Sementara itu dengan mengadaptasi teori Peter
G. Beidler dalam buku Inspiring Teaching yang diedit oleh John K. Roth,
terdapat 10 kriteria guru yang baik (Beidler, 1999:3-10) yaitu :
a.
Seorang guru yang baik harus benar-benar berkeinginan
untuk menjadi guru yang baik, harus mencoba dan terus mencoba.
b.
Seorang guru yang baik berani mengambil
resiko. Mereka berani menyusun tujuan yang sangat muluk, lalu mereka berjuang
untuk mencapainya.
c.
Seorang guru yang baik memiliki sikap positif.
Tidak boleh sinis dengan pekerjaannya. Mereka harus bangga dengan profesinya
sebagai guru.
d.
Seorang guru yang baik selalu tidak punya
waktu yang cukup. Selalu mempersiapkan kelas dengan sempurna. Guru yang baik
hampir tidak punya waktu untuk bersantai. Waktunya habis untuk memberikan
pelayanan terbaik bagi murid-muridnya.
e.
Guru yang baik berpikir bahwa mengajar adalah
sebuah tugas menjadi orang tua murid yaitu bahwa guru punya tanggung jawab
terhadap murid sama dengan tanggung jawab orang tua terhadap putra-putranya
sendiri dalam batas-batas kompetensi keguruan yakni guru punya otoritas untuk
mengarahkan muridnya sesuai basis kemampuannya.
f.
Guru yang baik harus selalu mencoba membuat
muridnya percaya diri, karena tidak semua murid memiliki rasa percaya diri yang
seimbang dengan profesinya.
g.
Guru yang baik juga selalu membuat posisi
tidak seimbang antara murid dengan dirinya, yakni dia selalu menciptakan jarak
antara kemampuannya dengan kemampuan muridnya, sehingga mereka senantiasa sadar
bahwa perjalanan menggapai kompetensinya masih panjang dan membuat mereka terus
berusaha untuk menutupi berbagai kelemahannya dengan melakukan berbagai
kegiatan dan menambah pengalaman keilmuan.
h.
Seorang guru yang baik selalu mencoba
memotivasi murid-muridnya untuk hidup mandiri, lebih independen.
i.
Seorang guru yang baik tidak percaya penuh
dengan terhadap evaluasi yang diberikan muridnya, karena evaluasi mereka
terhadap gurunya tidak bisa obyektif. Walaupun pernyataan-pernyataan mereka itu
penting sebagai informasi. Namun tidak sepenuhnya harus dijadikan patokan untuk
mengukur kinerja keguruan.
j.
Seorang guru yang baik senantiasa aspiratif
mendengarkan dengan bijak permintaan-permintaan murid-muridnya, kritik, serta
berbagai saran yang mereka sampaikan.
Dari uraian panjang lebar di atas, Dr. Dede
Rosyada M.A menyimpulkan bahwa untuk
menjadi guru yang baik harus mempunyai sifat-sifat yang diperlukan untuk
profesi keguruan yaitu : antusias, stimulatif, mendorong murid untuk maju,
banyak berorientasi pada tugas dan pekerja keras, toleran, sopan, dan
bijaksana, bisa dipercaya, fleksibel dan mudah menyesuaikan diri, demokratis,
penuh harapan bagi siswa, bertanggung jawab terhadap kegiatan belajar murid,
mampu menyampaikan perasaannya dan memiliki pendengaran yang baik juga memiliki
kemampuan memadai dalam bidang ilmu yang akan diajarkannya.
Menguasai ilmu-ilmu bagaimana memintarkan
pembelajaran murid, terus mengembangkan pengalaman dan ketrampilan strategi
pembelajaran sh mampu memberikan layanan pada murid secara optimal. Dan juga
guru harus mampu membuat persiapan mengajar dengan baik, mampu mengevaluasi
untuk mengukur tingkat keberhasilan murid-muridnya.
0 Response to "10 Kriteria Guru Yang Baik Menurut John K. Roth "
Post a Comment