Secara
khusus sesuai dengan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang pendidik anak
usia dini menunjukkan hasil belajar dengan indikator sebagai berikut:
a.
Mengetahui
berbagai model pembelajaran anak usia dini
b.
Menganalisis
masing-masing model pembelajaran anak usia dini
c.
Mengaplikasikan
model pembelajaran anak usia dini dalam pembelajaran sehari-hari di sekolah
d.
Memodifikasi
model pembelajaran agar sesuai dengan situasi dan kondisi yang dihadapi
Proses
pendidikan dan pembelajaran pada anak usia dini hendaknya dilakukan dengan
memberikan konsep-konsep dasar yang memiliki kebermaknaan bagi anak melalui
pengalaman nyata.
Hanya
pengalaman nyatalah yang memungkinkan anak untuk menunjukkan aktivitas dan rasa
ingin tahu (curiousity) secara optimal dengan menempatkan posisi
pendidik sebagai pendamping, pembimbing serta fasilitator bagi anak.
Melalui
proses pendidikan seperti ini diharapkan dapat menghindari bentuk pembelajaran
yang hanya berorientasi pada kehendak guru yang menempatkan anak secara pasif
dan guru menjadi dominan. Proses pendidikan mempunyai peranan penting dalam
upaya pengembangan individu secara khusus dan pengembangan bangsa secara umum.
Proses
pendidikan memberikan kesempatan kepada setiap individu untuk mengembangkan
seluruh kemampuan dan keterampilan secara optimal. Oleh karena itu, pendidikan
hendaknya diberikan sedini mungkin agar upaya pngembangan kemampuan da
keterampilan individu dapat berlangsung optimal.
Pada
rentang usia dini anak mengalami masa keemasan (the golden age) yang
merupakan masa dimana anak mulai peka/sensitif untuk menerima berbagai
rangsangan. Masa peka pada masing-masing anak berbeda, seiring dengan laju
pertumbuhan danperkembangan anak secara individual.
Masa
peka adalah masa terjadinya kematangan fungsi fisik dan psikis yang siap
merespon stimulasi yang diberikan oleh lingkungan. Masa ini juga merupakan masa
peletak dasar pertama untuk mengembangkan kemampuan kognitif, afektif,
psikomotorik, bahasa, sosio emosional dan spiritual.
Upaya
pengembangan individu melalui proses pendidikan berlangsung di berbagai
lembaga-lembaga pendidikan, termasuk lembaga pendidikan anak usia dini. Pada
saat ini telah bermunculan berbagai lembaga pendidikan anak
usia dini yang menggunakan standar internasional di kota-kota besar di
Indonesia, terutama lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) yang mengadopsi
kurikulum penyelenggaraan dari berbagai Negara maju.
Kurikulum
yang dikembangkan tersebut mengacu kepada model pembelajaran yang sudah ada di
negara tertentu yang telah dikembangkan selama bertahun-tahun. Beberapa model
pendidikan yang dimasud antara lain model pembelajaran aktif, model
pembelajaran proyek, model pembelajaran berbasis masyarakat dan model
pembelajaran keterampilan hidup.
0 Response to "Pembelajaran Inovatif Pendidikan Anak Usia Dini "
Post a Comment