a)
0 - 6 bulan
•
Apakah
anak meniru ekspresi wajah orang dewasa?
•
Apakah
anak mengulang perilaku-perilaku tertentu yang memberikan kesenangan untuk
anak?
•
Dapatkah
anak mengenali orang-orang dan tempat?
•
Apakah
perhatian menjadi lebih fleksibel dengan usia anak?
•
Apakah
anak bisa berceloteh pada akhir periode ini?
b)
6 -12 bulan
•
Apakah
anak memiliki tujuan tertentu dan perilaku disengaja?
•
Dapatkah
anak menemukan benda-benda yang tersembunyi?
•
Dapatkah
anak meniru aksi-aksi orang dewasa?
•
Dapatkah
anak mengkombinasikan antara aktivitas sensori dan motornya?
•
Apakah
anak berceloteh, termasuk suara-suara dalam bahasa bicara anak?
•
Apakah
anak memperlihatkan gestur pra-verbal, seperti menunjuk?
c)
12 -18 bulan
•
Apakah
anak memilih benda-benda ke dalam kategori tertentu?
•
Dapatkah
anak menemukan benda-benda tersembunyi dengan mencarinya lebih dari satu
tempat?
•
Apakah
anak dalam bermain memperlihatkan belajar ’trial & eror’?
•
Apakah
anak memiliki rentang perhatian yang bertambah baik?
•
Dapatkah
anak berbicara, paling tidak mengatakan kata-kata pertama?
•
Apakahanak-anakmenggunakan
kata-kata ‘overextension’ dan ‘under extension’ yang dia ketahui?
•
Dapatkah
anak mengambil bagian ketika bermain game interaktif (ciluk ba)
•
Apakah
anak melakukan eksperimen dengan perilaku yang berbeda untuk menghasilkan dan
menemukan cara-cara baru dalam memecahkan masalah?
d)
18 -24 bulan
· Apakah anak dapat
menemukan benda-benda yang hilang dari pandangan?
· Apakah anak mencoba
meniru sepenuhnya aksi-aksi orang dewasa?
· Apakah anak ikut
serta dalam permainan ’make-believe’?
· Apakah anak
memindahkan benda-benda ke dalam kategori tertentu selamabermain?
· Apakah anak
menggunakan frase dua kata?
· Apakah anak menulis
(cakar ayam) dengan krayon dan pensil?
· Dapatkah anak
menunjukkan dan memberi nama bagian-bagian tubuh?
e)
24 -36 bulan
· Apakah permainan
‘make-believe’ kurang berpusat pada diri dan lebih kompleks?
· Apakah anak mempunyai
pengenalan ingatan yang berkembang dengan baik?
· Apakah anak memiliki
perbendaharaan kata yang lebih berkembang?
· Apakah anak
menggunakan kalimat-kalimat dengan penggunaan tata bahasa yang semakin
bertambah?
· Apakah anak
memperagakan kemampuan bercakap-cakap?
· Apakah anak mampu
mengikuti arah-arah sederhana?
· Dapatkah anak
menceritakan cerita-cerita sederhana?
· Apakah anak mampu
menjawab pertanyaan?
f)
3 -4 tahun
· Apakah anak
menggunakan kata-kata untuk menyampaikan keinginannya?
•
Dalam
memecahkan masalah, apakah anak fokus pada keberadaan sebuah benda semata-mata
tanpa memperhatikan kriteria yang lain?
•
Apakah
anak melakukan kesalahan gramatikal (melebihi atauran)
• Apakah anak semakin
memperhatikan penggunaan tata bahasa dalam berbicara?
g)
4 -5 tahun
•
Apakah
perbendaharaan kata yang dimiliki anak semakin bertambah?
•
Apakah
anak menggunakan tata bahasa yang lebih baik dan kata-kata untuk berkomunikasi?
h)
5 -6 tahun
•
Apakah
anak memiliki perbendaharaan kata sekitar 1.000 kata?
•
Apakah
anak mengerti tata bahasa lebih baik daripada sebelumnya dan melakukan
kesalahan gramatikal lebih sedikit?
0 Response to "Tahap-tahap Perkembangan Perilaku Kognitif Anak Usia Dini "
Post a Comment