Definisi Prosa Nonfiksi Dan Yang Termasuk Karangan Semi Ilmiah

Prosa nonfiksi ialah karangan yang tidak berdasarkan rekaan atau khayalan pengarang, tetapi berisi hal-hal yang berupa informasi faktual (kenyataan) atau berdasarkan pengamatan pengarang.

Karangan ini diungkapkan secara sistematis, kronologis, atau kilas balik dengan menggunakan bahasa semiformal. Karangan ini berbentuk eksposisi, persuasi, deskripsi, atau campuran. Prosa nonfiksi disebut juga karangan semiilmiah.

Yang termasuk karangan semi ilmiah ialah : artikel, tajuk rencana, opini, feature, tips, biografi, reportase, iklan, pidato, dan sebagainya.

a. Artikel

Artikel ialah karangan yang berisi uraian atau pemaparan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

(1)  isi karangan bersumber pada fakta bukan sekadar realita
(2)  bersifat faktual dengan mengungkapkan data-data yang diketahui pengarang bukan yang sudah umum diketahui (realita)
(3)  uraian tidak sepenuhnya merupakan hasil pemikiran pengarang, tapi mengungkapakan fakta sesuai objek atau narasumbernya
(4)  isi artikel dapat memaparkan hal apa saja seperti, pariwisata, kisah perjalanan, profil tokoh, kisah pengalaman orang lain, satir, atau humor.

Contoh Artikel (1) Berisi Kisah Perjalanan: Menapak Tanah Badui

Neda agungnya paralun / neda panjangnya hampua / bisi nebuk sisikunya / bisi nincak lorongananya /Aing dek nyaritakeun/ urang Badui ..... / (Mohon ampun sebesarnya / mohon maaf selalu / bila menyentuh intinya / bila menginjak larangannya / Akan kuceritakan tentang orang Badui .....).

Dan, Judistira Garna, sang antropolog dari UNPAD itu pun bercerita tentang kearifan orang Badui, yang dalam kesederhanaan hidup mampu membendung gencarnya kedatangan alam modern. Wawasan mereka yang dalam tentang kehidupan seakan memberikan citra yang kebalikannya, bahwa masyarakat Badui adalah masyarakat terasing.
Penasaran karena melihat begitu hormatnya Judistira yang merupakan pakar yang paling top dalam Badui ini, sampai-sampai ia harus meminta maaf sebelum ia bercerita tentang mereka, aku merasa ingin segera mengangkat ransel menuju Banten, Jawa Barat, tempat suku yang begitu ketat menjaga tradisinya itu bermukim. Ajakan ringan yang dilemparkan seorang sahabat pun segera kutanggapi serius. Dan segera, berempat, kami berangkat ke sana.

Goyangan kereta api Tanah Abang-Rangkas Bitung, gojlokan mobil colt tua yang berlari kencang, membawa kami ke rumah Pak Sarkaya, penduduk Pasar Simpang, Desa Cibungur, Kecamatan Lewi Damar, Rangkas Bitung. Pak Sarkaya terkenal sering main ke daerah Badui. Sebetulnya ada tempat lain yang dapat mencapai daerah Badui lebih cepat, seperti yang ditawarkan kenek-kenek mobil colt di Rangkas Bitung, tapi kami tidak merasa terburu-buru.

Malam itu juga, disertai doa dan titipan salam Pak Sarkaya untuk Jaya, anak kepala suku Cibeo, kami bergerak perlahan menuju Cibeo, satu dari tiga perkampungan Badui Dalam. Sebetulnya, empat jam berjalan sudah akan dapat membawa kami, para peloncong alam, dari Ciboleger ke’pintu gaerbang’ pemukiman Suku Badui. Namun, prinsip ’menikmati alam’ yang kami anut membuat Ciboleger baru mulai kelihatan tujuh jam kemudian.

Desa Keduketuk adalah desa pertama yang kami jumpai, salah satu dari sekian banyak desa suku Badui Luar yang ‘memagari’ tiga suku Badui Dalam. Hitam adalah kesan menyeluruh penampilan orang-orang Badui Luar. Celana komprang hitam selutut, baju kampret hitam lurik, dan ikat kepala berwarna biru tua dan hitam merupakan pakaian sehari-hari khas mereka. Rokok yng mereka isap memperlihatkan sikap ‘menerima’ kemajuan zaman.

Setelah ngobrol sedikit dengan warga desa ini, kami kembali melanjutkan perjalanan. Kurang lebih lima buah bukit kami jejaki lewat jalan setapak yang kadang-kadang terjal mendaki. Kelelahan selalu terobat oleh hijaunya alam yang indah dan keramah-tamahan warga Badui Dalam yang sedang berada di huma (ladang) masing-masing Keasyikan kami melangkah dikejutkan seorang gadis cilik yang nyelonong ngelewati kami. Lho, dia ‘kan yang tadi nyelonong di Ciboleger bersama ayahnya sambil menunggu kayu bakar siap? Ya, di belakangnya, sang ayah melangkah tenang memikul kayu bakar. Mereka tersenyum ramah, tidak ada tanda-tanda mengejek kami yang sudah kehabisan napas.  

Begitu cepat mereka menyusuri jalan mendaki dengan kaki terlanjang! Gelap turun. Si cilik dengan ayahnya sudah lama menghilang. Hati-hati kami menapak bukit dengan bantuan senter-senter kecil menerang jalan. Senda gurau warga Badui Dalam yang sedang dalam perjalanan pulang dari humanya membuat kami tidak merasa sendirian atau takut salah jalan.

