Standar
Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD menurut Badan Standar Nasional Pendidikan
2009 :
1) Kualifikasi
Akademik dan Kompetensi
Guru
Kualifikasi dan kompetensi guru PAUD didasarkan pada Peraturan menteri
Pendidika Nasional Republik Indonesia No. 16 th 2007 tentang Standar
Kualifiaksi Akademik dan Kompetensi Guru besera lampirannya.
Bagi
guru PAUD Formal (TK, RA, dan yang sederajat) dan guru PAUD Non Formal (TPA,
KB, dan yang sederajat) yang belum memenuhi kualifikasi akademik dan kompetensi
sebagaimana dimaksud disebut guru pendamping dan pengasuh.
2) Kualifikasi
Akademik dan Kompetensi Guru Pendamping
Kualifikasi
Akademik:
• Memiliki ijazah D-II
PGTK dari Perguruan Tinggi terakreditasi; atau
·
Memiliki
ijazah minimal Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat dan memiliki
sertifikat pelatihan / pendidikan/ kursus PAUD yang terakreditasi.
b) Kompetensi
Penjelasan akan diberikan di bawah:
Kompetensi/
Sub kompetensi Indikator
1.
Kompetensi kepribadian
1.1
Bersikap
dan berperilaku sesuai dengan kebutuhan psikologi anak
2.
Menyayangi
secara tulus
3.
Berperilaku
sabar, tenang, ceria, serta penuh perhatian
4.
Memiliki
kepekaan, responsive dan humoris terhadap perilaku anak
5.
Menampilkan
diri sebagai pribadi yang dewasa, arif dan bijaksana.
6.
Berpenampilam
bersih, sehat dan rapi.
7.
Berperilaku
sopan, santun menghargai dan melindungi anak.
1.2
Bersikap
dan berperilaku sesuai dengan norma agama, budaya dan keyakinan anak
1.
Menghargai
peserta didik tanpa membedakan keyakinan yang dianut, suku, budaya dan jender
2.
Bersikap
sesuai dengan norma agama yang dianut, hukum, dan norma sosial yang berlaku
dalam masyarakat.
3.
Mengembangkan
sikap anak didik untuk menghargai agama dan budaya lain.
1.3
Menampilkan
diri sebagai pribadi yang berbudi pekerti luhur.
1.
Berperilaku
jujur
2.
Bertanggung
jawab terhadap tugas
3.
Berperilaku
sebagai teladan
2.
Kompetensi Profesional
Kompetensi/
Sub kompetensi Indikator
2.1 Memahami
tahapan perkembangan anak
1.
Memahami
kesinambungan tingkat perkembangan anak usia 0-6 tahun.
2.
Memahami
standar tingkat pencapaian perkembangan anak.
3.
Memahami
bahwa setiap anak mempunyai tingkat ketepatan pencpaian perkembangan yang
1.
berbeda.
4.
Memahami
faktor penghambat dan pendukung tingkat pencapaian perkembangan.
2.2
Memahami pertumbuhan dan perkembangan anak
1.
Memahami
aspek-aspek perkembangan fisik motorik , kognitif, bahasa, sosial emosi dan
moral agama.
2.
Memahami
faktor -faktor yang menghambat dan mendukung aspek-aspek perkembangan di atas
3.
Memahami
tanda-tanda kelainan pada tiap aspek perkembangan anak.
4.
Mengenal
kebutuhna gizi anak sesuai dengan usia.
5.
Memahami
cara memantau nutrisi, kesehatan dan keselamatan anak.
6.
Mengetahui
pola asuh yang sesuai dengan usia anak.
7.
Mengenal
keunikan anak.
2.3
Memahami pemberian rangsangan pendidikan, pengasuhan dan perlindungan
1.
Mengenal
cara-cara pemberian rangsangan dalam pendidikan, pengasuhan dan perlindungan
secara umum.
2.
Memiliki
keterampilan dalam melakukan pemberian rangsangan pada setiap aspek
perkembangan.
2.4 Membangun kerjasama
dengan orang tua dalam pendidikan, pengasuhan dan perlindungan anak
1.
Mengenal
faktor-faktor pengasuhan anak, sosial kemasyarakatan yang mendukung dan
menghambat perkembangan anak.
2.
Mengkomunikasikan
program lembaga (pendidikan, pengasuhan, dan perlindungan anak) kepada orang
tua.
3.
Meningkatkan
keterlibatan orang tua dalam program di lembaga.
4.
Meningkatkan
kesinambungan program lembaga dengan lingkungan keluarga.
Kompetensi/
Sub kompetensi Indikator
3.
Kompetensi Pedagogik
1.1
Merencanakan
kegiatan program pendidikan, pengasuhan dan perlindungan
1.
Menyusun
rencana kegiatan tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, dan harian.
2.
Menetapkan
kegiatan bermain yang mendukung tingkat pencapaian perkembangan anak.
3.
Merencanakan
kegaitan yang disusun berdasarkan kelompok usia.
3.2
Melaksanakan
proses pendidikan, pengasuhan dan perlindungan
1.
Mengelola
kegiatan sesuai dengan rencana yang disusun berdasarkan kelompok usia.
2.
Menggunakan
metode pembelajaran melalui bermain sesuai dengan karakteristik anak.
3.
Memilih
dan menggunakan media yang sesuai dengan kegiatan dan kondisi anak
4.
Memberikan
motivasi untuk meningkatkan keterlibatan anak dalam kegiatan
5.
Memberikan
bimbingan sesuai dengan kebutuhan anak.
3.3
Melaksanakan
penilaian terhadap proses dan hasil pendidikan pengasuhan dan perlindungan
1.
Memilih
cara-cara penilaian yang sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
2.
Melakukan
kegiatan penilaian yang sesuai dengan cara-cara yang telah ditetapkan.
3.
Mengolah
hasil penilaian
4.
Menggunakan
hasil-hasil penilaian untuk berbagai kepentingan pendidikan.
5.
Mendokumentasikan
hasil-hasil penilaian.
4.
Kompetensi
Sosial
4.1
Beradaptasi
dengan lingkungan 1. Menyesuaikan diri dengan teman sejawat.
4.
2.
Menaati aturan lembaga
2.
Menyesuaikan
diri dengan masyarakat sekitar
3.
Akomodatif
terhadap anak didik, orang tua, teman sejawat dari berbagai latar belakang
budaya dan social ekonomi.
Kompetensi/
Sub kompetensi Indikator
1.2 Berkomunikasi
secara efektif
1.
Berkomunikasi
secara empatik dengan orang tua peserta didik
2.
Berkomunikasi
efektif dengan anak didik, baik secara fisik, baik verbal maupun non verbal
0 Response to "Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUD menurut BSNP"
Post a Comment