Penilaian
Hasil Belajar adalah proses
pengumpulan informasi/bukti tentang capaian pembelajaran peserta didik dalam
ranah sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan dilakukan secara terencana dan sistematis, selama dan/atau setelah proses belajar, pada satu
kompetensi, satu semester, satu tahun
untuk suatu muatan/mata pelajaran.
Penilaian
Hasil Belajar oleh Pendidik dilakukan untuk memantau proses, kemajuan belajar,
dan perbaikan hasil belajar melalui penugasan dan pengukuran pencapaian satu
atau lebih Kompetensi Dasar.
Penilaian
aspek sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan sebagai sumber informasi
utama dan pelaporannya menjadi tanggung jawab wali kelas atau guru kelas. Penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui
tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang
dinilai. Penilaian keterampilan
dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, dan/atau teknik lain
sesuai dengan kompetensi yang dinilai.
Penilaian
tematik dilakukan berdasarkan kompetensi dasar pada tema tertentu, namun
pelaporan hasil belajar menurut mata pelajaran.
0 Response to "Penilaian Hasil Belajar Tematik di Sekolah Dasar"
Post a Comment