Dengan ramah, mereka memimpin jalan menuju perkampungan, santai melenggang tanpa penerangan. Senter memang tabu bagi mereka. Tidak ada larangan bagi kami untuk tetap menggunakannya, namun mereka pun tetap berpatokan pada bintang-bintang di langit. Andai tak ada bintang? Sebatang lilin yang ditempatkan di batok kepala cukuplah buat mereka. Jaya menyambut kami di perkampungan. Dipersilakannya kami membersihkan diri dengan air dari dalam potongan-potongan bambu sepanjang setengah meter, yang tampaknya memang ada di tiap teras rumah penduduk Cibeo.

Rumah-rumah panggung beratap daun nira itu tidak berpaku sebuah pun. Hanya pasak-pasak yang membuat rumah-rumah itu tegak berdiri. Ventilasi berupa jendela hanya di rumah kepala suku, sedangkan rumah-rumah lain sudah cukup puas dengan membuat lobang-lobang kecil di dinding yang terbuat dari gedek. Tidak ada kursi, meja, atau tempat tidur.

Pakaian pun cuma di-buntel, ditaruh di tempat khusus di langit-langit rumah. Perlengkapan memasak yang sangat tradisional diletakkan saja tanpa alas di lantai rumah yang terbuat dari bambu. Dengan perlengkapan memasak yang tradisional itulah, mereka ramah menyediakan diri memasak supermi yang kami bawa. Bersama kami menyantap hidangan hangat itu. Tidak ada sendok, garpu, hanya daun yang dilipat membentuk cengkok. Gelas juga cuma dari bambu. Bambu dan kayu memang merupakan bahan baku utama hampir seluruh perkakas yang mereka gunakan.

Cerita-cerita yang diungkapkan Jaya merupakan pelepas lelah bagi kami. Jaya, satu-satunya warga Cibeo yang dapat berbahasa Indonesia, menjawab semua keingintahuan kami. Sunda Wiwitan, begitulah mereka menyebut agama mereka. Dan dengan mengikuti penanggalan mereka sendiri, mereka berpuasa selama kurang lebih tiga bulan setiap tahunnya, mulai saat subuh belum lagi sempat menyapa, hingga saat matahari sudah meringkuk di sudut bumi, setiap harinya. Jika masa panen selesai, tokoh-tokoh masyarakat Badui Dalam menyambangi tampat arca Domas suci, di hulu Sungai Ciujung.  

Di sana, mereka melaporkan apa-apa yang telah terjadi dalam setahun itu dan memohon berkah untuk tahun mendatang. Kerja dan kerja. Itulah yang selalu mereka lakukan. Itulah ibadah yang selalu mereka sucikan. Itulah yang mereka sebut ‘bertapa’. Sebab dengan terus ‘bertapa’, dengan kata lain terus bekerja, mereka tidak lagi punya waktu untuk menyimak iri, dengki, tamak, malas, atau perasaan dan perbuatan jahat lainnya.

Sebuah perjalanan tidak bisa dilakukan semau hati karena tidak ada kendaraan yang boleh digunakan. Jaya pun hanya mengandalkan kekuatan kakinya selama empat hari menyusuri rel kereta api menuju Jakarta. Juga, tidak setiap warga boleh meninggalkan daerah Badui Dalam ini. Bahkan kepala suku mempunyai kewajiban untuk tinggal saja di kampungnya.

Malam telah larut. Di tengah damainya perkampungan suku Cibeo ini, kami tertidur. Dan ketika subuh belum lagi pantas disebut, Jaya telah pergi ke huma bersama warga kampung lain. Berladang tanpa cangkul, bajak, apalagi traktor. Begitu sederhananya, sesederhana pakaian mereka yang hanya celana komprang plus baju kampret, serta ikat kepala putih, yang membedakan mereka dari orang-orang Badui Luar. Sementara ibu-ibu bertelanjang dada keluar menyapu halaman rumah mereka sambil menyusui anak.

Matahari meninggi. Kami pamit menuju Cikertawana dan Cikeusik, dua daerah perkampungan Badui Dalam lain. Kembali kami melangkah kaki di jalan setapak yang membelah bukit-bukit dan menyusuri sungai-sungai yang menawan.

Di Cikeusik kami hanya mendapatkan seorang penduduk yang kemudian menjamu kami dengan pisang besar yang dibakar begitu saja di bara api. Gula aren khas Badui menjadi campuran susu yang kami buat, ditambah sajian buah asam kranji, sangat menghibur hati kami yang kecewa karena sepinya kampung, ditinggal warganya pergi ke huma.

Tak lama kami di sana karena waktu sudah mengharuskan kami beranjak pulang. Dua hari berada di tengah orang-orang Badui, cukup membuat kami mengerti rasa hormat yang tumbuh di dalam hati Judistira Garna, karena kami pun merasakan hal yang sama. Di balik sikap sederhana dan sorot mata yang lugu dan polos, ada ‘sesuatu’ yang membuat mereka sanggup begitu kuat menggenggam tradisi mereka, ‘sesuatu’ yang membuat jiwa terasa begitu damai di tengah-tengah mereka.

Larangan-larangan yang tidak pernah dilanggar, dan tidak adanya keinginan untuk berontak, merupakan hal yang terasa sulit dibayangkan. Namun dengan kesederhanaan mereka, orang-orang Badui membuktikan sebuah kekuatan yang mampu mengekang emosi, dan ini merupakan salah satu sifat arif dan bijak.

