Adapun
Hurlock menjelaskan bahwa keterampilan motorik dapat dikategorikan ke dalam
empat bidang, yaitu:
(1) keterampilan bantu
diri,
(2) keterampilan bantu
sosial,
(3) keterampilan bermain
dan
(4) keterampilan sekolah.
Keterampilan
bantu diri atau self help skills merupakan keterampilan yang berkaitan dengan
keterampilan yang diperlukan oleh anak untuk melakukan aktivitas sehari-hari (activity
daily living), seperti: menggunakan sendok dan garpu untuk makan,
mengancingkan baju, dan menalikan sepatu.
Keterampilan
bantu sosial merupakan keterampilan yang dipergunakan oleh anak sebagai upaya
agar dirinya dapat diterima oleh lingkungan keluarga, teman sebaya dan
masyarakat, seperti: membereskan pekerjaan di rumah dan sekolah.
Keterampilan
bermain merupakan beragam keterampilan yang dipelajari oleh anak ketika dirinya
bergabung dalam kelompok teman sepermainan sebagai usaha untuk dapat diterima
dan menghibur dirinya sendiri, seperti: bermain layang-layang, menggambar,
menggunakan alat-alat permainan lainnya.
Keterampilan
sekolah berkaitan dengan keterampilan yang harus dikuasai oleh anak agar
dirinya mampu mengerjakan sejumlah tugas yang bersifat akademis, seperti:
menulis, menggunting, dan melukis. Penguasaan yang baik terhadap keterampilan
sekolah akan sangat membantu anak dalam mencapai prestasi sekolahnya, baik
dalam prestasi yang bersifat akademis maupun non akademis.
0 Response to "Fungsi Perkembangan Motorik "
Post a Comment