10 Kriteria Guru Yang Baik Menurut John K. Roth

Sementara itu dengan mengadaptasi teori Peter G. Beidler dalam buku Inspiring Teaching yang diedit oleh John K. Roth, terdapat 10 kriteria guru yang baik (Beidler, 1999:3-10) yaitu :

a.   Seorang guru yang baik harus benar-benar berkeinginan untuk menjadi guru yang baik, harus mencoba dan terus mencoba.

b.   Seorang guru yang baik berani mengambil resiko. Mereka berani menyusun tujuan yang sangat muluk, lalu mereka berjuang untuk mencapainya.

c.   Seorang guru yang baik memiliki sikap positif. Tidak boleh sinis dengan pekerjaannya. Mereka harus bangga dengan profesinya sebagai guru.

d.   Seorang guru yang baik selalu tidak punya waktu yang cukup. Selalu mempersiapkan kelas dengan sempurna. Guru yang baik hampir tidak punya waktu untuk bersantai. Waktunya habis untuk memberikan pelayanan terbaik bagi murid-muridnya.

e.   Guru yang baik berpikir bahwa mengajar adalah sebuah tugas menjadi orang tua murid yaitu bahwa guru punya tanggung jawab terhadap murid sama dengan tanggung jawab orang tua terhadap putra-putranya sendiri dalam batas-batas kompetensi keguruan yakni guru punya otoritas untuk mengarahkan muridnya sesuai basis kemampuannya.

f.    Guru yang baik harus selalu mencoba membuat muridnya percaya diri, karena tidak semua murid memiliki rasa percaya diri yang seimbang dengan profesinya.

g.   Guru yang baik juga selalu membuat posisi tidak seimbang antara murid dengan dirinya, yakni dia selalu menciptakan jarak antara kemampuannya dengan kemampuan muridnya, sehingga mereka senantiasa sadar bahwa perjalanan menggapai kompetensinya masih panjang dan membuat mereka terus berusaha untuk menutupi berbagai kelemahannya dengan melakukan berbagai kegiatan dan menambah pengalaman keilmuan.

h.   Seorang guru yang baik selalu mencoba memotivasi murid-muridnya untuk hidup mandiri, lebih independen.

i.    Seorang guru yang baik tidak percaya penuh dengan terhadap evaluasi yang diberikan muridnya, karena evaluasi mereka terhadap gurunya tidak bisa obyektif. Walaupun pernyataan-pernyataan mereka itu penting sebagai informasi. Namun tidak sepenuhnya harus dijadikan patokan untuk mengukur kinerja keguruan.

j.    Seorang guru yang baik senantiasa aspiratif mendengarkan dengan bijak permintaan-permintaan murid-muridnya, kritik, serta berbagai saran yang mereka sampaikan.

Dari uraian panjang lebar di atas, Dr. Dede Rosyada M.A menyimpulkan bahwa  untuk menjadi guru yang baik harus mempunyai sifat-sifat yang diperlukan untuk profesi keguruan yaitu : antusias, stimulatif, mendorong murid untuk maju, banyak berorientasi pada tugas dan pekerja keras, toleran, sopan, dan bijaksana, bisa dipercaya, fleksibel dan mudah menyesuaikan diri, demokratis, penuh harapan bagi siswa, bertanggung jawab terhadap kegiatan belajar murid, mampu menyampaikan perasaannya dan memiliki pendengaran yang baik juga memiliki kemampuan memadai dalam bidang ilmu yang akan diajarkannya.

Menguasai ilmu-ilmu bagaimana memintarkan pembelajaran murid, terus mengembangkan pengalaman dan ketrampilan strategi pembelajaran sh mampu memberikan layanan pada murid secara optimal. Dan juga guru harus mampu membuat persiapan mengajar dengan baik, mampu mengevaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan murid-muridnya.

0 Response to "10 Kriteria Guru Yang Baik Menurut John K. Roth "

Post a Comment