Badui adalah suku yang jauh di pelosok hutan, namun rasanya banyak yang dapat dipelajari manusia-manusia modern tentang arti sebuah pribadi yang tegar dan kokoh. Hanya sebuah pikukuh (ketentuan mutlak) sederhana, yang telah tertanam dalam di nadi orang-orang Badui, yang membuat mereka begitu mengagumkan:

Gunung jangan dilebur.
Lembah jangan dirusak.
Larangan jangan diubah.

(Ditulis oleh Nuria Widyasari)

Contoh Artikel (2) Berisi Info Kesehatan: Tertawa Lancarkan Peredaran Darah

Ilmuwan dari University of Maryland Center. Baltimore. Amerika Serikat (AS) berhasil menunjukkan keterikatakan antara tawa dan kesehatan. Berdasarkan penelitan yang dilakukannya, tawa terlihat dapat melancarkan peredaran darah.

“Tiga puluh menit berolahraga sebanyak tiga kali dalam seminggu serta 15 menit tertawa lepas semestinya dijadikan bagian dari gaya hidup sehat,” ujar Michael Miller dari universitas tersebut. Tertawa, lanjut Miller, dapat membuat pembuluh darah arteri menjadi tidak tegang. Sementara itu, aliran darah pun dibuatnya lebih lancar.

“Kondisi ini terlihat dari percobaan yang melibatkan 20 orang relawan,” ungkapnya. Kedua puluh relawan d.elaskan Miller diajak menonton film komedi King Pin. Dengan memakai ultrasonik, Miller mengukur aliran darah dan pembuluh darah arteri di lengan para relawan, baik sebelum maupun sesudah menonton film tersebut. Hasil pengindraan membuktikan pembuluh darah arteri 19 orang relawan menjadi rileks dan aliran darahnya lebih lancar dari biasanya. Itu terjadi selama 30 hingga 45 menit setelah film usai ditonton. 

Sementara itu, kondisi sebaliknya terjadi saat relawan yang sama diajak menonton adegan menegangkan dari film perang Saving Private Ryan. Dinding arteri para relawan menjadi tegang hingga menghalangi aliran darah. Secara keseluruhan, aliran darah turun 35 persen setelah menyaksikan adegan menegangkan dan meningkat 22 persen selama adegan yang memancing tawa. Dari penelitian itu, Miller menyimpulkan tertawa dapat menyehatkan kondisi dinding pembuluh darah arteri. Tertawa diyakini bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung. “Setidaknya, tertawa jelas dapat memangkas dampak stres mental yang berbahaya bagi dinding pembuluh darah,” imbuhnya.

Hasil penelitian ini menurut Andrew Steptoe dari University College London, Inggris, sangat logis. Dia mengatakan emosi yang positif tentu akan menimbulkan efek yang juga positif. “Sekarang ini penelitian ilmiah yang mengungkapkan keterikatan antara emosi positif dan kesehatan sedang mengalami peningkatan.“ Miller awal pekan ini (7/3) mempresentasikan hasil penelitiannya di ajang pertemuan American College of Cardologi yang berlangsung di Orlando, Florida. Ia berharap dapat mengungkapkan lebih jauh bagaimana tawa dapat bermanfaat. “Kami tidak tahu manfaat langsung dari tertawa. Demikian pula dengan dampak tidak langsung dari pengurangan stres, “ ungkapnya. (Republika, 9 Maret 2005)

b. Tajuk Rencana

Tajuk rencana atau editorial adalah karangan yang bersifat argumentatif yang ditulis oleh redaktur media massa mengenai hal-hal yang faktual dan aktual (sedang terjadi atau banyak dibicarakan orang). Isi tajuk merupakan pandangan atau tanggapan dari penulisnya mengenai suatu permasalahan atau peristiwa. Tajuk rencana juga diistilahkan dengan editorial.

Contoh Tajuk Rencana Yang Baik dan Benar Dengan Judul Komersialisasi Pendidikan

Keluhan bertubi-tubi datang. Orang tua mengadu tentang besarnya biaya sekolah negeri dan swasta yang sama-sama “ganas” melakukan pungutan. 

Istilah komersialisasi pendidikan marak belakangan ini. Berbeda dengan tahun lalu, keluhan komersialisasi tahun ini lebih masif. Unjuk rasa masyarakat menggarisbawahi keluhan orang tua. Penegasan pemerintah, pungutan boleh dilakukan asal terkendali dan tidak komersial, bisa kontraproduktif.

Penegasan itu dianggap bukan pelarangan, tetapi pembenaran. Sekolah negeri, juga perguruan tinggi negeri tidak kalah mahal dibandingkan swasta. Sebagai contoh, uang penerimaan siswa baru SMA negeri di Jakarta Timur Rp 7.375.000, sementara di SMA swasta di Jakarta pusat Rp 11.718.000. Bangku sekolah d.ualbelikan!

Keresahan orang tua mengingatkan para pengambil keputusan. Meski Indonesia sudah merdeka lebih dari 60 tahun, belum pernah masalah pendidikan ditangani serius. Belum selesai soal ujian, muncul soal buku, kurikulum, merosotnya mutu, dan seterusnya.

