Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan dan Kegagalan dalam Berwirausaha Pengolahan Makanan Khas Daerah

Keberhasilan seorang wirausaha dalam menjalankan usahanya dapat diidentifikasikan sebagai berikut.

a.   Keyakinan yang kuat dalam berusaha.
b.   Sikap mental yang positif dalam berusaha.
c.   Percaya diri dan keyakinan terhadap diri sendiri.
d.   Tingkah laku yang dapat dipertanggungjawabkan.
e.   Inovatif dan kreatif.
f.    Keunggulan dalam menjalankan usaha.
g.   Sasaran yang tepat dan menantang dalam berusaha.
h.   Pengelolaan waktu yang efektif dan efisien.
i.    Pengembangan diri.
j.    Selalu mengadakan evaluasi atas usaha yang dijalankan.

Dalam melakukan usaha, ada dua kemungkinan, yaitu kegagalan dan keberhasilan. Setiap orang pada umumnya tidak mau menerima kegagalan. Hanya sedikit orang yang mau memahami bahwa sesungguhnya kegagalan itu hanya sementara saja karena kegagalan merupakan awal dari keberhasilan.

Jika seseorang mempunyai mental dan pribadi wirausaha, dia tidak akan putus asa jika mengalami kegagalan. Ia akan
berusaha bangkit lagi sampai ia berhasil memperoleh apa yang menjadi harapannya. Biasanya setelah mengalami kegagalan sekali, ia gunakan pengalaman dan tidak akan mengulangi kegagalan serupa.

Adapun hal-hal yang dapat menyebabkan kegagalan usaha adalah sebagai berikut:

a.   Tidak ada tujuan tertentu dalam usaha
b.   Kurang berambisi
c.   Tidak disiplin
d.   Pendidikan yang tidak cukup
e.   Sikap selalu menunda-nunda
f.    Kesehatan terganggu
g.   Kurang tekun
h.   Kepribadian yang negatif
i.    Tidak jujur
j.    Tidak dapat bekerjasama dengan orang lain

Terdapat banyak faktor yang menyebabkan seorang wirausahawan itu dikatakan berhasil atau gagal. Secara umum, ada 2 faktor penyebab keberhasilan/kegagalan tersebut, yaitu faktor internal (diri sendiri) dan faktor eksternal (luar diri). Sebagai seorang wirausaha, keberhasilan dan kegagalan merupakan dua sisi mata uang, ini berarti bahwa sewaktu-waktu ia dapat mencapai hasil yang baik, tetapi di waktu lain ia kurang berhasil.

Untuk itu, perlu diidentifikasi faktor apa saja yang menyebabkan ia gagal atau berhasil. Selanjutnya, faktor nonteknis yang menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu usaha makanan khas daerah di antaranya seperti berikut:

a.   Perencanaan : Usaha makanan khas daerah harus dibuat dengan perencanaan yang sangat matang.
b.   Menetapkan tujuan: Bersamaan dengan perencanaan adalah menetapkan tujuan. Tujuan pengolahan makanan khas daerah harus jelas, apakah makanan khas daerah yang dilakukan hanya untuk hobi atau untuk mendapatkan profit (keuntungan).
c.   Adaptasi: Setiap bisnis, apa pun jenisnya, menghadapi tantangan dan persaingan yang tidak ada habisnya. Diperlukan kemampuan untuk beradaptasi dan mengatasi tantangan-tantangan ini untuk menentukan apakah usaha bisa bertahan atau tidak.
d.   Inovasi merupakan faktor yang sangat penting bagi keberlanjutan usaha makanan khas daerah bahkan lebih penting daripada sekadar mampu beradaptasi dengan perubahan kondisi pasar, pengusaha yang sukses akan terus-menerus fokus pada upaya mereka untuk berinovasi dan peningkatan atau membuat mereka keluar dari bisnis saat pelanggan mencari pesaing yang menawarkan sesuatu yang tidak kita pikirkan.
e.   Memasarkan merupakan kunci keberhasilan suatu usaha tidak terkecuali usaha makanan khas daerah. Seberapa besar produksi makanan khas daerah yang kita hasilkan, tetapi pemasaran terhadap barang yang kita produksi buruk, usaha yang kita jalani tidak akan berlanjut.
f.    Jangan mengeluh dan jangan menyerah merupakan kunci utama suatu usaha.

Enam elemen ini merupakan hal penting untuk kesuksesan bisnis. Ini akan membantu jika kita berpikir sebagai potongan puzzle yang harus diletakkan bersamaan untuk mengubah ide kita, kerja keras, uang, dan keterampilan menjadi usaha yang sukses.

1 Response to "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan dan Kegagalan dalam Berwirausaha Pengolahan Makanan Khas Daerah "