Anak-anak
melihat model ditelevisi/ film dan contoh yang hidup. Sebelum ulang tahun yang
kdeua, anak-anak meniru contoh di televisitidak sesering mecontoh orang dewasa
yang hidup, tetapi pada saat menjelang usia 3 tahun mereka sama seringnya
meniru kedua contoh tersebut.
Penemuan
ini menunjukkan bahwa anak mudah meniru sebagian besar perilaku dan mereka
mendapatkan keterangan yang diberikan di televise pada usia muda. Dari hasil
penelitian para ahli, terdapat beberapa hipotesismengenai faktor-faktor yang
menentukan dalam imitasi, yaitu:
(1).
Pengaruh Ketidakpastian
Salah
satu pengaruh yang mungkin dalam meniru selama 2 tahun pertama adalah
ketidakpastian anak mengenai kemampuannya dalam menjalankan suatu tindakan yang
telah disaksikannya. Pengamatan anak-anak menunjukkan bahwa mereka mungkin
meniru perilaku yang sedang dalam proses pemahaman mereka. Mereka tampaknya
kurang suka meniru tindakan yang telah dikuasainya dan yang terlalu kompleks,
sehingga mereka merasa tidak mampu mencobanya.
Contoh
untuk ini adalah :
Seorang
wanita yang mengangkat telepon, merupakan contoh menarik bagi anak berusia 15
bulan, tetapi bukan untuk anak yang berusia 6 atau 36 bulan, yaitu usia dimana
kemampuan motorik untuk mengangkat sebuah telepon mainan telah ada. Jadi, anak
usia 15 bulan merasa kurang pasti akan kemampuannya melakukan tiap tanggapan,
tetapi anak yang berusia 6 bulan tidak berharap untuk melakukannya, dan yang
berusia 36 bulan (3 tahun) merasa pasti dapat melakukannya.
Jika
seorang anak dalam tahun kedua merasa tidak pasti akan kemampuannya untuk
melakukan suatu tindakan yang disaksikannya, maka mereka akan menunjukkan
tandatanda tertekan, misalnya berhenti bermain, protes dan bergantung pada
ibunya, bahkan menangis. Reaksi tertekan ini tidak akan terjadi bila tindakan
yang diperlihatkan mudah ditiru atau jauh di bawah kemampuan anak tersebut.
(2).
Meniru untuk memajukan interaksi sosial
Jika
seorang bayi meniru orang tuanya, maka orang tuanya sering tersenyum, dan
berseru betapa pandai dan cerdas bayinya, dan sebaliknya meniru sang bayi.
Tangggapan orang tua dapat memperkuat perilaku meniru seorang bayi.
Penguatan
social semacam itu meningkatkan kecenderungan umum bayi untuk meniru dan juga
mempengaruhi perilaku yang dipilih bayi untuk ditiru. Anak-anak lebih mungkin
meniru suatu tindakan yang telah disetujui, misalnya makan dengan sendok,
disbanding suatu tanggapan yang tidak diperhatikan misalkan memukul 2 garpu
secara serentak.
(3)
Meniru untuk mempertinggi kemiripan terhadap yang lain
Dasar
ketiga untuk meniru, timbul pada saat anak memasuki tahun ketigadan mulai lebih
meniru orang-orang tertentu disbanding dengan tindakan-tindakan tertentu. Pada
ulang tahun kedua, kebanyakan anak sadar bahwa mereka mempunyai kualitas yang
membuat mereka lebih mirip ke beberapa orang tertentu di banding ke yang lain (
misalnya seorang anak laki-laki mengenali dirinya dan ayahnya mempunyai
cirri-ciri anatomis yang sama).
Pengenalan
kemiripan dengan ayahnya dan laki-laki lain, menyebabkan anak itu mengambil
kesimplan bahwa ia termasuk suatu kategori yang sama dengan laki-laki lain. Hal
serupa terjadi pada anak gadis yang berkesimpulan bahwa mereka termasuk
kategori yang sama dengan wanita lain. Pengetahuan ini membangkitkan usaha
setiap anak yang aktif dalam mencari kemiripan tambahan dengan orang lain,
sebagai usaha menegeskan kedalam jenis kategori apa mereka termasuk. Mereka
melakukan hal ini dengan meniru tindakan orang-orang tersebut.
(4).
Timbulnya emosi sebagai dasar dari meniru
Anak-anak
akan meniru orang tuanya lebih sering dibading meniru orang lain. Salah satu
alasan mungkin disebabkan orang tua merupakan sumber timbulnya emosi yang lebih
berkesinambungan, baik yang menyenangkan maupun yang tidak dibandingkan dengan
kebanyakan orang lain.