Memang setelah reformasi dibanding era sebelumnya, ada langkah maju setapak. Dulu baru sebatas penegasan pentingnya pendidikan (pengembangan SDM), sekarang penambahan alokasi 20 persen dari total anggaran nasional. Sampai tahun ini, baru terealisasi 8 persen. Pro dan kontra masih riuh, di antaranya daya dukung manajemen Depdiknas.

Oleh karena itu, tak perlu kaget ketika Jepang mengalokasikan anggaran pendidikan 100 kali lipat dibanding Indonesia. Sebaliknya, harus kaget ketika Banglades, negara kecil dan miskin, mengalokasikan anggaran 2,9 persen dari anggaran nasional mereka; sementara Indonesia di era bersamaan hanya 1,4 persen.

Pendidikan adalah tugas masyarakat dan pemerintah. Ketika praksis pendidikan tidak lagi dominan sebagai kegiatan sosial tetapi bisnis, hukum dagang “ada rupa ada harga” berkembang subur. Menyelenggarakan lembaga pendidikan serupa lembaga bisnis. Memang dari sana pula lembaga pendidikan swasta berkembang.

Ketika pemerintah juga melakukan praktik yang sama, timbul pertanyaan, negeri dan swasta kok sama? Lembaga-lembaga sekolah negeri ikut “ganas” melakukan berbagai pungutan. Parodi pendidikan hanya menghasilkan air mata memperoleh pembenaran.

Anggaran cukup bukan segala-galanya. Ketersediaan anggaran baru memenuhi salah satu dari sekian persyaratan praksis pendidikan. Namun, ketersediaan anggaran mencerminkan seriusnya perhatian, keberanian memberikan prioritas, dan sesuatu yang tidak selesai hanya jadi wacana berkepanjangan. (Sumber: Kompas, Jum’at ,13 Juli 2007)

c. Opini

Opini adalah tulisan berisi pendapat, pikiran atau pendirian seseorang tentang sesuatu. Opini termasuk bentuk prosa faktual karena meskipun masih bersifat pendapat penulisnya, namun tetap dalam opini diungkapkan berbagai alasan yang dapat menguatkan pendapat tersebut.

Contoh Opini Yang Baik dan Benar

Dampak Buruk Tayangan Televisi

Akhir-akhir ini, kita sering melihat tayangan televisi yang mengandung pornografi, kekerasan, dan mistik. Hal ini merisaukan para orang tua karena tayangan itu jelas tidak baik bagi perkembangan mental anak-anak mereka. Hal tersebut berpotensi untuk mendidik anak-anak menjadi penakut, suka kekerasan, dan menjadi dewasa sebelum waktunya.

Apa yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan anak-anak dari pengaruh semacam ini? Sebenarnya ada yang bisa dilakukan tanpa harus menyalahkan stasiun televisi. Pertama, batasi jam anak menonton televisi.

Kedua, dampingi mereka saat menonton televisi agar orang tua bisa menjelaskan dan menyaring acara yang mereka tonton. Terakhir, berilah anak sarana hiburan yang lain seperti buku agar mereka mengurangi konsumsi terhadap televisi.

Akhirnya, penulis juga mengimbau pada pengelola stasiun televisi agar menempatkan acara berbau seks, kekerasan, dan mistik pada jam-jam anak-anak jarang menonton, misalnya pada jam anak sekolah, atau tengah malam pada saat anak-anak sudah tidur. Ingat, televisi sedikit banyak adalah “guru” yang mudah memberikan pendidikan pada anak-anak. (Ditulis oleh: Febriano Jody Ariawan dalam buku Komposisi Karangan, Lahmudin Finoza) 

d. Feature

Feature atau ficer ialah sejenis artikel eksposisi yang memberikan tekanan aspek tertentu yang dianggap menarik atau perlu ditonjolkan dari suatu objek atau peristiwa yang memiliki daya tarik secara emosional, pribadi, atau bersifat humor. Isi feature bukan berita yang aktual, tapi kejadian yang sudah berlalu.

Contoh Feature / Ficer Yang Baik Dan Benar

EMPING CONDET

Jika Anda kebetulan makan emping, barangkali yang Anda makan itu emping condet. Dan jika pada suatu kali Anda menelusuri jalan setapak yang lengang, sejuk, dan teduh di pelosok Condet, telinga Anda pastilah akan mendengar bunyi ketukan bertalu-talu di sepanjang jalan itu, bersahutsahutan dari rumah ke rumah.

Suara itu tak lain dari suara penduduk yang sedang ngemping. Kalau Anda melongok sedikit, hampir di depan setiap rumah terlihat emping yang sedang dijempur, diletakkan di atas anyaman bambu di atas tanah.

Yang memegang peranan utama dalam membuat emping adalah buah melinjo. Pohon melinjo banyak dijumpai di antara rimbunnya pepohonan di Condet. Konon dahulu, jika buah melinjo sedang masak, seluruh pohon kelihatan merah menyala. Daunnya yang h.au tidak tampak sama sekali.

Apabila buah melinjo diturunkan, hasilnya antara 50-80 liter. Tapi sekarang merosot sampai 20 liter saja dalam sekali musim, yang biasa dipanen 2 kali dalam setahun. Lagipula sekarang tidak banyak pohon melinjo yang diizinkan berbuah karena harus digunduli dan sekali dalam 5 hari pucuk-pucuk daunnya yang muda dipetik kemudian d.ual. Pasti laris karena daun itu merupakan bahan utama untuk sayur asem. Sekeranjang daun melinjo harganya antara Rp 300,- sampai Rp 700,- tergantung cuaca. Makin panas suhu, makin tinggi harga daun melinjo.

