Contoh Format Laporan Evaluasi Hasil Pelaksanaan Program Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah

A.    LAPORAN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM PEMBINAAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH

ASPEK
KEGIATAN
SASARAN
TARGET
METODE
HAMBATAN
KETERCAPAIAN
KESIMPULAN
TINDAK LANJUT
Guru








Pembinaan Guru dalam peningkatan kompetensi penyusunan perencanaan pembelajaran


Guru Kelas dan Guru Mapel






63 Guru SD
36Guru TK







Focus Group Discussion dan Pendampingan



Perbedaan kurikulum yang berlaku di sekolah sasaran kurikulum 2013 dan sekolah lain yang belum menjadi sekolah sasaran kurikulum 2013
SD: 70%
TK: 70%







30% guru  TK/SD masih perlu bimbingan dan motivasi dalam menyusun perencanaan pembelajaran secara lengkap dan baik

Pembimbingan dan pendampingan guru dalam penyusunan perencanaan pembelajaran


Kepala Sekolah





Pembinaan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi supervisi akademik

Kepala SD dan Kepala TK





6 Kepala SD
6 Kepala TK





Focus Group Discussion dan Pendampingan

Belum semua Kepala TK berstatus Kep TK definitif




SD: 50%
TK:50%





Kompetensi KS dalam supervisi akademik masih perlu ditingkatkan, dimotivasi, dan dibina
Workshop, pembimbingan dan pendampingan



B.    LAPORAN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM PEMANTAUAN 8 SNP

ASPEK
KEGIATAN
SASARAN
TARGET
METODE
HAMBATAN
KETERCAPAIAN
KESIMPULAN
TINDAK LANJUT
SKL








Penetapan target Standar Kompetensi Lulusan
6 SD
6 TK







100% Sekolah  dapat merumuskan dan memiliki standar kompetensi  lulusan  yang memenuhi kriteria ideal
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
TK masih menggunakan kurikulum  2010 (Permendiknas 58/2010), tidak menetapkan SKL




100& telah menetapkan SKL






TK menunggu diberlakukannya kurikulum baru






Menunggu kebijakan baru TK






Standar Isi













Penyusunan dokumen 1 KTSP

Kepemilikan Silabus /RKM
(Dokumen 2)

Penyusunan RPP/ RKH (Dokumen 3)




6 SD
6 TK












 100% sekolah menyusun dan mempunyai KTSP, Silabus,  dan RPP
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
-













 100% sekolah menyusun dan mempunyai KTSP, Silabus,  dan RPP
Standar isi telah memenuhi












Dikembangkan dari segi kualitas











Standar Proses



















Penyusunan perncanaan pembelajaran

Pelaksanaan pembelajaran

Pelaksanaan penilaian

Pelaksanaan analisis dan tindak lanjut








63 Guru SD (6 SD)
36 Guru TK (6 TK)
85% guru dapat menyusun perencanaan pembelajaran , melaksnakan pembelajaran, melaksnakan penilaian, menganalisis hasil evaluasi dan menindaklanjuti nyag sesuai standar proses dengan baik


Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
Perubahan permendibud tentang standar proses (Permendiknas No.41/2007 menjadi Permendikbud No65/2013)













60% guru telah mampu menerapkan sesuai stadar proses














Perlu langkah pendampingan dan pembinaan kepada guru
















Coaching dan mentoring

















Standar Penilaian











Perencanaan penilaian kelas

Pelaksanaan penilaian otentik

Pendokumentasian hasil penilaian kelas




63 Guru SD (6SD)
36 Guru TK (6 TK)









85%  guru kelas dan  mata pelajaran  membuat KKM/TPK, menyusun perangkat penilaian kelas, melaksanakan penilaian otentik dengan benar, dan mendokumentasikan dengan baik.
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
Komitmen guru dalam pelaksanaan penilaian masih lemah,  karena terbiasa dengan penilaian hasil tes








60 guru telah mampu melaksanakan penilaian otentik dengan baik






Perlu dilakukan pendampingan dan pembimbingan









Coaching dan mentoring










Standar PTK











Jumlah guru dengan standar kualifikasi memadai

Perbandingan jumlah guru tetap dengan jumlah rombel



6 SD
6 TK










100% sekolah memiliki guru dengan kualifikasi pendidikan memenuhi standar dan memiliki guru tetap sesuai rombel




Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
Guru yang telah purna tugas belu ada angkatan CPNS









90% guru telah lulus S1
60% sekolah kekurangan guru, karena guru purna tugas belum mendapat ganti guru angkatan CPNS
Perlu ada tambahan angkatn guru tetap








Untuk sementara menunggu guru definitif sekolah disarankan mengangkat guru kontrak




Standar Sarpras











Pemilikan sarpras minimal yang harus dimiliki sekolah









6 SD
6 TK











100% sekolah memiliki sarpras yang memadai










Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
Lahan terbatas dan dukungan masyarakat terbatas pula di TK dan SD serta  adanya kebijakan sekolah gratis






