A. LAPORAN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN
PROGRAM PEMBINAAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH
ASPEK
|
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TARGET
|
METODE
|
HAMBATAN
|
KETERCAPAIAN
|
KESIMPULAN
|
TINDAK LANJUT
|
Guru
|
Pembinaan Guru dalam peningkatan kompetensi penyusunan perencanaan
pembelajaran
|
Guru Kelas dan Guru Mapel
|
63 Guru SD
36Guru TK
|
Focus Group
Discussion dan Pendampingan
|
Perbedaan kurikulum
yang berlaku di sekolah sasaran kurikulum 2013 dan sekolah lain yang belum
menjadi sekolah sasaran kurikulum 2013
|
SD: 70%
TK: 70%
|
30% guru TK/SD masih perlu
bimbingan dan motivasi dalam menyusun perencanaan pembelajaran secara
lengkap dan baik
|
Pembimbingan dan pendampingan guru dalam penyusunan perencanaan
pembelajaran
|
Kepala Sekolah
|
Pembinaan kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi supervisi akademik
|
Kepala SD dan Kepala TK
|
6 Kepala SD
6 Kepala TK
|
Focus Group
Discussion dan Pendampingan
|
Belum semua Kepala TK
berstatus Kep TK definitif
|
SD: 50%
TK:50%
|
Kompetensi KS dalam supervisi akademik masih perlu ditingkatkan,
dimotivasi, dan dibina
|
Workshop, pembimbingan dan pendampingan
|
B. LAPORAN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN
PROGRAM PEMANTAUAN 8 SNP
ASPEK
|
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TARGET
|
METODE
|
HAMBATAN
|
KETERCAPAIAN
|
KESIMPULAN
|
TINDAK LANJUT
|
SKL
|
Penetapan target Standar Kompetensi
Lulusan
|
6 SD
6 TK
|
100% Sekolah dapat merumuskan dan
memiliki standar kompetensi
lulusan yang memenuhi kriteria ideal
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
TK masih menggunakan kurikulum 2010 (Permendiknas 58/2010), tidak
menetapkan SKL
|
100& telah menetapkan SKL
|
TK menunggu diberlakukannya kurikulum baru
|
Menunggu kebijakan baru TK
|
Standar Isi
|
Penyusunan dokumen 1 KTSP
Kepemilikan Silabus /RKM
(Dokumen 2)
Penyusunan RPP/ RKH (Dokumen 3)
|
6 SD
6 TK
|
100% sekolah
menyusun dan mempunyai KTSP, Silabus, dan RPP
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
-
|
100% sekolah
menyusun dan mempunyai KTSP, Silabus, dan RPP
|
Standar isi telah memenuhi
|
Dikembangkan dari segi kualitas
|
Standar Proses
|
Penyusunan perncanaan pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran
Pelaksanaan penilaian
Pelaksanaan analisis dan tindak lanjut
|
63 Guru SD (6 SD)
36 Guru TK (6 TK)
|
85% guru dapat menyusun perencanaan pembelajaran , melaksnakan pembelajaran, melaksnakan penilaian,
menganalisis hasil evaluasi dan menindaklanjuti nyag sesuai standar proses dengan baik
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
Perubahan permendibud tentang standar proses (Permendiknas No.41/2007
menjadi Permendikbud No65/2013)
|
60% guru telah mampu menerapkan sesuai stadar proses
|
Perlu langkah pendampingan dan pembinaan kepada guru
|
Coaching dan mentoring
|
Standar Penilaian
|
Perencanaan penilaian kelas
Pelaksanaan penilaian otentik
Pendokumentasian hasil penilaian kelas
|
63 Guru SD (6SD)
36 Guru TK (6 TK)
|
85% guru kelas dan mata pelajaran membuat KKM/TPK, menyusun
perangkat penilaian kelas, melaksanakan penilaian otentik dengan benar, dan
mendokumentasikan dengan baik.