Namun, konsumsi sayur asem yang luar biasa ini telah sangat mengurangi produksi buah melinjo, sedangkan ‘pabrik’ emping harus bekerja terus untuk mendatangkan income sampingan bagi penduduk Condet. Apa akal? ‘Impor!’ sekitar 70 s.d. 80% buah melinjo yang diemping di Condet sekarang ini adalah barang ‘impor’ dari Lenteng Agung, Pondok Bambu, Serang, dan daerah lain di sekitar Jakarta. 

Kendati demikian, kesibukan memetik bauh melinjo masih merupakan acara tetap musiman di Condet. Pagi-pagi sang bapak dibantu anak lelakinya akan menurunkan semua buah melinjo, lalu meletakkannya di beranda atau di pakarangan rumah. Semua anggota keluarga segera turun tangan memisahkan melinjo yang sudah masak betul dari yang belum begitu masak yang segera dapat d.ual untuk campuran sayur asem.

Buah yang masak yang segera dikupas kulitnya. Anak-anak tetangga yang berkerumun menonton biasanya turut bantu mengupas. Untuk setiap liter melinjo bersih mereka dapat upah Rp 20 dan seorang anak yang cekatan dapat menyelesaikan 5 liter dalam waktu 2 jam. Lumayan.

Kulit melinjo yang merah ini tidak pula dibuang begitu saja. Setelah direbus sebentar lalu dikeringkan, dan siaplah kulit ini untuk dijadikan campuran sambal goreng, opor, lodeh atau pun kalio. Bisa juga diiris panjang-panjang dan digoreng bersama ikan teri, dengan cabai, atau tidak.

Jika buah melinjo yang bersih sudah tersedia, pekerjaan membuat emping dapat dimulai. Untuk ini, dibutuhkan sebuah tungku dengan kayu bakar dan sebuah kuali tanah, sedikit pasir, sebuah landasan dari batu (untuk ini banyak digunakan ubin bekas dari sisa bongkaran rumah zaman dulu, yang tebalnya sampai 5 cm dan panjang/lebarnya 60 cm), martil besi dan anyaman bambu untuk tempat menjemur. Memang mulai banyak juga orang yang menggunakan kompor minyak tanah dan kuali baja atau aluminium, tapi barang-barang ini masih dipandang sebelah mata oleh orang Condet.

Nah, bila semua sudah siap, buah melinjo digongseng bersama pasir, di dalam wajan yang diletakkan di atas tungku yang apinya kecil. Ini dilakukan sebentar saja, 3-5 menit, tapi sementara itu buah mesti terus diaduk. Yang sudah mulai hangus kulitnya segera diangkat, ditegakkan di atas sepotong papan kecil, dan ditokok pelan dengan martil.

Kulitnya segera pecah, lalu isinya diletakkan di atas landasan dan ditokok lagi dengan martil sampai pipih. Setelah pipih, sudah kelihatan seperti emping. Karena masih basah, emping ini dipindahkan ke anyaman bambu untuk d.emur. Mengangkat emping basah dari landasan ke anyaman bambu memerlukan teknik tersendiri. Jika buah melinjonya cukup tua dan menggongseng tepat, emping basah itu akan mudah diangkat, seperti mengangkat kue dadar kecil dari wajan. Kalau salah satu atau kedua persyaratan itu tidak terpenuhi, terpaksa digunakan sejenis alat, yaitu sekeping kecil seng yang digunakan seperti pisau khusus untuk menyayat emping basah itu dari landasan batu.

Sementara itu, buah melinjo terus dimasukkan sedikit demi sedikit ke dalam kuali, dan yang sudah masak langsung dikeluarkan, dikupas, dan dipipihkan.

Biasanya satu tim pembuat emping terdiri atas seorang ibu dengan dua anak gadisnya. Mereka bertiga dapat menyelesaikan 10 liter melinjo dalam waktu 7 jam, mulai dari pukul 8 pagi sampai pukul 3 sore, diselang-seling tugas-tugas lain seperti memasak, mencuci, dan sebagainya. Apabila yang mereka kerjakan bukan melinjo hasil kebon sendiri, artinya apabila yang mereka mengambil upahan membuat emping, untuk mengerjakan 10 liter melinjo mereka memperoleh Rp 600.

Emping yang dihasilkan dari 10 liter melinjo itu adalah sekitar 4 kg, kering. Kalau harga jual borongan emping sekitar Rp 1150 per kilogram, dapat Anda perhitungkan sendiri mana yang lebih menguntungkan antara mengizinkan pohon melinjo berbuah atau menjual pucuknya untuk konsumsi sayur asem. Orang Condet melakukan keduanya. Emping ‘satu melinjo’ jarang dibuat di Condet, kecuali atas pesanan.

Yang banyak dibuat adalah emping ‘multimelinjo’ yang ukurannya besar-besar. Ada emping 8 melinjo, 12 melinjo (yang paling banyak dibuat), bahkan ada yang 30 melinjo, yaitu emping besar yang garis tengahnya mencapai 25 cm dan banyak d.umpai di restoran-restoran besar. Untuk emping ukuran besar ini, ada cara pembuatan tertentu. Mula-mula dibuat dulu bentuk bulan sabit, kemudian setengah lingkaran, baru sesudahnya lingkaran penuh yang rapi. Melihat proses ini, tidak dapat tidak timbul ide, dapatkan misalnya emping dirancang bentuknya menurut pesanan?

