A. PENDAHULUAN
1. Latar Belakang.
Sesuai
dengan amanat Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan
Angka Kreditnya, Pengembangan diri diakui sebagai salah
satu unsur selain kegiatan pembelajaran/ pembimbingan dan tugas tambahan lain
yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang diberikan angka kredit untuk
pengembangan karir guru khususnya dalam kenaikan pangkat/jabatan fungsional
guru.
Harapannya melalui kegiatan Pengembangan diri akan terwujud guru yang profesional yang bukan
hanya sekedar memiliki ilmu pengetahuan yang kuat, tuntas dan tidak
setengah-setengah, tetapi tidak kalah pentingnya juga memiliki kepribadian yang
matang, kuat dan seimbang.
Dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang
kuat, tuntas dan tidak setengah-setengah serta kepemilikan kepribadian yang
prima, maka diharapkan guru terampil membangkitkan minat peserta didik kepada
ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penyajian layanan pendidikan yang
bermutu. Mereka
mampu membantu dan membimbing peserta didik untuk berkembang dan mengarungi
dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara cepat berubah .
2. Tujuan
Untuk meningkatkan Kompetensi guru
n serta kualitas layanan pendidikan di sekolah/madrasah
dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Sehingga guru mampu
melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas dengan baik yang pada akhirnya
dampak yang diakibatkan siswa memahami dan mampu meyerap ilmu yang diperolehnya
demi kehidupan dirinya di masyarakat kelak. Disamping itu untuk menambah nilai
prestasi guru yang akhirnya dapat menambah kesejahteraan bagi guru yang
bersangkutan.
B. PENGEMBANGAN DIRI
1. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
ToT
Guru Pemandu KKG SD In Service 1 Mata
Pelajaran Matematika dilaksanakan pada:
Hari : Sabtu s.d Kamis
Tanggal : 2 – 6 Juli 2011
Tempat : LPMP Jawa Tengah,
Jln. Kyai Maja Srondol Kulon Banyumanik
Semarang
Penyelenggara: ………..
2. JENIS KEGIATAN
ToT
Guru Pemandu KKG SD In Service 1 Mata
Pelajaran Matematika
3. TUJUAN PD :
Tujuan
dilaksanakannya ToT Guru Pemandu adalah:
Meningkatkan
kompetensi paedagogi dan profesional guru pemandu dalam proses pembelajaran dan
melaksanakan program-program Pemberdayaan KKG SD.
4. URAIAN MATERI
DAN ALOKASI WAKTU
NO
|
MATERI
|
ALOKASI WAKTU
|
I
II
III
|
PROGRAM UMUM
1.
Kebijakan Kementrian Pendidikan Nasional
PROGRAM POKOK
1.
Pengembangan silabus berorientasi pendidikan karakter
bangsa
2.
Pendalaman Materi:
a.
Bilangan
b.
Pengolahan data
3.
Pengembangan RPP Berorientasi pada pendidikan Karakter
Bangsa
4.
Penilaian (penyusunan Kisi-kisi dan Soal)
5.
Pemanfaatan ICT dalam pembelajaran
6.
Pengantar PTK
PROGRAM PENUNJANG
1.
EDS
2.
Andragogi
3.
RTL
|
2
6
10
6
7
6
7
2
2
2
|
Jumlah
|
50
|
5. TINDAK LANJUT
Setelah Mengikuti ToT Pesewrta diwajibkan membuat Laporan
Tindak Lanjut yang di kirimkan ke LPMP Jawa tengah ( Action Plan Terlampir ).
Selain itu Kami melaksanakan sesuai action plan di
tingkat Gugus KKG Kecamatan Tasikmadu.
6. DAMPAK PD 1
Dampak dari pada PD 1 ini sebagian guru SD di Kec.
Tasikmadu melalui KKG Dabin mampu dan memiliki kompetensi cukup di bidang
matematika, ICT, dan melaksanakan evaluasi.
