Pengertian Sistem Informasi

 Pengertian Sistem

Menurut O’Brien (2003, p8), a system is a group of interrelated components working together toward a common goal by accepting inputs and producing outputs in an organized transformation process”, sistem adalah sebuah kumpulan komponen yang berhubungan dan saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan dengan menerima input (masukan) dan memproduksi output  (keluaran) di dalam sebuah proses perubahan yang terorganisasi..

Menurut Turner (1993, p37), system maybe defined as a set of components which are related by some form of interaction, and which act together to achieve some objective or purpose, sistem dapat diartikan sebagai satu set komponen-komponen yang saling berhubungan dalam satu pola interaksi, yang bekerjasama untuk mencapai suatu tujuan.

Menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem, Sistem adalah kumpulan elemen berhubungan yang merupakan suatu kesatuan. Dari bahasa Latin dan orang Yunani, istilah “sistem diartikan sebagai menggabungkan, untuk mendirikan, untuk menempatkan bersama. Suatu sistem biasanya terdiri komponen (atau elemen) yang dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.

 

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa sistem adalah serangkaian komponen yang saling berhubungan dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.

 

Pengertian Informasi


Menurut Mcleod (2004, p10), information is processed data that is meaningful; it usually tells the user something that she or he did not already know.”, informasi adalah data yang telah diproses dan mengandung arti dan makna; biasanya ia memberitahukan hal yang sebelumnya tidak diketahui oleh user.

Menurut   http://www.V14.com,  informasi  adalah   data   yang   telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat atau prospek  keputusan. Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi = input – proses – output.

Ciri ciri atau karakteristik suatu informasi yang baik dan lengkap adalah sebagai berikut :

a.      Reliable (dapat dipercaya).

b.      Relevan (cocok atau sesuai). 

c.        Timely (tepat waktu).

d.      Complete (lengkap).

e.      Understandable (dimengerti).

 

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa informasi ialah data yang telah diproses dan memiliki arti bagi user.

 

Pengertian Sistem Informasi

 

Menurut O’Brien (2003, p7), “an information system can be any organized combination of people, hardware, software, communications networks, and data resources that collect, transforms, and disseminates information in an organization”, sistem informasi merupakan suatu kombinasi yang teratur dari orang orang, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komunikasi, dan sumber data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi.

Menurut        http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Informasi,       sistem informasi adalah aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi : operasi, instalasi, dan perawatan komputer, perangkat lunak, dan data.

Dari beberapa pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi terdiri dari orang orang, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komunikasi, dan sumber data yang berada pada suatu organisasi.


0 Response to "Pengertian Sistem Informasi"

Post a Comment