Untuk merayakan ulang tahun anak Anda barangkali Anda ingin emping berbentuk Tongki Bebek? Atau bintang? Belum pernah dicoba, memang. Anda mau pesan? (Ditulis oleh: Ismail Marahimin dalam buku Menulis Secara Populer)

e. Biografi

Biografi adalah kisah atau riwayat kehidupan seorang tokoh yang ditulis oleh orang lain. Biografi ditulis dengan berbagai tujuan. Salah satunya untuk memberikan informasi bagi pembaca tentang latar belakang kehidupan seorang tokoh dari sejak kecil hingga mencapai karir di kehidupannya kemudian. Jika tokoh itu sendiri yang menulisnya disebut otobiografi. Biografi termasuk prosa naratif ekspositoris atau prosa faktual yang mengungkapkan fakta-fakta nyata.

Contoh Penggalan Biografi Yang Baik dan Benar

SEKELEBAT RIWAYAT RAMADHAN K.H.

Ia suka dipanggil Tutun oleh keluarganya, dan disapa Atun oleh teman-teman dekatnya. Ia sendiri biasa menuliskan namanya, Ramadhan K.H. semacam kependekan dari Ramadhan Kartahadimadja. Lahir di Bandung, 16 Maret 1927, Ramadhan adalah anak ke tujuh dari sepuluh bersaudara.

Ayahnya Rd. Edjeh Kartahadimadja, adalah seorang patih pada masa kekuasaan Hindia Belanda. Ramadhan lahir dari pernikahan Rd. Kartahadimadja dengan istri ketiganya, Sadiah.

Masa kecil Ramadhan dilewatkan di Cianjur, sebuah kota yang dipeluk hawa sejuk, tanah kelahiran pengarang ternama Utuy Tatang Sontani (1918-1978).

Dunia Ramadhan serupa bianglala: Ia mengubah puisi dan mengarang novel serta cerita pendek ; ia pernah bekerja sebagai wartawan, mengasuh ruangan kebudayaan, dan hingga kini menjadi penulis lepas; ia menerjemahkan karya-karya sastra mancanegara dan turut aktif membangun jembatan budaya yang menghubungkan Indonesia dengan negeri-negeri asing; ia menyunting sejumlah buku dan pernah turut mengelola lembaga penerbitan; ia pernah ikut aktif dalam pengelolaan organisasi kesenian; ia pun belakangan terkenal sebagai penulis biografi tokoh-tokoh terkemuka Indonesia. Tak diragukan lagi, Ramadhan K.H. menduduki tempat terpandang di jajaran penulis Indonesia. (Dikutip dari buku: Ramadhan K.H. Tiga Perempat Abad)

f. Tips

Tips ialah karangan yang berisi uraian tentang tata cara atau langkah-langkah operasional dalam melakukan atau membuat sesuatu. Disajikan dengan ringan, sederhana, dan bahasa yang populer. Karangan ini termasuk jenis artikel ekspositoris. 

Contoh Karangan Tentang Tips Yang Baik dan Benar

Beberapa Cara Membasmi Ketombe

Ketombe memang amat menjengkelkan, tidak hanya bagi wanita, tapi juga bagi pria. Apabila rambut dihinggapi ketombe, kulit kepala terasa gatal yang luar biasa, terutama bila terkena sinar matahari.

Bila Anda terkena penyakit ini, dan belum menemukan obat yang mujarab, di sini dapat Anda temukan beberapa cara yang mudah untuk mengatasinya. Cobalah salah satu cara berikut, yang menurut Anda paling sesuai dan paling mudah untuk Anda lakukan.

Cara pertama adalah dengan menggunakan daun kikim (istilah Sunda: daun antahan). Petiklah kira-kira 25 lembar daun kikim ini, tumbuk sampai halus, kemudian sedu dengan 1 liter air panas. Setelah airnya menjadi hangat-hangat kuku, pakailah untuk membahasi rambut Anda sampai rata. Biarkan selama kurang lebih 5 menit, kemudian keramaslah rambut Anda seperti biasa. Ulangi ini sampai tiga kali selama seminggu, dan ketombe yang senantiasa menganggu akan lenyap, tanpa Anda harus mengeluarkan biaya yang besar.

Jika Anda mengalami kesukaran mendapatkan daun kikim, cobalah buah mengkudu. Cara ini pun cukup mudah. Sediakan 2 atau 3 buah mengkudu, bubuhi air setengah gelas, dan remas-remas. Setelah lumat saring untuk mengambil airnya. Pakailah air perasan buah ini untuk keramas. Biarkan selama 5 menit, cucilah rambut Anda seperti biasa. Untuk menghilangkan baunya yang kurang sedap, pakailah shampoo seperti biasa.

Air rendaman daun kangkung yang masih muda pun dapat menghilangkan ketombe. Caranya cukup sederhana. Sediakan daun kangkung yang masih muda sebanyak kira-kira 20 tangkai. Sebaiknya petiklah sendiri di tempatnya agar getah yang dihasilkan lebih banyak.

Cincang-cincanglah daun kangkung itu. Kemudian rendam di dalam sebaskom air. Setelah selama satu malam, air rendaman itu akan berwarna kebiru-biruan. Pakailah air ini untuk keramas setiap hari. Kepala yang berketombe berat akan terasa pedih bila dikeramas dengan air rendaman kangkung ini, dan makin sering keramas akan makin berkurang pedih maupun gatalnya sehingga akhirnya akan hilang sama sekali. Untuk mencegah agar jangan sampai berketombe lagi, keramasilah rambut Anda dengan air rendaman kangkung seperti ini seminggu sekali secara rutin.  

