Kegiatan
Pembelajaran pada silabus ini hanya merupakan model. Kegiatan Pembelajaran pada
silabus ini dapat disesuaikan dan diperkaya dengan konteks daerah atau satuan
pendidikan, serta konteks global untuk mencapai kualitas optimal hasil belajar
pada peserta didik terhadap Kompetensi Dasar.
Kontekstualisasi
pembelajaran tersebut agar peserta didik tetap berada pada budayanya, mengenal
dan mencintai alam dan sosial di sekitarnya, dengan perspektif global sekaligus
menjadi pewaris bangsa sehingga akan menjadi generasi tangguh dan berbudaya
Indonesia.
Berlandaskan
prinsip ini, pembelajaran tematik perlu dikontekstualisasikan dengan tema-tema
yang dekat dengan lingkungan peserta didik, mengenal keragaman masyarakat, dan
daerah sehingga peserta didik mampu beradaptasi dengan perubahan sosial yang
berlangsung di masyarakat.
Selain itu peserta didik akan memiliki kepekaan dan
kepedulian terhadap lingkungan sekitar, juga diharapkan memberikan kontribusi
pada perkembangan dan kemajuan masyarakat.
0 Response to "Kontektualisasi Pembelajaran Pada Silabus"
Post a Comment