Proses Penguasaan Informasi Pada Peserta Didik di Sekolah

Penekanan pembelajaran literasi pada membaca dan menulis lebih banyak diterapkan di Sekolah Dasar (SD/MI) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP/MTs). Pembelajaran literasi yang memuat pembelajaran membaca dan menulis, pada dasarnya membutuhkan kemampuan peserta didik dalam mengumpulkan, mengolah, dan menyajikan informasi.

Pernyataan ini mengacu pada pengertian kemampuan literasi adalah kemampuan informasi. Artinya, kemampuan seseorang menguasai informasi yang berkembang dengan sangat cepat, mulai dari mengakses, memahami, sampai menggunakannya secara cerdas. Seseorang dikatakan sudah belajar bila dia sudah menguasai informasi yang diinginkannya.

Kegiatan atau proses penguasaan informasi terjadi pula pada peserta didik di sekolah. Mereka dikatakan belajar apabila mereka telah menguasai sejumlah informasi yang berupa ilmu pengetahuan. Bermacam-macam pengetahuan yang dimaksudkan terdapat dalam sejumlah nama mata pelajaran. Oleh karena itu, peserta didik dikatakan mampu menguasai informasi (sudah berliterasi) apabila mereka telah menguasai sejumlah mata pelajaran. Sebaliknya, dalam rangka menguasai sejumlah mata pelajaran diperlukan kemampuan literasi.

Setiap mata pelajaran memiliki ciri khas yang meliputi tujuan, ruang lingkup, dan strategi penyampaian. Itu sebabnya dalam setiap kurikulum terdapat perbedaan pengaturan untuk masing-masing mata pelajaran. Berdasarkan ciri khas ini maka dikenal kurikulum yang mencakup nama mata pelajaran, yaitu Kurikulum Bahasa Indonesia, Kurikulum Matematika, Kurikulum Bahasa Inggris, Kurikulum IPA, Kurikulum IPS, dan sebagainya. 

Oleh karena masing-masing memiliki perbedaan, maka pelaksanaan pembelajarannya pun berbeda, termasuk bagaimana menerapkan pembelajaran literasinya. Sebagai contoh, pembelajaran literasi bahasa Indonesia berbeda dengan pembelajaran literasi bahasa Inggris, atau dengan Matematika, dengan IPA, IPS, dan seterusnya. 

0 Response to "Proses Penguasaan Informasi Pada Peserta Didik di Sekolah"

Post a Comment