Konservasi
angka Seorang anak diperlihatkan dua set benda yang sama jumlahnya, tetapi
disusun dengan pola yang berbeda. Anak akan mengatakan satu set benda yang satu
lebih banyak dari yang lainnya.
Konservasi
kuantitas yang berkesinambungan (Conservation of Continuous Quantity)
Seorang
anak diperlihatkan dua kontainer yang berbeda bentuknya, namun berisi sejumlah
air yang sama. Anak itu akan mengatakan konteiner yang satu berisi air yang
lebih banyak daripada yang lainnya.
Pengelompokkan
Seorang anak diberikan benda-benda yang ber-atribut ganda yang memiliki variasi
bentuk warna dan ukuran. Anak tersebut diminta meletakkan “benda-benda yang
serupa dalam kelompok yang sama’..Anak akan menggunakan hanya satu atribut –
misalnya, warna – untuk mengkategorikannya.
Contoh:
semua bentuk yang berwarna kuning, hijau, biru akan diletakkan bersama-sama,
tanpa menghiraukan bentuk dan ukurannya.
Eksperimen
Piaget tentang kategorisasi, anak diminta untuk mengelompokkan objek yang
memiliki warna, bentuk dan ukuran yang berbeda. Anak pra sekolah biasanya hanya
menyeleksi satu atribut dalam mensortir bentuk.
Sebagai
contoh adalah anak meletakkan objek berwarna hijau di satu tempat, sedangkan
warna merah dan biru di tempat yang berbeda. Dalam gambar ini, anak hanya
mengelompokkan dari segi bentuk, dan tidak melihat dari segi ukuran maupun
warna.
Piaget
berkeyakinan bahwa pada masing-masing periode perkembangan, terdapat hubungan
antara berpikir ilmiah dan sosial..
Sebagai
contoh, saat anak yang berada pada tahap pra operasional gagal memperhitungkan
dua dimensi pada tugas-tugas konservasi, mereka juga tidak memikirkan
perspektif lainnya saat berinteraksi dengan orang lain. Anak-anak
preoperasional seringkali egosentris, di mana mereka mempertimbangkan segala
sesuatu hanya dari sudut pandang mereka sendiri
0 Response to "Tugas Deskripsi dan Performansi Anak pada tahap Praoperasional "
Post a Comment