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
Komitmen guru dalam pelaksanaan penilaian masih lemah, karena terbiasa dengan penilaian hasil tes
|
60 guru telah mampu melaksanakan penilaian otentik dengan baik
|
Perlu dilakukan pendampingan dan pembimbingan
|
Coaching dan mentoring
|
Standar PTK
|
Jumlah guru dengan standar kualifikasi memadai
Perbandingan jumlah guru tetap dengan jumlah rombel
|
6 SD
6 TK
|
100% sekolah memiliki guru dengan kualifikasi pendidikan memenuhi
standar dan memiliki guru tetap sesuai rombel
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
Guru yang telah purna tugas belu ada angkatan CPNS
|
90% guru telah lulus S1
60% sekolah kekurangan guru, karena guru purna tugas belum mendapat
ganti guru angkatan CPNS
|
Perlu ada tambahan angkatn guru tetap
|
Untuk sementara menunggu guru definitif sekolah disarankan mengangkat
guru kontrak
|
Standar Sarpras
|
Pemilikan sarpras minimal yang harus dimiliki sekolah
|
6 SD
6 TK
|
100% sekolah memiliki sarpras yang memadai
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
Lahan terbatas dan dukungan masyarakat terbatas pula di TK dan SD
serta adanya kebijakan sekolah gratis
|
60% sekolah memiliki sarpras memadai
|
Perlu adanya program hibah dan blockgrant
|
Kebijakan sekolah gratis perlu ada peninjauan ulang, dengan memberi
peluang sekolah untuk menerapkan MBS
|
Standar Pengelolaan
|
Kepemilikan program sekolah berbagai tingkatan
Kepemilikan program kepemimpinan pembelajaran, pengelolaan SDM, budaya
dan iklim sekolah, PTK, Sarpras, dan keuangan
|
6 SD
6 TK
|
100% sekolah memiliki program sekolah lengka dan program-program lain
untuk pengelolaan sekolah
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
Wawasan kepala sekolah tentang tupoksi KS berdasar Permendiknas 13/2007
serta Permendiknas N0 28/2010 masih sangat terbatas
|
60% KS memiliki program sekolah yang memadai
|
Perlu pendampingan dan pembimbingan
|
Coaching dan mentoring
|
Standar Pembiayaan
|
Pengelolaan keuangan sekolah
Pelaporan dan pertanggung jawaban keuangan sekolah
|
6 SD
6 TK
|
100% mengelola keuangan dan melaporkan pertanggung jawaban penggunaannya
dengan benar
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
TK biaya operasional sekolah masih bersifat swadaya dari orang tua siswa
|
80% sekolah telamh mengelola keuangan dan melaporkan pertanggung jawaban
penggunaannnya dengan baik
|
Perlu adanya BOS untuk TK
|
Menunggu kebijakan baru di TK
|
C. LAPORAN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN
PROGRAM PENILAIAN KINERJA GURU DAN PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH
ASPEK
|
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TARGET
|
METODE
|
HAMBATAN
|
KETERCAPAIAN
|
KESIMPULAN
|
TINDAK LANJUT
|
Penilain Kinerja Guru
(PKG)
Penilaian Kinerja
Kepala Sekolah (PKKS)
|
Pelakasnaan PKG
Pelaksanaan PKKS
|
42 Guru tetap TK/SD
6 KS SD
|
100% Guru hasil PKG nya baik
100% KS hasil PKKS nya baik
|
Bimbingan
Teknis
Group
Focus
Discussion
|
Pemahaman guru dan KS tentang penilaian kinerja dan fungsinya masih
sangat terbatas
|
90% guru hasil PKG nya baik
90% KS hasil PKKS nya baik
|
Masih perlu soalisasai tentang fungsi dan manfaat PKG dan PKKS
|
Program Sosialisasai fungsi dan manfaat PKG dan PKKS
|
LAPORAN EVALUASI HASIL PELAKSANAAN
PROGRAM PENGAWASAN SEKOLAH
DABIN I TAHUN PELAJARAN 2013/2014
No.