Setiap kali keramas, air rendaman kangkung harus baru. Resep ini hanya untuk satu kali pakai. Dan jangan pula lupa bahwa setiap selesai keramas dengan air rendaman kangkung ini Anda harus mencuci rambut dengan air sampai bersih. Boleh juga Anda gunakan shampoo seperti biasanya. Selamat mencoba, semoga Anda terbebas dari ketombe yang menjengkelkan. (Ditulis oleh Yulia Ain Sani dalam “Menulis Secara Populer” oleh Ismail Marahimin, 2001)

g. Reportase

Reportase ialah karangan yang berupa hasil laporan dari liputan suatu peristiwa atau kejadian yang sedang berlangsung atau belum lama berlangsung untuk keperluan berita di media massa. Bersifat informasi aktual. Contoh reportase, yaitu berita langsung tentang kejadian bencana alam gempa jogja, atau janjir di Jakarta.

h. Jurnalisme Baru (New Journalism)

Jurnalisme Baru (new journalism) ialah semacam berita yang dituliskan ke dalam bentuk novel atau cerita pendek. Karena berbentuk cerita, unsur-unsur pembangun sebuah cerita seperti, alur, tokoh-tokoh, latar, dan konflik, dipenuhi meskipun isinya merupakan fakta atau kejadian yang sebenarnya.

Isi jurnalisme baru merupakan hal-hal kejadian luar biasa yang menghebohkan atau menggemparkan seperti kejahatan sadis, peperangan, dan musibah besar yang menarik perhatian masyarakat atau dunia. Dalam jurnalisme baru, diungkapkan hal-hal dari peristiwa tersebut yang belum terungkap ialah pemberitaan media massa, seperti latar belakang, motif, tujuan, jalan pikiran, dan sebagainya.

Oleh sebab itu, penulis jurnalisme baru harus berusaha mengumpulkan sebanyak-banyaknya data dari narasumber, tokoh yang terlibat atau para saksi dari kejadian yang akan diungkapkan. Contoh tulisan jurnalisme baru, yaitu perang Vietnam, Perlharbour, In Cold Blood (peristiwa pembunuhan sadis–berdarah dingin–terhadap empat keluarga petani di Kansas Amerika Serikat), atau kisah Kusni Kasdut, penjahat besar di era tahun 60-an di Indonesia, dan sebagainya. 

i. Iklan

Iklan ialah informasi yang disajikan lewat media massa, buletin atau surat edaran yang bertujuan untuk memberitahukan atau mempromosikan suatu barang atau jasa kepada khalayak untuk kepentingan bisnis, pengumuman, atau pelayanan publik. Iklan terdiri atas iklan keluarga, undangan, pengumuman, penerangan, niaga, lowongan pekerjaan, dan sebagainya.

Ciri-Ciri dan Contoh Iklan Yang Baik dan Benar

Ciri-ciri bahasa iklan:

(1) Kalimatnya singkat; hanya menonjolkan bagian-bagian yang dipentingkan,
(2) Uraian bersifat informatif dan persuasif,
(3) Menggunakan kata-kata yang terpilih dan menarik perhatian orang untuk mengetahui, mencoba, atau ingin memiliki,

Contoh iklan:

OTELO MOTOR
Cicilan Mulai 333 Rb dapat Otelo Motor Proses Mudah & Cepat
READY STOCK SEMUA TYPE
AW MAKMUR SEJATI
Sales - Sevice - Spare Part
Jl. Kayu Gede 1 Serpong
Tangerang - Banten
Telp. (021) 918 643 92 

Contoh Iklan Berbentuk Karangan Yang Baik Dan Benar

Si Mungil dengan Suara Maksi

Punya ruangan hiburan ala bioskop di rumah memang menyenangkan, meskipun Anda harus merogoh kocek agak dalam kerenanya. Tapi jika dananya pas-pasan, mungkin Anda bisa menyiasatinya dengan membeli seperangkat Mini HiFi.

Untuk kita yang hanya punya dana pas-pasan dan ruangan rumah yang terbatas. Mini HiFi bisa jadi pilihan. Selain kisaran harganya cukup terjangkau, satu set Mini HiFi biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, seperti player yang mampu membaca format DVD, CD-R/CD-RW, VCD, Divx, MP3 dan USB Connection serta speaker.

Selain all-in-one, perangkat ini juga mampu menghadirkan kualitas suara cukup baik karena memiliki sistem two-way speaker yang mampu memainkan suara berfrekuensi tinggi dan rendah secara terpisah. Beragam fitur telah dihadirkan dalam perangkat Mini HiFi, seperti produk Mini HiFi keluaran Samsung, yaitu seri MM-DX7T dan MAXDX75T yang mampu membaca format DVD, Divx, MP3-CD, WMA, CD-R/CD-RW.

Kedua produk mampu menghadirkan kualitas suara mengagumkan dengan Dual Woofer to Boos Bass Sound, total RMS 200 W dan 2200W PMPO serta koneksitas yang lengkap seperti TV Connection via HDMI out, USB Host with movie playback.

