· 0-2 tahun
Pengembangan
karakteristik: menjelajahi dunia lewat sensorik input dan aktivitas motorik
(Piaget); berhubungan dengan permasalahan membangun basic trust (Erikson);
mempesona dengan kebiasaan baik/buruk dan pemberian hadiah/sanksi (Kohlberg).
Buku yang tepat: Buku yang mudah didapat, awet, tidak asing, berwarna-warni,
interaktif.
· 2-4 tahun.
Pengembangan
karakteristik: melanjutkan untuk berinteraksi dengan lingkungan dan memperoleh
konsep dasar; umur dimana garis antara fantasi dan kenyataan tidak tergambar
dengan jelas (Piaget); berhubungan dengan permasalahan kemerdekaan hak dan
kenyataan diri (Erikson); umumnya ingin menyenangkan orang lain (Kohlberg).
Buku yang tepat: Buku yang ringkas, dan mempunyai alur cerita yang sederhana
dengan akhir yang menyenangkan; irama, persamaan bunyi, pengulangan; dan
prilaku baik/buruk.
· 4-7 tahun.
Pengembangan
karakteristik: menampilkan operasi mental dasar (Piaget); berhubungan dengan
masalah memperoleh kompetensi dan keahlian baru yang dapat mengarahkan
penyelesaian (Erikson); melihat perilaku yang menyesuaikan dengan ekspetasi
peran perempuan/laki-laki. Buku yang tepat: Buku yang mempunyai imajinasi dan
fantasi dan komedi; juga buku dongeng, buku yang berisi informasi.
· 7-9 tahun.
Pengembangan
karakteristik: mulai mengerti waktu; mulai menguasai ide-ide abstrak lainnya
dan membangun sosial (pendapat) (Piaget); mulai mandiri (Erikson); mulai
meneliti tentang aturan, hukum, dan mulai menghormati wewenang yang yang sudah
tersusun dalam masyarakat (Kohlberg). Buku yang tepat: Buku yang memiliki
fantasi yang tinggi dan petualangan dan dapat menjelajahi waktu lampau dan masa
depan. Menari dengan misteri, memecahkan masalah dan mengidentifikasi karakter.
Menikmati non fiksi, biografi dan petualangan.
0 Response to "Tips Memilih Buku Yang Tepat Untuk Anak Usia Dini"
Post a Comment