Banyak
kebutuhan peserta didik, di antaranya:
1.
Kebutuhan
fisik. Fisik peserta didik mengalami pertumbuhan yang cepat terutama pada masa
pubertas. Kebutuhan biologis, yaitu berupa makan, minum dan istirahat di mana
hal ini menuntut peserta didik untuk memenuhinya.
2.
Kebutuhan
sosial. Kebutuhan sosial yaitu kebutuhan yang berhubungan langsung dengan
masyarakat agar peserta didik dapat berinteraksi dengan masyarakat
lingkungannya, seperti diterima oleh teman-temannya secara wajar. Begitu juga
supaya dapat diterima oleh orang yang lebih tinggi dari dia seperti rang
tuanya, guru-gurunya dan pemimpin-pemimpinnya.
3.
Kebutuhan
untuk mendapatkan status. Peserta didik terutama pada masa remaja membutuhkan
sesuatu yang menjadikan dirinya berguna bagi masyarakat. Kebanggaan terhadap
diri sendiri, baik dalam lingkungan keluarga, sekolah maupun di dalam
masyarakat. Peserta didik juga butuh
kebanggaan untuk diterima dan dikenal sebagai individu yang berarti dalam
kelmpok teman sebayanya, karena penerimaan dan dibanggakan kelompok sangat
penting bagi peserta didik dalam mencari identitas diri dan kemandirian.
4.
Kebutuhan
mandiri. Peserta didik pada usia remaja ingin lepas dari batasan-batasan atau
aturan orang tuanya dan mencoba untuk mengarahkan dan mendisiplinkan dirinya
sendiri. Ia ingin bebas dari perlakuan orang tuanya yang terkadang terlalu
berlebihan dan terkesan sering mencampuri urusan mereka yang menurut mereka
bisa diatasi sendiri. Walaupun satu waktu mereka masih menginginkan bantuan
orang tua.
5.
Kebutuhan
untuk berprestasi. Kebutuhan untuk berprestasi erat kaitannya dengan kebutuhan
mendapat status dan mandiri. Artinya, dengan terpenuhinya kebutuhan untuk
memiliki status atau penghargaan dan kebutuhan untuk hidup mandiri dapat
membuat peserta didik giat untuk mengejar prestasi.
6.
Kebutuhan
ingin disayangi dan dicintai. Rasa ingin disayangi dan dicintai merupakan
kebutuhan yang esensial, karena dengan terpenuhi kebutuhan ini akan
mempengaruhi sikap mental peserta didik.
7.
Kebutuhan
untuk curhat. Kebutuhan untuk curhat terutama remaja dimaksudkan suatu
kebutuhan untuk dipahami ide-ide dan permasalahan yang dihadapinya.
8.
Kebutuhan
untuk memiliki filsafat hidup. Peserta didik pada usia remaja mulai tertarik
untuk mengetahui tentang kebenaran dan nilai-nilai ideal. Mereka mempunyai
keinginan untuk mengenal apa tujuan hidup dan bagaimana kebahagiaan itu
diperoleh. Karena itu mereka membutuhkan pengetahuan-pengetahuan yang jelas
sebagai suatu filsafat hidup yang memuaskan yang sesuai dengan nilai-nilai
kemanusiaan, sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam mengarungi
kehidupan ini.
0 Response to "Macam-Macam Kebutuhan Peserta Didik Yang Harus Dipenuhi Oleh Pendidik"
Post a Comment