Pembelajaran tematik terpadu memiliki prinsip-prinsip sebagai berikut:
1.
Peserta didik mencari tahu, bukan diberi tahu.
2.
Fokus pembelajaran diarahkan kepada pembahasan
kompetensi melalui tema yang paling dekat dengan kehidupan peserta didik.
3.
Terdapat tema yang menjadi pemersatu sejumlah
kompetensi dasar yang berkaitan dengan berbagai konsep, keterampilan dan sikap.
4.
Sumber belajar tidak terbatas pada buku.
5.
Peserta didik dapat bekerja secara mandiri maupun
berkelompok sesuai dengan karakteristik kegiatan yang dilakukan.
6.
Guru harus merencanakan dan melaksanakan pembelajaran
agar dapat mengakomodasi peserta didik yang memiliki perbedaan tingkat
kecerdasan, pengalaman, dan ketertarikan terhadap suatu topik.
7.
Kompetensi Dasar mata pelajaran yang tidak dapat
dipadukan dapat diajarkan tersendiri.
8.
Memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik (direct
experiences) dari hal-hal yang konkret menuju ke abstrak.
9.
Kegiatan pembelajaran tematik yang dirancang dalam
silabus bukan merupakan urutan kegiatan pembelajaran, melainkan bentuk kegiatan
pembelajaran untuk mencapai Kompetensi Dasar guru dapat melakukan penyesuaikan.
0 Response to "Prinsip-Prinsip Pembelajaran Tematik Terpadu SD"
Post a Comment