|
PROGRAM KEGIATAN
|
MATERI KEGIATAN
|
TARGET PENCAPAIAN
|
HASIL YANG DICAPAI
|
KESENJANGAN
|
ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH
|
KESIMPULAN
|
TINDAK LANJUT
|
1
|
Evaluasi pembinaan guru dan kepala sekolah
|
Pembinaan guru dalam penyususnan perencanaan
pembelajaran
|
85% jumlah guru dapat menyususn perencanaan
pembelajaran sesuai standar prose
|
70%
|
15%
|
Pelu pembimbingan dan
pendampingan
|
Gururu TK/SD masih perlu
bimbingan dan motivasi dalam menyusun perencanaan pembelajaran secara
lengkap dan baik
|
Pembimbingan dan pendampingan guru dalam penyusunan perencanaan
pembelajaran
lewat pembinaan
|
Pembinaan guru dalam pelaksnaan pembelajaran
|
85% jumlah guru dapat melaksanakan pembelajaran
tematik integratif berbasis saintifik
|
70%
|
15%
|
Pelu pembimbingan dan
pendampingan
|
Gururu TK/SD masih perlu bimbingan
dan motivasi dalam melaksanakan pembelajaran sesuai standar proses dan
tuntutan kurikulum
|
Pembimbingan dan pendampingan guru dalam melaksanakan pembelajaran
lewat pembinaan dengan peer teaching dan pemberian contoh
|
||
Pembinaan guru dalam pelaksaan penilaian
|
85% jumlah guru dapat melaksanakan penilaian otentik
dalam pembelajaran
Dengan baik
|
50%
|
35%
|
Pelu pembimbingan dan
pendampingan
|
Guru TK/SD masih perlu bimbingan
dan motivasi dalam melaksanakan penilaian otentik dalam pembelajaran secara
lengkap dan baik
|
Pembimbingan dan pendampingan guru dalam penilaian otentik dalam pembelajaran
lewat pembinaan
|
||
Pembinaan gruru
dalam menganalisis hasil evaluasi
|
85% jumlah guru dapat melaksanakan p anlisis hasil
evaluasi dengan baik
|
50%
|
35%
|
Pelu pembimbingan dan
pendampingan
|
Guru TK/SD masih perlu bimbingan
dan motivasi dalam melaksanakan analisis hasil penilaian secara baik
|
Pembimbingan dan pendampingan guru dalam analisis hasil evaluasi melalui
pembinaan
|
||
Pembinaan guru dalam melaksnakan program tindak lanjut
analisis hasil evaluasi
|
85% jumlah guru dapat melaksanakan tindak lanjut
analisis hasil penilaian dengan baik
|
50%
|
35%
|
Pelu pembimbingan dan
pendampingan
|
Guru TK/SD masih perlu bimbingan
dan motivasi dalam melaksanakan tindak lanjut analisis hasil penilaian
secara baik
|
Pembimbingan dan pendampingan guru dalam tindak lanjut hasil analisis
penilaian melalui pembinaan
|
||
2
|
Evaluasi pemantauan 8 SNP
|
Pemantauan standar kelulusan
|
100% Sekolah Dasar dapat merumuskan dan memiliki standar kompetensi lulusan
yang memenuhi kriteria ideal
|
100% sekolah dasar telah menetapkan SKL
TK 0%
|
SD 0%
TK 100%
|
TK menunggu diberlakukannya kurikulum baru
|
TK masih menggunakan kurikulum
2010 (Permendiknas 58/2010), tidak menetapkan SKL
|
Menunggu kebijakan baru TK
|
Pemanatauan standar isi
|
100% sekolah
menyusun dan mempunyai KTSP, Silabus, dan RPP
|
100% sekolah
menyusun dan mempunyai KTSP, Silabus, dan RPP
|
0%
|
Standar isi telah memenuhi
|
Pemenuhan standar isi baik
|
Dikembangkan dari segi kualitas
|
||
Pemantauan standar proses
|
85% guru dapat menyusun perencanaan pembelajaran , melaksnakan pembelajaran, melaksnakan penilaian,
menganalisis hasil evaluasi dan menindaklanjuti nyag sesuai standar proses dengan baik
|
60% guru telah mampu menerapkan sesuai stadar proses
|
25%
|
Perlu langkah pendampingan dan pembinaan kepada guru
|
Perubahan permendibud tentang standar proses (Permendiknas No.41/2007
menjadi Permendikbud No65/2013) memerlukan penyesuaia
|
Coaching dan mentoring
|
||
Pemanatauan standar penilaian
|
85% guru kelas dan mata pelajaran membuat KKM/TPK, menyusun
perangkat penilaian kelas, melaksanakan penilaian otentik dengan benar, dan
mendokumentasikan dengan baik.