60% sekolah memiliki sarpras memadai









Perlu adanya program hibah dan blockgrant










Kebijakan sekolah gratis perlu ada peninjauan ulang, dengan memberi peluang sekolah untuk menerapkan MBS
Standar Pengelolaan












Kepemilikan program sekolah berbagai tingkatan

Kepemilikan program kepemimpinan pembelajaran, pengelolaan SDM, budaya dan iklim sekolah, PTK, Sarpras, dan keuangan
6 SD
6 TK












100% sekolah memiliki program sekolah lengka dan program-program lain untuk pengelolaan sekolah







Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
Wawasan kepala sekolah tentang tupoksi KS berdasar Permendiknas 13/2007 serta Permendiknas N0 28/2010 masih sangat terbatas






60% KS memiliki program sekolah yang memadai








Perlu pendampingan dan pembimbingan










Coaching dan mentoring











Standar Pembiayaan









Pengelolaan keuangan sekolah

Pelaporan dan pertanggung jawaban keuangan sekolah




6 SD
6 TK









100% mengelola keuangan dan melaporkan pertanggung jawaban penggunaannya dengan benar




Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
TK biaya operasional sekolah masih bersifat swadaya dari orang tua siswa






80% sekolah telamh mengelola keuangan dan melaporkan pertanggung jawaban penggunaannnya dengan baik
Perlu adanya BOS untuk TK









Menunggu kebijakan baru di TK











C.    LAPORAN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM PENILAIAN KINERJA GURU DAN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

ASPEK
KEGIATAN
SASARAN
TARGET
METODE
HAMBATAN
KETERCAPAIAN
KESIMPULAN
TINDAK LANJUT
Penilain Kinerja Guru (PKG)


Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS)

Pelakasnaan PKG





Pelaksanaan PKKS




42 Guru tetap TK/SD




6 KS SD





100% Guru hasil PKG nya baik




100% KS hasil PKKS  nya baik




Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
Pemahaman guru dan KS tentang penilaian kinerja dan fungsinya masih sangat terbatas







90% guru hasil PKG nya baik



90% KS hasil PKKS nya baik



Masih perlu soalisasai tentang fungsi dan manfaat PKG dan PKKS







Program Sosialisasai fungsi dan manfaat PKG dan PKKS
















LAPORAN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM PENGAWASAN SEKOLAH
DABIN I   TAHUN PELAJARAN 2013/2014

No.
PROGRAM KEGIATAN
MATERI KEGIATAN
TARGET PENCAPAIAN
HASIL YANG DICAPAI
KESENJANGAN
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH
KESIMPULAN
TINDAK LANJUT
1












Evaluasi pembinaan guru dan kepala sekolah









Pembinaan guru dalam penyususnan perencanaan pembelajaran








85% jumlah guru dapat menyususn perencanaan pembelajaran sesuai standar prose







70%












15%












Pelu pembimbingan dan pendampingan









Gururu  TK/SD masih perlu bimbingan dan motivasi dalam menyusun perencanaan pembelajaran secara lengkap dan baik




Pembimbingan dan pendampingan guru dalam penyusunan perencanaan pembelajaran
lewat pembinaan






Pembinaan guru dalam pelaksnaan pembelajaran












85% jumlah guru dapat melaksanakan pembelajaran tematik integratif  berbasis saintifik









70%














15%














Pelu pembimbingan dan pendampingan











Gururu  TK/SD masih perlu bimbingan dan motivasi dalam melaksanakan pembelajaran sesuai standar proses dan tuntutan kurikulum





Pembimbingan dan pendampingan guru dalam melaksanakan  pembelajaran
lewat pembinaan dengan peer teaching dan pemberian contoh







Pembinaan guru dalam pelaksaan penilaian












85% jumlah guru dapat melaksanakan penilaian otentik dalam  pembelajaran
Dengan baik








50%














35%














Pelu pembimbingan dan pendampingan











Guru  TK/SD masih perlu bimbingan dan motivasi dalam melaksanakan penilaian otentik dalam pembelajaran secara lengkap dan baik





Pembimbingan dan pendampingan guru dalam penilaian otentik dalam  pembelajaran
lewat pembinaan








Pembinaan  gruru dalam menganalisis hasil evaluasi











85% jumlah guru dapat melaksanakan p anlisis hasil evaluasi dengan baik









50%














35%














Pelu pembimbingan dan pendampingan











Guru  TK/SD masih perlu bimbingan dan motivasi dalam melaksanakan analisis hasil penilaian secara  baik







Pembimbingan dan pendampingan guru dalam analisis hasil evaluasi melalui pembinaan










Pembinaan guru dalam melaksnakan program tindak lanjut analisis hasil evaluasi











85% jumlah guru dapat melaksanakan tindak lanjut analisis hasil penilaian dengan baik











50%

















35%

















Pelu pembimbingan dan pendampingan














Guru  TK/SD masih perlu bimbingan dan motivasi dalam melaksanakan tindak lanjut analisis hasil penilaian secara  baik









