagai model dan teladan. Menjadi teladan merupakan sifat dasar dalam kegiatan
pembelajaran selain itu sebagai model dan teladan berakibat bahwa guru
senantiasa akan disorot tingkah lakunya baik oleh anak didik maupun
lingkungannya.
g) Guru anak usia dini
sebagai pribadi Jika kita memiloih profesi guru AUD maka sudah selayaknya kita
memiliki kepribadian yang mencemirkan seorang pendidik. Adapun kepribadian
seorang guru AUD yang diharapkan adalah kepribadian yang hangat, selalu
tersenyum, ceria, terbuka, serta sabar.
h) Guru anak usia dini
sebagai pesulap: Memiliki ketrampilan sebagai pesulap dibutuhkan bagi anak usia
dini oleh karena itu guru anak usia dini hendaknya melakukan kegiatan sulap
sebagai variasi dalam kegiatan belajar mengajar, tujuannya adalah agar murid
menjadi tidak bosan.
i) Guru anak usia dini
sebagai penyanyi : Keterampilan bernyanyi memiliki referensi lagu-lagu anak
serta yel-yel sangat dibutuhkan bagi seorang guru anak usia dini yang
senantiasa membutuhkan suasana gembira dalam kegiatan belajar mengajar.
j) Guru anak usia dini
sebagai pencerita : Bercerita adalah metode salah satu metode yang dibutuhkan bagi
anak usia dini dalam menyampaikan pesan, nasehat, tentang makna kehidupan.
k)
Guru
anak usia dini sebagai entertainment : Guru AUD memang dituntut serba bisa
(multi peran ) salah satunya adalah menjadi entertainment, maka akan diperoleh
nilai-nilai kreatif, inovatif dalam suasana yang menyenangkan dan gembira bagi
anak usia dini.
0 Response to "Kompetensi Pengetahuan dan Peran Guru PAUD"
Post a Comment