Jika
ada kurikulum yang menekankan pada filosofi pendidikan yang berorientasi pada
pembelajar (murid) sebagai pusat, learner-centered, maka model kurikulum
seperti itulah yang diinspirasi dari pandangan Piaget.
Sedangkan,
beberapa metode pengajaran yang diterapkan pada kebanyakan sekolah di Amerika
waktu itu seperti metode ceramah, demonstrasi, presentasi audi-visual,
pengajaran dengan menggunakan mesin dan peralatan, pembelajaran terprogram,
bukanlah merupakan metode yang dikembangkan oleh Piaget. Piaget mengembangkan
model pembelajaran discovery yang aktif dalam lingkungan kelas.
Inteligensi
tumbuh dan berkembang melalui dua proses asimilasi dan akomodasi. Dengan
demikian, pengalaman harus direncanakan untuk membuka kesempatan untuk
melakukan asimilasi dan akomodasi.
Anak-anak
harus diberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk untuk mencari,
memanipulasi, melakukan percobaan, bertanya, dan mencari jawaban sendiri
terhadap berbagai pertanyaan yang muncul. Namun demikian, bukan berarti
pembelajar dapat melakukan apa saja yang mereka inginkan.
Kalau
demikian halnya, apa peranan guru dalam ruangan kelas?
Guru
seharusnya mampu mengukur kemampuan, kelebihan, dan kekurangan yang dimiliki
siswa. Pembelajaran harus dirancang untuk menfasilitasi keberbedaan siswa dan
dapat memberikan kesempatan yang luas untuk membangun komunikasi antara siswa
yang satu dengan yang lainnya, untuk berdebat, dan saling menyanggah terhadap
isu-isu aktual yang diberikan kepada siswa. Keberadaan guru harus mampu menjadi
fasilitator pengetahuan, mampu memberikan semangat belajar, membina, dan
mengarahkan siswa.
Seharusnya
tidak menekankan kepada benar-salah, melainkan bagaimana menfasilitasi siswa
agar dapat mengambil pelajaran dari kesalahan yang diperbuat. Pembelajaran
harus lebih bermakna dengan memberi peluang kepada siswa untuk melakukan
percobaan sendiri dari pada harus mendengarkan lebih banyak dari hasil ceramah
dari guru.
Guru
harus mampu menghadirkan materi pelajaran yang membawa murid kepada suatu
kesadaran untuk mencari pengetahuan baru.
Dalam
bukunya yang berjudul To Understand Is to Invent, Piaget mengatakan bahwa
prinsip dasar dari metode aktif dapat dijelaskan sebagai berikut:
Untuk
memahami harus menemukan atau merekonstruksi melalui penemuan kembali dan
kondisi seperti ini harus diikuti jika menginginkan seseorang dibentuk guna
mampu memproduksi dan mengembangkan kreativitas dan bukan hanya sekedar
mengulangi. Dalam pembelajaran aktif, guru harus memiliki keyakinan bahwa siswa
akan mampu belajar sendiri.
Related Posts :
Berbagai Macam Pandangan Mengenai Perkembangan Motorik Anak
Fisik
atau tubuh manusia merupakan system organ yang komples dan sangat
mengagumkan.Semua organ ini terbentuk pada periode prenatal (dalam … Read More...
Tips Memilih Buku Yang Tepat Untuk Anak Usia Dini
· 0-2 tahun
Pengembangan
karakteristik: menjelajahi dunia lewat sensorik input dan aktivitas motori… Read More...
Perkembangan Kognitif dan Kemampuan Calistung Anak Usia Dini
NAEYC
(National Association for the Education of Young Children) memberikan
pernyataannya yang senada tentang kesiapan sekolah : “School mu… Read More...
Karakteristik Guru PAUD
Karakteristik
Guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di antaranya adalah:
Menunjukan
rasa cinta dan menghargai pada semua anak.
Dapat
m… Read More...
Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini (PAUD) Lengkap
a.
Model Pembelajaran High/scope
Pendekatan
high scope pada awalnya dikembangkan untuk anak anak luar biasa dari
lingkungan… Read More...
Manfaat dan Fungsi Emosi Bagi Anak
Emosi
diperlukan anak dalam kehidupan sehari-hari, bahkan emosi semacam marah dan
takut sekalipun. Saat anak mendapatkan kesempatan untuk m… Read More...
Tugas Deskripsi dan Performansi Anak pada tahap Praoperasional
Konservasi
angka Seorang anak diperlihatkan dua set benda yang sama jumlahnya, tetapi
disusun dengan pola yang berbeda. Anak akan mengataka… Read More...
Hakikat dan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini
Motorik
adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan gerakan-gerakan tubuh. Secara
umum, kemampuan motorik terbagi menjadi dua macam, yait… Read More...
Batasan Keterampilan Motorik Halus
Keterampilan
motorik halus (fine motor skills) merupakan gerakan yang dilakukan hanya
melibatkan bagian-bagian tubuh tertentu saja dan dila… Read More...