Orang-orang
yang mempunyai kekuasaan untuk menimbulkan emosi anak, apakah itu kegembiraan,
ketidakpastian, kekuatan atau kemarahan, menerima perhatian anak, dan sebagai
hasilnya anak itu mempelajari tindakan mereka secara lebih mendalam
dibandingkan dengan orang yang kurang menarik perhatiannya.
Proses
tanpa terjadi di antara anak-anak yang bermain bersama. Jika pasangan anak-anak
usia 2 tahun yang tidak saling kenal bermain bersama. Seringkali terjadi anak
yang pasif dan pendiam meniru anak yang labih dominant dengan waspada. Jika
anak yang dominant melakukan suatu tindakan yang berada dalam batas kemampuan
anak ayang pasif ( misalnya meloncat dari meja) maka anak yang pasif suka
meniru tindakan tersebut dalam beberapa menit berikutnya.
(5)
Meniru untuk mencapai tujuan
Meniru
dapat merupakan suatu usaha hati nurani seseorang untuk mencapaiu kesengan,
kekuasaan, milik, atau sejumlah tujuan lain yang diinginkan. Sebagai contoh,
seorang anak mencoba membangun rumah dengan balok kayu, akan mengamati secara
seksama anak atau orang lain yang membangun struktur serupa untuk kemudian
menirunya.
Anak
usia 3 tahun akan meniru perilaku yang menganggu dari anak lain, karena dengan
perilaku tersebut ia berhasil mendapatkan mainan yang dinginkannya dari anak
lain. Dasar dari meniru ini khususnya timbul setelah tahun ke dua. Kini tepat
untuk mengatakan bahwa anak-anak “mempunyai motivasi untuk meniru orang lain”,
karena mereka mempunyai gagasan dalam mencapai suatu tujuan melalui tindakan
meniru.
Related Posts :
Berbagai Macam Pandangan Mengenai Perkembangan Motorik Anak
Fisik
atau tubuh manusia merupakan system organ yang komples dan sangat
mengagumkan.Semua organ ini terbentuk pada periode prenatal (dalam … Read More...
Implikasi Pandangan Piaget dalam Pendidikan
Jika
ada kurikulum yang menekankan pada filosofi pendidikan yang berorientasi pada
pembelajar (murid) sebagai pusat, learner-centered, maka… Read More...
Kompetensi Pengetahuan dan Peran Guru PAUD
Seorang
guru PAUD hendaknya memahami dua bidang Persiapan Pembelajaran keilmuan sebagai
dasar ilmu-ilmu yang lainnya yakni :
a) &n… Read More...
Karakteristik Perkembangan Sosial Anak Usia Dini
Menurut
Erikson, masa kanak-kanak merupakan gambaran awal individu sebagai seorang
manusia, dimana pola sikap dan perilaku yang diperoleh a… Read More...
Peran Pendidik dalam Mengajarkan Kesiapan Calistung pada Anak
1)
Peran pendidik dalam memfasilitasi anak agar senang membaca:
•
Menjadikan
kegiatan membaca sebagai hobi yang… Read More...
Pengertian dan Pola Dasar Emosi Pada Anak Usia Dini
Emosi
berperan penting bagi anak. Pada usia dini, anak telah belajar tentang emosi,
walaupun di usia tersebut anak belum dapat menginterpre… Read More...
Batasan Keterampilan Motorik Halus
Keterampilan
motorik halus (fine motor skills) merupakan gerakan yang dilakukan hanya
melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dila… Read More...
Pembelajaran Inovatif Pendidikan Anak Usia Dini
Secara
khusus sesuai dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik anak
usia dini menunjukkan hasil belajar dengan indikator … Read More...
Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini
Masa
usia dini adalah periode penting yang memberikan pengalaman awal dalam rentang
kehidupan manusia. Pengalaman awal yang diperoleh anak … Read More...
Tahapan Perkembangan Menulis dan Membaca Anak Usia Dini
(1).
Tahapan Perkembangan Menulis Anak Usia Dini
a.
Scribble stage (tahap mencoret atau
membuat goresan)
Pada tahap ini a… Read More...
Tahapan Bermain Sosial Anak Usia Dini
· Solitary Play (0-2 years): Anak
cenderung bermain sendiri. Anak senang bermain dengan orang yang lebi… Read More...
Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Banyak
hal yang mempengaruhi kebiasaan mendengarkan. Hal yang paling berpengaruh
adalah kapasitas meliputi pengaruh kemampuan psikologis ke… Read More...
Bagaimana Agar Belajar Anak Usia Dini Efektif
Belajar
dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat adanya
pengalaman dan sifatnya relatif tetap. Teori Piaget m… Read More...
Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung Anak Usia Dini
NAEYC
(National Association for the Education of Young Children) memberikan
pernyataannya yang senada tentang kesiapan sekolah : “School mu… Read More...
Penampilan Guru PAUD Yang Profesional
Perfomance
yang dimaksud disini adalah : bagaimana kita berpenampilan yang sebagai guru
AUD dalam hal:
a) Perawatan tubuh G… Read More...
Macam-macam Refleksi Yang Harus Diperhatikan Oleh Guru PAUD
Berikut ini beberapa refleksi yang harus dipikirkan
oleh para pendidik anak usia dini, antara lain:
1.
Seberapa
pentingkah … Read More...
Manfaat dan Fungsi Emosi Bagi Anak
Emosi
diperlukan anak dalam kehidupan sehari-hari, bahkan emosi semacam marah dan
takut sekalipun. Saat anak mendapatkan kesempatan untuk m… Read More...
Arah Perkembangan Imitasi Anak
Tidak
ada keraguan lagi bahwa peniruan yang bersifat selektif terjadi pada usia 7
atau 8 bulan yang kemudian akan menjadi lebih sering dan … Read More...
Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini (PAUD) Lengkap
a.
Model Pembelajaran High/scope
Pendekatan
high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar biasa dari
lingkungan… Read More...
Macam-macam Faktor yang mempengaruhi Perkembangan Emosi Anak
1.
Kematangan
secara mental akan mempengaruhi bagaimana seseorang berkembang emosinya.
Kematangan biasanya dipengaruhi oleh usi… Read More...
Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini
a.
Landasan Teori Pemerolehan Bahasa
Teori-teori
yang digunakan untuk pengembangan bahasa bagi anak usia dini adalah
1)
Teori Behav… Read More...
Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
Masa
usia dini adalah periode penting yang memberikan pengalaman awal dalam rentang
kehidupan manusia. Pengalaman awal yang diperoleh anak … Read More...
Faktor-Faktor Yang Menentukan Dalam Imitasi Anak
Anak-anak
melihat model ditelevisi/ film dan contoh yang hidup. Sebelum ulang tahun yang
kdeua, anak-anak meniru contoh di televisitidak se… Read More...
Macam-macam Tipe Emosi Anak
Ada
berbagai macam emosi yang biasa ditunjukkan pada anak pra sekolah sebagai
berikut: Takut adalah perasaan terancam oleh suatu objek yang… Read More...
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD menurut BSNP
Standar
Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD menurut Badan Standar Nasional Pendidikan
2009 :
1) Kualifikasi
Akademik dan Kompetensi
… Read More...
Daftar Perkembangan “Red Flags” untuk preschool/SD awal
1)
Anak
merasa lebih tidak nyaman ketika berada di lingkunganyang bising atau
dudukmenajuh dari pembicara
2)
Ana… Read More...
Strategi Pengembangan Aspek Perkembangan Motorik Anak Usia Dini
1)
Prinsip-Prinsip Pengembangan
Untuk
mengembangkan motorik anak usia dini secara optimal, perlu diperhatikan prinsip-prinsip
berikut :… Read More...
Kompetensi Guru PAUD di Indonesia
Guru
PAUD harus memilki kompetensi pribadi, sosial, dan profesional. Kompetensi guru
PAUD di Indonesia sudah dibuatkan standar yang sudah … Read More...
Prinsip Pembelajaran Bahasa Untuk Anak Usia Dini
Prinsip
pembelajaran bahasa untuk anak usia dini adalah interaksi aktif. Ada tiga hal
penting yang menjadi sumber pembelajaran bahasa bagi … Read More...
Tahap Operasional konkret (8-12 tahun) PAUD
Anak
sekolah dasar lebih abstrak dalam berpikir. Mereka sudah dapat berpikirlogis
tahap awal dalam memecahkan masalah. Mereka masih butuh o… Read More...
Kemampuan Perkembangan Kognitif dan Belajar Anak usia 6 tahun
Adapun
kemampuan (outcome) perkembangan kognitif dan belajar anak usia 6 tahun
antara lain:
•
Mengenali
warna-w… Read More...