C. PENGEMBANGAN DIRI 2
1. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
ToT
Guru Pemandu KKG SD In Service 2 Mata
Pelajaran Matematika dilaksanakan pada:
Hari : Senin s.d Jumat
Tanggal : 3 – 7 Oktober 2011
Tempat : LPMP Jawa Tengah,
Jln. Kyai Maja Srondol Kulon Banyumanik
Semarang
Penyelenggara: …………….
2.
JENIS KEGIATAN
ToT
Guru Pemandu KKG SD In Service 2 Mata Pelajaran Matematika
3. TUJUAN PD :
Tujuan
dilaksanakannya ToT Guru Pemandu adalah:
Meningkatkan
kompetensi paedagogi dan profesional guru pemandu dalam proses pembelajaran dan
melaksanakan program-program Pemberdayaan KKG SD.
4.
URAIAN MATERI DAN
ALOKASI WAKTU
NO
|
MATERI
|
ALOKASI WAKTU
|
I
II
III
|
PROGRAM UMUM
1.
Kebijakan Kementrian Pendidikan Nasional
PROGRAM POKOK
1. Model-model
Pembelajaran
2.
Pengembangan Silabus berorientasi Karakter Bangsa
3.
Pengembangan RPP Berorientasi pada pendidikan Karakter
Bangsa
4.
Pendalaman Materi :
a.
Geometri
b.
Pengukuran
5.
Analisis Butir Soal
6.
Penyusunan Proposal PTK
PROGRAM PENUNJANG
1.
Penilaian Kinerja Guru ( PKG )
2.
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB )
3.
RTL
|
2
6
6
6
5
5
7
7
2
2
2
|
Jumlah
|
50
|
5. TINDAK LANJUT
Setelah Mengikuti ToT Peserta diwajibkan membuat Laporan
Tindak Lanjut yang di kirimkan ke LPMP Jawa tengah ( Action Plan Terlampir ).
Selain itu Kami melaksanakan sesuai action plan di
tingkat Gugus KKG Kecamatan Tasikmadu.
6. DAMPAK PD 2
Dampak dari pada PD 1 ini sebagian guru SD di Kec.
Tasikmadu melalui KKG Dabin mampu dan memiliki kompetensi cukup di bidang
matematika Geometri dan Pengukuran , Pengembangan Silabus dan RPP Berorientasi
karakter Bangsa , dan melaksanakan analisis butir soal.
D. PENUTUP
Demikian Laporan Pengembangan Diri ini saya susun untuk memenuhi Tugas Profesional Guru dan kami memahami masih jauh dari kesempurnaan laporan Pengembangan diri ini maka saran dan kritik yang sifatnya membangun sangat kami harapkan smoga laporan pengembangan diri ini dapat dipergunakan untuk memenuhi tugas profesi yang diananatkan oleh Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya .Terima Kasih.
LAMPIRAN
REKAPITULASI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI
No
|
Nama Kegiatan
|
Materi PD/ Kompetensi
|
Peran Guru
|
Waktu/ Jam PD
|
Nama Fasilitator
|
Tempat Kegiatan
|
Institusi Penyelenggara
|
1
|
ToT Guru Pemandu KKG SD In Service
1
|
Terlampir
|
Peserta
|
50 Jam
|
Terlampir
|
LPMP Jateng
|
LPMP
|
2
|
ToT Guru Pemandu KKG SD In Service
2
|
Terlampir
|
Peserta
|
50 Jam
|
Terlampir
|
LPMP Jateng
|
LPMP
|
PD 1
1. Materi ToT In service 1
2. Jadwal Kegiatan
3. Photo copy Sertifikat
4. Surat
Tugas
PD 2
1. Materi Tot In Service 2
2. Jadwal Kegiatan
3. Action Plan
4. Photo copy Sertifikat
5. Surat
Tugas
0 Response to "Contoh Laporan Pengembangan Diri"
Post a Comment