Macam-macam Refleksi Yang Harus Diperhatikan Oleh Guru PAUD
Berikut ini beberapa refleksi yang harus dipikirkan
oleh para pendidik anak usia dini, antara lain:
1.
Seberapa
pentingkah … Read More...
Daftar Perkembangan “Red Flags” untuk preschool/SD awal
1)
Anak
merasa lebih tidak nyaman ketika berada di lingkunganyang bising atau
dudukmenajuh dari pembicara
2)
Ana… Read More...
Tahapan Perkembangan Menulis dan Membaca Anak Usia Dini
(1).
Tahapan Perkembangan Menulis Anak Usia Dini
a.
Scribble stage (tahap mencoret atau
membuat goresan)
Pada tahap ini a… Read More...
Macam-macam Faktor yang mempengaruhi Perkembangan Emosi Anak
1.
Kematangan
secara mental akan mempengaruhi bagaimana seseorang berkembang emosinya.
Kematangan biasanya dipengaruhi oleh usi… Read More...
Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini
Masa
usia dini adalah periode penting yang memberikan pengalaman awal dalam rentang
kehidupan manusia. Pengalaman awal yang diperoleh anak … Read More...
Tahapan Bermain Sosial Anak Usia Dini
· Solitary Play (0-2 years): Anak
cenderung bermain sendiri. Anak senang bermain dengan orang yang lebi… Read More...
Bagaimana Agar Belajar Anak Usia Dini Efektif
Belajar
dapat didefinisikan sebagai perubahan tingkah laku yang terjadi akibat adanya
pengalaman dan sifatnya relatif tetap. Teori Piaget m… Read More...
Pengertian / Definisi Profesi, Profesional, Profesionalisasi, dan Profesionalisme
PROFESI
adalah bidang pekerjaan dan pengabdian tertentu yang karena sifatnya
membutuhkan persyaratan dasar, ketrampilan teknis dan sikap ke… Read More...
Implikasi Pandangan Piaget dalam Pendidikan
Jika
ada kurikulum yang menekankan pada filosofi pendidikan yang berorientasi pada
pembelajar (murid) sebagai pusat, learner-centered, maka… Read More...
Karakteristik Perkembangan Sosial Anak Usia Dini
Menurut
Erikson, masa kanak-kanak merupakan gambaran awal individu sebagai seorang
manusia, dimana pola sikap dan perilaku yang diperoleh a… Read More...
Fungsi Lima Pusat Kontrol Otak Anak Usia Dini
Masa
lima tahun pertama (lahir- 5 tahun) adalah masa
emas bagi perkembangan motorik anak. Perkembangan motorik diartikan sebagai
perkembang… Read More...
Tahap-tahap Perkembangan Perilaku Kognitif Anak Usia Dini
a)
0 - 6 bulan
•
Apakah
anak meniru ekspresi wajah orang dewasa?
•
Apakah
anak mengul… Read More...
Strategi Pengembangan Aspek Perkembangan Motorik Anak Usia Dini
1)
Prinsip-Prinsip Pengembangan
Untuk
mengembangkan motorik anak usia dini secara optimal, perlu diperhatikan prinsip-prinsip
berikut :… Read More...
Arah Perkembangan Identifikasi Anak
Sejalan
dengan perkembangannya, anak mendapatkan banyak sifap dan pola perilaku yang
sama dengan sikap perilaku orang tua mereka. Kadang-ka… Read More...
Kode Etik Guru PAUD Indonesia
Pengertian
kode etik: Norma-norma yang harus diindahkan oleh setiap anggota profesi di
dala melaksanakan tugas profesinya dan dalam hidupny… Read More...
Peran Guru dalam Pengembangan Program untuk Meningkatkan Sosilisasi dan Emosi Anak
Dalam
mengembangkan program untuk optimalisasi ketrampilan sosialisasi dan emosi
anak, guru perlu melakukan hal sebagai berikut:
a.&nbs… Read More...
Arah Perkembangan Imitasi Anak
Tidak
ada keraguan lagi bahwa peniruan yang bersifat selektif terjadi pada usia 7
atau 8 bulan yang kemudian akan menjadi lebih sering dan … Read More...
Peran Pendidik dalam Mengajarkan Kesiapan Calistung pada Anak
1)
Peran pendidik dalam memfasilitasi anak agar senang membaca:
•
Menjadikan
kegiatan membaca sebagai hobi yang… Read More...
Faktor-Faktor Yang Menentukan Dalam Imitasi Anak
Anak-anak
melihat model ditelevisi/ film dan contoh yang hidup. Sebelum ulang tahun yang
kdeua, anak-anak meniru contoh di televisitidak se… Read More...
Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini
Masa
usia dini adalah periode penting yang memberikan pengalaman awal dalam rentang
kehidupan manusia. Pengalaman awal yang diperoleh anak … Read More...
