Untuk mencapai kriteria guru yang baik,
tidaklah semudah membalik sebuah telapak tangan. Harus diupayakan semaksimal
mungkin.
Secara umum, guru itu harus memenuhi dua
kategori, yaitu guru itu harus memiliki kemampuan dalam bidang ilmu yang
diajarkan, memiliki kemampuan teoritik tentang mengajar yang baik dari mulai
perencanaan, implementasi sampai evaluasi dan memiliki loyalitas keguruan yaitu
loyal terhadap tugas-tugas keguruan yang tidak semata di dalam kelas, tapi
sebelum dan sesudah kelas.
Gilbert H. Hunt dalam bukunya Effective
Teaching menyatakan bahwa “guru yang baik itu harus memenuhi tujuh kriteria”
(Hunt, 1999:15-16) yaitu :
1.
Sifat. Guru yang baik harus memiliki
sifat-sifat antusias, stimulatif, mendorong siswa untuk maju, hangat,
berorientasi pada tugas dan bekerja keras, toleran, sopan, bijaksana dan bisa
dipercaya, fleksibel dan mudah menyesuaikan diri, demokratis, penuh harapan
bagi murid, tidak semata-mata mencari reputasi pribadi, mampu mengatasi
stereotipe murid, bertanggung jawab terhadap kegiatan belajar murid, mampu
menyampaikan perasaannya dan memiliki pendengaran yang baik.
2.
Pengetahuan.
Guru yang baik memiliki pengetahuan yang memadai dalam mata pelajaran
yang diampunya dan terus mengikuti kemajuan dalam bidang ilmunya itu.
3.
Apa yang disampaikan. Guru yang baik juga
memberi jaminan bahwa materi yang disampaikannya mencakup semua unit bahasan
yang diharapkan siswa secara maksimal.
4.
Bagaimana mengajar. Guru yang baik
menjelaskan berbagai informasi secara jelas dan terang, memberi layanan yang
variatif, menciptakan dan memelihara momentum, mendorong siswa untuk
berpartisipasi, memonitor dan bahkan sering mendatangi siswa, menghindari
kesukaran yang kompleks dengan menyederhanakan sajian informasi, melibatkan
murid dalam tutorial atau pengajaran sebaya.
5.
Harapan. Guru yang baik mampu memberi harapan
pada murid-murid nya, membuat murid akuntabel dan mendorong pertisipasi orang
tua dalam memajukan kemampuan akademik muridnya.
6.
Reaksi guru terhadap murid. Guru yang baik
biasa menerima berbagai masukan, resiko dan tantangan, selalu memberikan dukungan
pada muridnya, bijaksana terhadap kritik murid, menyesuaikan dengan
kemajuan-kemajuan murid.
7.
Managemen. Guru yang baik juga harus mampu
menunjukkan keahlian dalam perencanaan, mengorganisasi kelas, mampu memelihara
waktu bekerja serta menggunakannya secara efisien dan konsisten.
0 Response to "7 Kriteria Guru Yang Baik Menurut Gilbert H. Hunt Dalam Bukunya Effective Teaching"
Post a Comment