Pembimbingan dan pendampingan guru dalam tindak lanjut hasil analisis penilaian melalui pembinaan









2










Evaluasi pemantauan 8 SNP








Pemantauan standar kelulusan









100% Sekolah  Dasar dapat merumuskan dan memiliki standar kompetensi  lulusan  yang memenuhi kriteria ideal
100% sekolah dasar telah menetapkan SKL
TK 0%






SD 0%
TK 100%









TK menunggu diberlakukannya kurikulum baru








TK masih menggunakan kurikulum  2010 (Permendiknas 58/2010), tidak menetapkan SKL




Menunggu kebijakan baru TK










Pemanatauan standar isi












 100% sekolah menyusun dan mempunyai KTSP, Silabus,  dan RPP
 100% sekolah menyusun dan mempunyai KTSP, Silabus,  dan RPP
0%













Standar isi telah memenuhi












Pemenuhan standar isi baik












Dikembangkan dari segi kualitas













Pemantauan standar proses




















85% guru dapat menyusun perencanaan pembelajaran , melaksnakan pembelajaran, melaksnakan penilaian, menganalisis hasil evaluasi dan menindaklanjuti nyag sesuai standar proses dengan baik


60% guru telah mampu menerapkan sesuai stadar proses

















25%





















Perlu langkah pendampingan dan pembinaan kepada guru


















Perubahan permendibud tentang standar proses (Permendiknas No.41/2007 menjadi Permendikbud No65/2013) memerlukan penyesuaia











Coaching dan mentoring






















Pemanatauan standar penilaian













85%  guru kelas dan  mata pelajaran  membuat KKM/TPK, menyusun perangkat penilaian kelas, melaksanakan penilaian otentik dengan benar, dan mendokumentasikan dengan baik.
60 guru telah mampu melaksanakan penilaian otentik dengan baik









25%














Perlu dilakukan pendampingan dan pembimbingan











Komitmen guru dalam pelaksanaan penilaian masih lemah,  karena terbiasa dengan penilaian hasil tes







Coaching dan mentoring















Pemantauan standar  PTK











100% sekolah memiliki guru dengan kualifikasi pendidikan memenuhi standar dan memiliki guru tetap sesuai rombel





90% guru telah lulus S1
60% sekolah kekurangan guru, karena guru purna tugas belum mendapat ganti guru angkatan CPNS


Kualifikasi 10% dan jumlah guru 40%











Perlu ada tambahan angkatn guru tetap









Guru yang telah purna tugas belu ada angkatan CPNS









Untuk sementara menunggu guru definitif sekolah disarankan mengangkat guru kontrak







Pemantauan standar Sarpras












100% sekolah memiliki sarpras yang memadai











60% sekolah memiliki sarpras memadai

40%













Perlu adanya program hibah dan blockgrant











Lahan terbatas dan dukungan masyarakat terbatas pula di TK dan SD serta  adanya kebijakan sekolah gratis






Kebijakan sekolah gratis perlu ada peninjauan ulang, dengan memberi peluang sekolah untuk menerapkan MBS






Pemantauan standar Pengelolaan












100% sekolah memiliki program sekolah lengkap dan program-program lain untuk pengelolaan sekolah








60% KS memiliki program sekolah yang memadai










40%














Perlu pendampingan dan pembimbingan











Wawasan kepala sekolah tentang tupoksi KS berdasar Permendiknas 13/2007 serta Permendiknas N0 28/2010 masih  terbatas






Coaching dan mentoring















Pemantauan standar pembiayaan








100% mengelola keuangan dan melaporkan pertanggung jawaban penggunaannya dengan benar




100%
0%
Dipertahankan dan ditingkatkan









Pengelolaan kuangan sekolah sudah baik








Kondisi dijaga dan dipertahankan








3







Evaluasi penilaian kinerja guru dan kepala sekolah




Penilain  kinerja guru





100% Guru hasil PKG nya bai





90% guru hasil PKG nya baik




10%






Perlu sosialisasi perlunya PKG untuk pengembangan karier guru



Pemahaman guru tentang penilaian kinerja dan fungsinya masih sangat terbatas


Program Sosialisasai fungsi dan manfaat PKG






Penilaian kinerja kepala sekolah
















100% KS hasil PKKS  nya baik
















90% KS hasil PKKS nya baik

10%

















Masih perlu soalisasai tentang fungsi dan manfaat  PKKS













Pemahaman guru dan KS tentang penilaian kinerja dan fungsinya masih sangat terbatas












Program Sosialisasai fungsi dan manfaat PKKS













2 Responses to "Contoh Format Laporan Evaluasi Hasil Pelaksanaan Program Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah"

  1. mohon ma'af dan izin , materi ini sy download utk referensi.trmksh.

    ReplyDelete
  2. mohon ijin materi laporan evaluasi hasil pelaksanaan program bimlat professional guru dan kepala sekolah. makasih.

    ReplyDelete