Tahap-tahap Perkembangan Perilaku Kognitif Anak Usia Dini

a) 0 - 6 bulan

     Apakah anak meniru ekspresi wajah orang dewasa?
     Apakah anak mengulang perilaku-perilaku tertentu yang memberikan kesenangan untuk anak?
     Dapatkah anak mengenali orang-orang dan tempat?
     Apakah perhatian menjadi lebih fleksibel dengan usia anak?
     Apakah anak bisa berceloteh pada akhir periode ini?

b) 6 -12 bulan

     Apakah anak memiliki tujuan tertentu dan perilaku disengaja?
     Dapatkah anak menemukan benda-benda yang tersembunyi?
     Dapatkah anak meniru aksi-aksi orang dewasa?
     Dapatkah anak mengkombinasikan antara aktivitas sensori dan motornya?
     Apakah anak berceloteh, termasuk suara-suara dalam bahasa bicara anak?
     Apakah anak memperlihatkan gestur pra-verbal, seperti menunjuk?

c) 12 -18 bulan

     Apakah anak memilih benda-benda ke dalam kategori tertentu?
     Dapatkah anak menemukan benda-benda tersembunyi dengan mencarinya lebih dari satu tempat?
     Apakah anak dalam bermain memperlihatkan belajar ’trial & eror’?
     Apakah anak memiliki rentang perhatian yang bertambah baik?
     Dapatkah anak berbicara, paling tidak mengatakan kata-kata pertama?
     Apakahanak-anakmenggunakan kata-kata ‘overextension’ dan ‘under extension’ yang dia ketahui?
     Dapatkah anak mengambil bagian ketika bermain game interaktif (ciluk ba)
     Apakah anak melakukan eksperimen dengan perilaku yang berbeda untuk menghasilkan dan menemukan cara-cara baru dalam memecahkan masalah?

d) 18 -24 bulan

·       Apakah anak dapat menemukan benda-benda yang hilang dari pandangan?
·       Apakah anak mencoba meniru sepenuhnya aksi-aksi orang dewasa?
·       Apakah anak ikut serta dalam permainan ’make-believe’?
·       Apakah anak memindahkan benda-benda ke dalam kategori tertentu selamabermain?
·       Apakah anak menggunakan frase dua kata?
·       Apakah anak menulis (cakar ayam) dengan krayon dan pensil?
·       Dapatkah anak menunjukkan dan memberi nama bagian-bagian tubuh?

e) 24 -36 bulan

·       Apakah permainan ‘make-believe’ kurang berpusat pada diri dan lebih kompleks?
·       Apakah anak mempunyai pengenalan ingatan yang berkembang dengan baik?
·       Apakah anak memiliki perbendaharaan kata yang lebih berkembang?
·       Apakah anak menggunakan kalimat-kalimat dengan penggunaan tata bahasa yang semakin bertambah?
·       Apakah anak memperagakan kemampuan bercakap-cakap?
·       Apakah anak mampu mengikuti arah-arah sederhana?
·       Dapatkah anak menceritakan cerita-cerita sederhana?
·       Apakah anak mampu menjawab pertanyaan?

f) 3 -4 tahun

·       Apakah anak menggunakan kata-kata untuk menyampaikan keinginannya?
     Dalam memecahkan masalah, apakah anak fokus pada keberadaan sebuah benda semata-mata tanpa memperhatikan kriteria yang lain?
     Apakah anak melakukan kesalahan gramatikal (melebihi atauran)
     Apakah anak semakin memperhatikan penggunaan tata bahasa dalam berbicara?

g) 4 -5 tahun

     Apakah perbendaharaan kata yang dimiliki anak semakin bertambah?
     Apakah anak menggunakan tata bahasa yang lebih baik dan kata-kata untuk berkomunikasi?

h) 5 -6 tahun

     Apakah anak memiliki perbendaharaan kata sekitar 1.000 kata?
     Apakah anak mengerti tata bahasa lebih baik daripada sebelumnya dan melakukan kesalahan gramatikal lebih sedikit?

0 Response to "Tahap-tahap Perkembangan Perilaku Kognitif Anak Usia Dini "

Post a Comment