7 Kriteria Guru Yang Baik Menurut Gilbert H. Hunt Dalam Bukunya Effective Teaching

Untuk mencapai kriteria guru yang baik, tidaklah semudah membalik sebuah telapak tangan. Harus diupayakan semaksimal mungkin.

Secara umum, guru itu harus memenuhi dua kategori, yaitu guru itu harus memiliki kemampuan dalam bidang ilmu yang diajarkan, memiliki kemampuan teoritik tentang mengajar yang baik dari mulai perencanaan, implementasi sampai evaluasi dan memiliki loyalitas keguruan yaitu loyal terhadap tugas-tugas keguruan yang tidak semata di dalam kelas, tapi sebelum dan sesudah kelas.

Gilbert H. Hunt dalam bukunya Effective Teaching menyatakan bahwa “guru yang baik itu harus memenuhi tujuh kriteria” (Hunt, 1999:15-16) yaitu :

1.   Sifat. Guru yang baik harus memiliki sifat-sifat antusias, stimulatif, mendorong siswa untuk maju, hangat, berorientasi pada tugas dan bekerja keras, toleran, sopan, bijaksana dan bisa dipercaya, fleksibel dan mudah menyesuaikan diri, demokratis, penuh harapan bagi murid, tidak semata-mata mencari reputasi pribadi, mampu mengatasi stereotipe murid, bertanggung jawab terhadap kegiatan belajar murid, mampu menyampaikan perasaannya dan memiliki pendengaran yang baik.

2.   Pengetahuan.  Guru yang baik memiliki pengetahuan yang memadai dalam mata pelajaran yang diampunya dan terus mengikuti kemajuan dalam bidang ilmunya itu.

3.   Apa yang disampaikan. Guru yang baik juga memberi jaminan bahwa materi yang disampaikannya mencakup semua unit bahasan yang diharapkan siswa secara maksimal.

4.   Bagaimana mengajar. Guru yang baik menjelaskan berbagai informasi secara jelas dan terang, memberi layanan yang variatif, menciptakan dan memelihara momentum, mendorong siswa untuk berpartisipasi, memonitor dan bahkan sering mendatangi siswa, menghindari kesukaran yang kompleks dengan menyederhanakan sajian informasi, melibatkan murid dalam tutorial atau pengajaran sebaya.

5.   Harapan. Guru yang baik mampu memberi harapan pada murid-murid nya, membuat murid akuntabel dan mendorong pertisipasi orang tua dalam memajukan kemampuan akademik muridnya.

6.   Reaksi guru terhadap murid. Guru yang baik biasa menerima berbagai masukan, resiko dan tantangan, selalu memberikan dukungan pada muridnya, bijaksana terhadap kritik murid, menyesuaikan dengan kemajuan-kemajuan murid.

7.   Managemen. Guru yang baik juga harus mampu menunjukkan keahlian dalam perencanaan, mengorganisasi kelas, mampu memelihara waktu bekerja serta menggunakannya secara efisien dan konsisten.

0 Response to "7 Kriteria Guru Yang Baik Menurut Gilbert H. Hunt Dalam Bukunya Effective Teaching"

Post a Comment