Memulai bisnis
usahakan dapat memberikan keuntungan bagi yang menjalankannya.
Mempelajari dan
memahami cara-cara khusus yang harus dilakukan untuk mencapai keberhasilan
memungkinkan kita untuk memulai berwirausaha produk makanan khas daerah dengan
cara yang benar.
Di bawah ini
merupakan langkah-langkah untuk memulai usaha.
1. Buatlah rencana bisnis dan strategi pemasaran serta petakan sumber daya
keuangan.
2. Pilih struktur bisnis, urus izin usaha, dan daftarkan usaha kita pada
instansi terkait yang tepat.
3. Tentukan usaha barang atau jasa yang diminati konsumen.
4. Buatlah jaringan kerja dengan produsen lain.
5. Carilah pasar yang tepat.
Memulai bisnis
usaha produk makanan khas daerah dapat memberikan keuntungan cukup besar. Dengan
mempelajari dan memahami cara-cara untuk mencapai keberhasilan, memungkinkan
kita untuk memulai mengolah produk makanan khas daerah dengan cara yang benar.
Keberhasilan
wirausaha makanan khas daerah bergantung pada rencana bisnis (bussinis plan)
yang dibuat. Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan saat membuat
rencana bisnis pengolahan makanan khas daerah.
a. Pemilihan Jenis Usaha
Tentukan jenis
usaha yang akan dilakukan, contohnya keripik sanjai.
Keripik sanjai
merupakan salah satu produk makanan khas daerah Sumatra Barat yang banyak
digemari konsumen. Rasanya gurih, renyah, dan harga terjangkau menjadi alasan
mengapa produk ini digemari oleh banyak orang.
Bahan baku singkong
sangat mudah didapat, dan pengolahannya pun tidak memerlukan banyak investasi
peralatan. Pemilihan bahan baku dan bahan kemasan yang baik, akan meningkatkan
daya simpan (keawetan) dari produk ini.
b. Nama Perusahaan
Perusahaan ini
diberi nama CV. Bercahaya, dengan pendiri perusahaan terdiri atas 3 orang atau
lebih.
c. Lokasi perusahaan
Lokasi usaha
ditentukan di daerah yang dekat dengan bahan baku, tidak jauh dari lokasi rumah
pengelola, dan tidak terlalu jauh dari jangkauan pasar yang akan dituju. Tahap
awal bisa menggunakan salah satu ruangan di rumah atau menyewa rumah sekitar
tempat tinggal.
d. Perizinan usaha
Izin usaha yang
disiapkan, antara lain NPWP dari kantor pajak, akte notaris dari kantor
notaris, SIUP/TDP dari Dinas Perindustrian Kota/Kabupaten, dan izin PIRT dari
Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten.
e. Sumber daya manusia
Sumber Daya Manusia
(SDM) yang dipersiapkan terdiri atas 3 orang pendiri, yang mempunyai tugas
masing-masing sebagai:
1) penanggung jawab produksi
2) penanggung jawab pemasaran
3) penanggung jawab administrasi dan keuangan
f. Melakukan survei pasar
g. Memperhatikan aspek produksi
Hal-hal yang harus
diperhatikan pada aspek produksi ialah bahan baku dan bahan tambahan yang
digunakan.
1) Peralatan yang digunakan
2) Jumlah tenaga kerja yang diperlukan
3) Hasil produksi
h. Aspek keuangan
Hal-hal yang harus
diperhatikan pada aspek keuangan adalah seperti berikut.
1) Biaya variabel, seperti: pembelian bahan baku, membayar gaji, dan
lain-lain
2) Biaya tetap,
3) Total biaya
4) Penerimaan kotor
5) Pendapatan bersih
0 Response to "Teknik / Cara Memulai Bisnis Usaha / Berwirausaha "
Post a Comment