|
60 guru telah mampu melaksanakan penilaian otentik dengan baik
|
25%
|
Perlu dilakukan pendampingan dan pembimbingan
|
Komitmen guru dalam pelaksanaan penilaian masih lemah, karena terbiasa dengan penilaian hasil tes
|
Coaching dan mentoring
|
||
Pemantauan standar
PTK
|
100% sekolah memiliki guru dengan kualifikasi pendidikan memenuhi
standar dan memiliki guru tetap sesuai rombel
|
90% guru telah lulus S1
60% sekolah kekurangan guru, karena guru purna tugas belum mendapat
ganti guru angkatan CPNS
|
Kualifikasi 10% dan jumlah guru 40%
|
Perlu ada tambahan angkatn guru tetap
|
Guru yang telah purna tugas belu ada angkatan CPNS
|
Untuk sementara menunggu guru definitif sekolah disarankan mengangkat
guru kontrak
|
||
Pemantauan standar Sarpras
|
100% sekolah memiliki sarpras yang memadai
|
60% sekolah memiliki sarpras memadai
|
40%
|
Perlu adanya program hibah dan blockgrant
|
Lahan terbatas dan dukungan masyarakat terbatas pula di TK dan SD
serta adanya kebijakan sekolah gratis
|
Kebijakan sekolah gratis perlu ada peninjauan ulang, dengan memberi
peluang sekolah untuk menerapkan MBS
|
||
Pemantauan standar Pengelolaan
|
100% sekolah memiliki program sekolah lengkap dan program-program lain
untuk pengelolaan sekolah
|
60% KS memiliki program sekolah yang memadai
|
40%
|
Perlu pendampingan dan pembimbingan
|
Wawasan kepala sekolah tentang tupoksi KS berdasar Permendiknas 13/2007
serta Permendiknas N0 28/2010 masih
terbatas
|
Coaching dan mentoring
|
||
Pemantauan standar pembiayaan
|
100% mengelola keuangan dan melaporkan pertanggung jawaban penggunaannya
dengan benar
|
100%
|
0%
|
Dipertahankan dan ditingkatkan
|
Pengelolaan kuangan sekolah sudah baik
|
Kondisi dijaga dan dipertahankan
|
||
3
|
Evaluasi penilaian kinerja guru dan kepala sekolah
|
Penilain
kinerja guru
|
100% Guru hasil PKG nya bai
|
90% guru hasil PKG nya baik
|
10%
|
Perlu sosialisasi perlunya PKG untuk pengembangan karier guru
|
Pemahaman guru tentang penilaian kinerja dan fungsinya masih sangat
terbatas
|
Program Sosialisasai fungsi dan manfaat PKG
|
Penilaian kinerja
kepala sekolah
|
100% KS hasil PKKS nya baik
|
90% KS hasil PKKS nya baik
|
10%
|
Masih perlu soalisasai tentang fungsi dan manfaat PKKS
|
Pemahaman guru dan KS tentang penilaian kinerja dan fungsinya masih
sangat terbatas
|
Program Sosialisasai fungsi dan manfaat PKKS
|
mohon ma'af dan izin , materi ini sy download utk referensi.trmksh.
ReplyDeletemohon ijin materi laporan evaluasi hasil pelaksanaan program bimlat professional guru dan kepala sekolah. makasih.
ReplyDelete