Anak
sekolah dasar lebih abstrak dalam berpikir. Mereka sudah dapat berpikirlogis
tahap awal dalam memecahkan masalah. Mereka masih butuh objek konkret dalam
belajar.
Teori
tentang Mind pada Anak Pra sekolah
Teori
Keterangan
Kondisi
emosi internal Anak-anak pra-sekolah dapat menginterpretasi dengan tepat emosi
mereka dan emosi anak lainnya. Lebih jauh, mereka mengetahui bahwa emosi datang
dari dalam dan mungkin disembunyikan orang lain.
Motif
dan maksud
Anak-anak
pra-sekolah dapat menginterpretasi motif-motif yang lain, sepanjang motif
tersebut jelas. Mereka juga dapat mengidentifikasi maksud perilaku seseorang.
Sebagai contoh ; anak mengatakan” dia tidak sengaja mendorong temannya”
Mengetahui
dan mengingat
Anak-anak
prasekolah memiliki pemahaman umum terhadap proses pemikiran internal. Mereka
memahami bahwa kata-kata “tahu”, “ingat”, “kira”, “lupa”, dan “Perhatian”
adalah hal-hal yan terjadi
dalam
pikiran, meskipun mereka mempunyai kesulitan dalam membedakan konsep-konsep
tsb.
Outcome
Perkembangan kognitif dan belajar anak usia 6 tahun antara lain:
(1)
Mengenali
warna-warna (minimal 6 warna)
(2)
Mengenal
bentuk-bentuk geometri (minimal 6 bentuk)
(3)
Memahami
dimensi dan hubungan (seperti atas bawah, dalam luar, depan belakang) dan waktu
yang berbeda ( pagi, sore, siang, malam)
(4)
Memahami
perbedaan ukuran (besar kecil, pendek tinggi, tipis tebal, lebar sempit)
(5)
Memahami
konsep sains sederhana (contoh: apa yang terjadi jika warna dicampur)
(6)
Memahami
perbedaan rasa ( manis, asam, pahit, pedas, asin)
(7)
Memahami
perbedaan bau/aroma (harum, wangi, apek, busuk)
(8)
Dapat
mengekspresikan pikiran dan ide
(9)
Dapat
membedakan antara laki –laki dan perempuan
(10)
Dapat
bernyanyi
(11)
Senang
bertanya
(12)
Memahami
angka dan bisa menghitung angka (minimal sampai 10)
(13)
Dapat
menggambar sederhana
(14)
Dapat
menulis kata-kata sederhana
(15)
Dapa
membuat kalimat sederhana
(16)
Dapat
bermain pura-pura
(17)
Memahami
fungsi uang
Alat
Penilai Aspek Kognitif untuk Umur 3 – 6 Tahun
Nama
Anak:_____________________ Umur Anak : _____________-
Tgl.Lahir:_____________________
Jenis Kelamin: __________________
Nama
Guru : ______________________
Konsisten
Berkembang Tahap awal Tidak teramati KOMENTAR
0 Response to "Tahap Operasional konkret (8-12 tahun) PAUD"
Post a Comment