Arah Perkembangan Identifikasi Anak
Sejalan
dengan perkembangannya, anak mendapatkan banyak sifap dan pola perilaku yang
sama dengan sikap perilaku orang tua mereka. Kadang-ka… Read More...
Klasifikasi/Tingkatan Kemampuan Motorik
Benyamin
Bloom menyatakan bahwa rentangan penguasaan psikomotorik ditunjukkan
olehgerakan yang kaku sampai kepada gerakan yang lancer dan l… Read More...
Fungsi Perkembangan Motorik
Adapun
Hurlock menjelaskan bahwa keterampilan motorik dapat dikategorikan ke dalam
empat bidang, yaitu:
(1) keterampilan bantu
di… Read More...
Proses Sosialisasi Anak Usia Dini
Dalam
bersosialisasi, anak membutuhkan keterampilan agar dapat melakukan proses
sosialisasi yaitu:
1) proses imitasi;
2)&n… Read More...
Peran Guru dalam Pengembangan Kemampuan Sosial dan Emosi Anak
Peran
pendidik dalam mengembangkan kemampuan sosialisasi dan emosi pada anak usia
dini adalah sebagai berikut:
1.
Memberika… Read More...
Tugas Deskripsi dan Performansi Anak pada tahap Praoperasional
Konservasi
angka Seorang anak diperlihatkan dua set benda yang sama jumlahnya, tetapi
disusun dengan pola yang berbeda. Anak akan mengataka… Read More...
Peran dan Tanggung Jawab Guru PAUD
Peran
dan tanggung jawab seorang guru PAUD adalah sebagai berikut :
Menunjukkan
perhatian kepada anak.
Memilki
kepekaan terhdap indiv… Read More...
Karakteristik Guru PAUD
Karakteristik
Guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di antaranya adalah:
Menunjukan
rasa cinta dan menghargai pada semua anak.
Dapat
m… Read More...
Kode Etik Guru PAUD Indonesia
Pengertian
kode etik: Norma-norma yang harus diindahkan oleh setiap anggota profesi di
dala melaksanakan tugas profesinya dan dalam hidupny… Read More...
Pengertian Tenper Tantrum / Ungkapan Kemarahan Anak Usia Dini
Tenper
tantrum adalah ungkapan kemarahan anak yang disertai dengan tindakan negative
atau destruktif. Temper tantrum terjadi karena anak be… Read More...
Tahap-tahap Perkembangan Perilaku Kognitif Anak Usia Dini
a)
0 - 6 bulan
•
Apakah
anak meniru ekspresi wajah orang dewasa?
•
Apakah
anak mengul… Read More...
Pengertian / Definisi Profesi, Profesional, Profesionalisasi, dan Profesionalisme
PROFESI
adalah bidang pekerjaan dan pengabdian tertentu yang karena sifatnya
membutuhkan persyaratan dasar, ketrampilan teknis dan sikap ke… Read More...
Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Sosial Anak Usia Dini
Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan anak dalam bersosialisasi yaitu:
(1) lingkungan keluarga;
(2) lingkungan … Read More...
Tips Memilih Buku Yang Tepat Untuk Anak Usia Dini
· 0-2 tahun
Pengembangan
karakteristik: menjelajahi dunia lewat sensorik input dan aktivitas motori… Read More...
Ciri-Ciri Guru PAUD Yang Profesional
Guru
PAUD sebagai suatu profesi dapat dikenali ciri-ciri sebagai berikut:
a. Lebih mementingkan
layanan kemanusian daripada… Read More...
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Anak Usia Dini
Perkembangan
motorik seorang anak tidak selalu berjalan dengan sempurna. Ada beberapa faktor
yang mempengaruhi perkembangan motorik anak, b… Read More...
Hakikat dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini
Motorik
adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara
umum, kemampuan motorik terbagi menjadi dua macam, yait… Read More...
Fungsi Lima Pusat Kontrol Otak Anak Usia Dini
Masa
lima tahun pertama (lahir- 5 tahun) adalah masa
emas bagi perkembangan motorik anak. Perkembangan motorik diartikan sebagai
perkembang… Read More...
Peran Guru dalam Pengembangan Program untuk Meningkatkan Sosilisasi dan Emosi Anak
Dalam
mengembangkan program untuk optimalisasi ketrampilan sosialisasi dan emosi
anak, guru perlu melakukan hal sebagai berikut:
a.&nbs… Read More...
0 Response to "Faktor-Faktor Yang Menentukan Dalam Imitasi Anak"
Post a Comment