Pembelajaran Inovatif Pendidikan Anak Usia Dini
Secara
khusus sesuai dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik anak
usia dini menunjukkan hasil belajar dengan indikator … Read More...
Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Banyak
hal yang mempengaruhi kebiasaan mendengarkan. Hal yang paling berpengaruh
adalah kapasitas meliputi pengaruh kemampuan psikologis ke… Read More...
Kemampuan Perkembangan Kognitif dan Belajar Anak usia 6 tahun
Adapun
kemampuan (outcome) perkembangan kognitif dan belajar anak usia 6 tahun
antara lain:
•
Mengenali
warna-w… Read More...
Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini
a.
Landasan Teori Pemerolehan Bahasa
Teori-teori
yang digunakan untuk pengembangan bahasa bagi anak usia dini adalah
1)
Teori Behav… Read More...
Pengertian dan Pola Dasar Emosi Pada Anak Usia Dini
Emosi
berperan penting bagi anak. Pada usia dini, anak telah belajar tentang emosi,
walaupun di usia tersebut anak belum dapat menginterpre… Read More...
Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Sosial Anak Usia Dini
Ada
beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan anak dalam bersosialisasi yaitu:
(1) lingkungan keluarga;
(2) lingkungan … Read More...
Peran dan Tanggung Jawab Guru PAUD
Peran
dan tanggung jawab seorang guru PAUD adalah sebagai berikut :
Menunjukkan
perhatian kepada anak.
Memilki
kepekaan terhdap indiv… Read More...
Pengertian Tenper Tantrum / Ungkapan Kemarahan Anak Usia Dini
Tenper
tantrum adalah ungkapan kemarahan anak yang disertai dengan tindakan negative
atau destruktif. Temper tantrum terjadi karena anak be… Read More...
Macam-macam Tipe Emosi Anak
Ada
berbagai macam emosi yang biasa ditunjukkan pada anak pra sekolah sebagai
berikut: Takut adalah perasaan terancam oleh suatu objek yang… Read More...
Proses Sosialisasi Anak Usia Dini
Dalam
bersosialisasi, anak membutuhkan keterampilan agar dapat melakukan proses
sosialisasi yaitu:
1) proses imitasi;
2)&n… Read More...
Faktor-faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Motorik Anak Usia Dini
Perkembangan
motorik seorang anak tidak selalu berjalan dengan sempurna. Ada beberapa faktor
yang mempengaruhi perkembangan motorik anak, b… Read More...
Prinsip Pembelajaran Bahasa Untuk Anak Usia Dini
Prinsip
pembelajaran bahasa untuk anak usia dini adalah interaksi aktif. Ada tiga hal
penting yang menjadi sumber pembelajaran bahasa bagi … Read More...
Klasifikasi/Tingkatan Kemampuan Motorik
Benyamin
Bloom menyatakan bahwa rentangan penguasaan psikomotorik ditunjukkan
olehgerakan yang kaku sampai kepada gerakan yang lancer dan l… Read More...
Peran Guru dalam Pengembangan Kemampuan Sosial dan Emosi Anak
Peran
pendidik dalam mengembangkan kemampuan sosialisasi dan emosi pada anak usia
dini adalah sebagai berikut:
1.
Memberika… Read More...
Penampilan Guru PAUD Yang Profesional
Perfomance
yang dimaksud disini adalah : bagaimana kita berpenampilan yang sebagai guru
AUD dalam hal:
a) Perawatan tubuh G… Read More...
Kompetensi Pengetahuan dan Peran Guru PAUD
Seorang
guru PAUD hendaknya memahami dua bidang Persiapan Pembelajaran keilmuan sebagai
dasar ilmu-ilmu yang lainnya yakni :
a) &n… Read More...
Tahap Operasional konkret (8-12 tahun) PAUD
Anak
sekolah dasar lebih abstrak dalam berpikir. Mereka sudah dapat berpikirlogis
tahap awal dalam memecahkan masalah. Mereka masih butuh o… Read More...
Kompetensi Guru PAUD di Indonesia
Guru
PAUD harus memilki kompetensi pribadi, sosial, dan profesional. Kompetensi guru
PAUD di Indonesia sudah dibuatkan standar yang sudah … Read More...
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD menurut BSNP
Standar
Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD menurut Badan Standar Nasional Pendidikan
2009 :
1) Kualifikasi
Akademik dan Kompetensi
… Read More...
Ciri-Ciri Guru PAUD Yang Profesional
Guru
PAUD sebagai suatu profesi dapat dikenali ciri-ciri sebagai berikut:
a. Lebih mementingkan
layanan kemanusian daripada… Read More...
Fungsi Perkembangan Motorik
Adapun
Hurlock menjelaskan bahwa keterampilan motorik dapat dikategorikan ke dalam
empat bidang, yaitu:
(1) keterampilan bantu
di… Read More...
0 Response to "Implikasi Pandangan Piaget dalam Pendidikan "
Post a Comment