Model terbaru Mini HiFi Samsung ini telah dilengkapi pula dengan High Definition Multimedia Interface (HDMI) out put berupa seutas kabel yang berfungsi sebagai alat transmisi digital yang dapat menghantarkan gambar dengan langsung ditancapkan pada televisi. Desain yang elegan dengan balutan warna hitam berkilau dan lekukan yang manis pada tiap sudut menjadikan Mini HiFi Samsung ini sangat cocok apabila dipadupadankan dengan produk TV LCD atau film fit dari Samsung. Nah, selamat menikmati tayangan film favorit berkualitas bersama keluarga tercinta tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam dengan Mini HiFi Samsung MMDX7T dan MAX- DX75T.
j. Pidato atau khotbah.

Bagian-Bagian dan Contoh Pidato Yang Baik dan Benar

Pidato ialah aktivitas mengungkapkan pikiran, ide, gagasan secara lisan dalam bentuk rangkaian kata-kata atau kalimat kepada orang banyak dengan tujuan tertentu.

Pidato biasanya dilakukan dalam acara-acara resmi, seremonial, dan pertemuan-pertemuan ilmiah. Pidato merupakan bentuk komunikasi satu arah karena terdiri atas pemberi pidato satu orang dan orang banyak sebagai pendengar.

Bahasa dan isi pidato disesuaikan dengan pendengar (audience) berdasarkan, tingkat pemikiran atau pendidikan, usia, dan topik pembicaraan. Bagian-bagian pidato ialah seperti berikut:

1. Bagian pembukaan berisi:

(1) salam pembuka
(2) ungkapan sapaan
(3) puji syukur kepada Tuhan
(4) penegasan konteks pertemuan atau acara

2. Bagian isi berisi uraian pidato sesuai dengan yang telah direncanakan atau ingin disampaikan.

3. Penutup pidato, berisi:

(1) kesimpulan isi pidato
(2) harapan-harapan atau himbauan
(3) ucapan terima kasih dan permohonan maaf
(4) salam penutup

Beberapa hal berikut harus diperhatikan dalam menyimak pidato:

1. Simaklah isi pidato dengan saksama dari awal hingga akhir.
2. Pahami gagasan, pendapat, atau pesan yang disampaikan dalam pidato.
3. Ingatlah atau catatlah hal-hal penting yang terdapat dalam uraian pidato dan beri komentar.  

Contoh Pidato:

MEMASUKI ABAD TEKNOLOGI, INFORMASI, DAN GLOBALISASI

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yth. Bapak/Ibu Kepala Sekolah
Bapak/Ibu Guru yang saya hormati dan rekan-rekan pelajar yang saya banggakan.

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato saya dengan tema: memasuki abad teknologi, informasi, dan globalisasi.

Indonesia kini telah memasuki abad baru, yaitu abad teknologi, informasi, dan globalisasi. Dalam masa ini, hanya negara-negara yang memiliki sumber daya manusia (SDM) berkualitas, memiliki daya saing yang tinggi, serta memiliki jati diri yang kuat yang dapat bertahan hidup dan memenangkan persaingan di arena percaturan global.

Dengan memasuki abad baru, hampir seluruh arus barang, jasa, informasi, manusia, dan bahkan adat budaya akan makin bebas keluar masuk ke suatu negara. Dampak positif globalisasi membawa kemajuan yang pesat bagi kehidupan dan pembangunan, namun dampak negatifnya akan berpengaruh terhadap nilai-nilai peradaban dan budaya bangsa.

Kita sebagai pelajar harus mengembangkan sikap disiplin dan etos kerja yang tinggi, membiasakan dan membina sikap yang teguh, tegar, dan tangguh penuh kreativitas dan dinamis, dalam berbagai macam kesulitan dan ujian serta tantangan kehidupan.

Selain itu, kita juga harus berkomitmen tinggi, jujur, inovatif, dan mandiri. Berkomitmen tinggi artinya kita harus memfokuskan kepada tugas yang kita kerjakan dan berupaya untuk memperoleh hasil yang maksimal. Jujur, yaitu kita harus jujur dalam mengerjakan pekerjaan kita, tidak melakukan hal-hal negatif yang berhubungan dengan pekerjaan kita, dan tidak melakukan kecurangan. Mandiri, yaitu kita harus mengerjakan tugas kita sendiri tanpa meminta orang lain untuk mengerjakannya.

Simpulannya bahwa dalam memasuki era teknologi, informasi dan globalisasi, kita harus meningkatkan sumber daya manusia yang kita miliki untuk siap bersaing. Kita juga harus menyiapkan mental, sikap dan semangat untuk meraih prestasi setinggi-tingginya baik dalam menuntut ilmu maupun bekerja serta senantiasa menghindari pengaruh-pengaruh
negatif globalisasi.

Hadirin yang berbahagia,

Karena itu, melalui pidato ini saya mengajak rekan-rekan pelajar sebagai generasi muda penerus bangsa untuk mampu memelihara kepribadian dan jati diri bangsa, serta menjaga dan mengembangkan nilai-nilai budaya nasional dalam cara yang benar dan positif.

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Bapak/Ibu serta rekan-rekan pelajar yang telah mendengarkan pidato saya. Mohon maaf bila dalam penyampaian pidato ini terdapat kekeliruan dan kesalahan perkataan.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

(Sumber Tugas Siswa SMK N 44, dengan sedikit tambahan) 

0 Response to "Definisi Prosa Nonfiksi Dan Yang Termasuk Karangan Semi Ilmiah"

Post a Comment